Sedekah
Indscript Writing Group

4 Kekuatan Sedekah Yang Dapat Memotivasi Kita – Day 7

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada saat inilah taburan pahala bagi kita yang melakukan kebaikan. Perbanyaklah sedekah di bulan ini karena salah satu pintu pahala dibuka lebar khusus untuk amalan ini. Kenapa sedekah? Yuk ikut aku untuk mengetahuinya!

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang di bawah adalah tangan yang meminta”

HR. Bukhari dan Muslim

Nah, bersedekah adalah meletakan tangan kita di atas. Disinilah ujian dari sikap kedermawanan kita. Seorang muslim yang dermawan sangat dicintai oleh Allah SWT dibandingkan seorang muslim yang pelit dan kikir. Apa sajakah kekuatan dari sedekah? Aku menyebutkan 4 keutamaan besar yang dapat memberikan motivasi bagi kita untuk melaksanakan sedekah.

#1. Sedekah dapat menghapus dosa

InsyaAllah, apabila kita ikhlas dalam melaksanakan sedekah, kita akan mendapatkan pahala dan berkurang dosa kita. Setiap hari, dari sikap dan perkataan kita tak luput dari dosa. Terkadang kita sadari, terkadang juga tidak, kita melakukan perbuatan buruk seperti membicarakan orang lain tanpa sepengetahuannya, berprasangka buruk pada orang lain, marah, dan meremehkan orang lain. Dosa-dosa yang kecil dapat menjadi besar apabila Allah SWT tidak memberikan ampunan-Nya. Oleh karena itu, kita harus segera bertaubat. Kita berjanji untuk tidak mengulanginya kembali dan menambah amalan baik yaitu melakukan sedekah.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi)

#2. Sedekah memberi keberkahan pada harta kita

Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk melakukan sedekah baik di waktu lapang maupun sempit. Kita diminta melakukan sedekah di waktu lapang, mungkin akan lebih ringan melangkah, namun apabila diminta melakukan sedekah di waktu sempit, kita pasti akan berpikir lebih dari sekali. Padahal disampaikan bahwa sedekah memberi keberkahan pada harta kita. Secara terlihat, mungkin kita merasa harta kita berkurang, namun sejatinya tidak.

Ketika kita melakukan sedekah, secara nyata memang berkurang, namun kita mendapatkan pahala yang berlipat. Pahala inilah yang akan membuat hidup kita lebih nyaman dikarenakan sisa harta yang kita miliki mendapatkan keberkahan. Maka yuk, kita lakukan sedekah dengan keikhlasan.

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim)

#3. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur

Sedekah membebaskan mayit dari siksa kubur sehingga mayit meminta kepada Allah, apabila dia dikembalikan lagi ke dunia, yang ingin dilakukan pertama kali adalah sedekah. Mengapa? Karena besarnya pahala dari sedekah. Sedekah yang merupakan amal jariyah adalah salah satu amalan utama yang akan dibawa manusia hingga meninggal. Amalan ini lah yang akan melapangkan kuburnya. Apabila sholat adalah amalan yang pertama kali ditanyakan, maka sedekah adalah amalan yang membebaskan seorang mayit dari siksa kuburnya.

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur” (HR. Thabrani)

#4. Orang yang bersedekah mendapatkan naungan di hari akhir

Ketika kita berbaris di padang masyar menunggu giliran untuk ditimbang amalan kita, apabila kita ikhlas dalam bersedekah maka akan mendapatkan naungan dari panasnya matahari yang berada beberapa jengkal di atas kepala kita. Naungan ini akan kita rasakan sampai dengan hukuman ditetapkan antara manusia. Menakutkan sekali apabila dibayangkan, saat ini saja matahari yang masih jauh di atas sana, panasnya sudah terasa membakar, apalagi kalo jaraknya hanya beberapa jengkal. Naudzubillah min dzalik. Semoga kita tidak termasuk pada bagian orang-orang yang merasakan panasnya matahari dengan jarak beberapa jengkal di atas kepala kita. aamiin.

“Naungan orang beriman di hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)

Yuk, semangat bersedekah kawan.

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih”

Qs. Al Munafiqun Ayat 10

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

sedekah

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: