Tips berpuasa untuk anak kecil
BPN30DayRamadhan2019

4 Tips Mengajarkan Anak Kecil Berpuasa

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Tahun ini, kali pertama Adek belajar berpuasa. Usia Adek saat ini adalah 5 tahun. Menurut kami ini adalah waktu yang tepat untuk mengajak Adek belajar puasa. Apakah ada hambatan dan tantangannya? Pastinya ada namun kembali ke niat kita awal kita ketika mengajak anak belajar berpuasa. Nah, kali ini, aku akan berbagi kepada kawan-kawan semua, proses aku mengajak Adek berpuasa.

#1. Ada kemauan dari anak

Aku sangat terbantu saat mengajarkan berpuasa pada Adek saat ini. Salah satu program di sekolah Adek selama bulan ramadhan ini adalah larangan membawa bekal. Instruksi dari sekolah hanya seperti itu “Dilarang Membawa Bekal selama Bulan Ramadhan” bukan instruksi untuk berpuasa. Namun sebelum bulan ramadhan, anak-anak sudah diberikan penjelasan oleh ibu guru tentang ibadah puasa.

Hal ini aku lihat dari cerita Adek sepulang sekolah “Ibu, kata bu guru mau puasa. Adek mau puasa”. Aku yakin saat Adek menyampaikan itu sebenarnya dia belum paham “apa itu puasa?”. Aku menjawab, “wah, Adek mau puasa? Boleh, nanti bareng ibu, kakak dan mbah bono ya.” Adek semangat sekali menyambut datangnya puasa. Rasa semangat ini memudahkan kami membangunkan Adek sahur.

Sampai dengan hari ini, Adek sangat kooperatif untuk bangun di waktu sahur. Selesai sholat subuh, Adek tidur lagi dan bangun pukul 05.30 pagi untuk bersiap mandi dan berangkat sekolah. Tidak pernah ada drama ketika membangunkan Adek untuk sahur. Setiap hari selama bulan ramadhan ini, Adek bangun pukul 03.30 wib, dengan menu sahur kadang nasi, kadang coco crunch (sesuka dia aja) dan ditutup dengan air putih serta susu.

Selama semua diawali dari kemauan diri sendiri, InsyaAllah akan lebih semangat menjalaninya.

#2. Membentuk Support System

Nah, ini juga penting terutama bagi aku yang bekerja di luar rumah. Aku bekerja sama dengan Mbah Bono. Selama bulan ramadhan, jadwal sekolah Adek pukul 10 pagi. Aku suka bertanya ke Mbah Bono “Adek, suka ngeluh lapar gak?”. Kata Mbah Bono, “Gak ngeluh lapar tapi ngeluh haus, mo minum susu”. Kalo sudah Adek bilang begitu sama si Mbah dijawabnya adalah “Loh, kan puasa, tunggu adzan Dhuhur dulu ya”. Semangat Adek masih luar biasa, sehingga ketika dijawab begitu dia pun menunggu adzan Dhuhur dengan sabar walaupun sesekali akan komentar “kok lama ya adzannya?” atau “Bentar lagi ya, itu jarumnya mau di angka 12 bu”. Jadi aku dan Mbah Bono sama-sama bertahan tidak memberi rasa kasian ketika Adek mengeluh haus. Kami suka bercandain atau senyum atau dialihkan dengan kegiatan yang lain untuk mengalihkan perhatian Adek pada rasa lapar dan hausnya.

#3. Pengenalan menahan makan dan minum setengah hari

Untuk pengenalan awal, jangan buat anak kita sudah trauma dengan puasa. Jadi, pada pengenalan puasa pada Adek kali ini, aku menerapkan puasa setengah hari. Adek ikut makan sahur pukul 03.30 pagi, kemudian puasa sampai pukul 12.00. Ketika terdengar adzan dhuhur, Adek makan dan minum kemudian lanjut puasa lagi sampai dengan adzan Maghrib. Sejauh ini, Adek sudah sangat menikmati dan sudah mulai memahami jadwal kapan dia harus berhenti makan dan minum serta kapan dia sudah boleh makan dan minum. Pernah sesekali, ketika bangun tidur, Adek minta minum. Aku jawab “Loh, kan Adek puasa” dan dia pun hanya tersenyum. Metode pengenalan ini kalo di kampung aku disebut “Puasa Mbedug”

#4. Selalu diingatkan dan diberikan semangat

Yang terakhir ini hukumnya wajib. Memberi semangat pada anak ketika sedang menjalani proses belajar itu penting. Jangan pernah mematahkan semangatnya. Sekali semangat itu patah maka akan hilang rasa percaya dirinya dan kita akan kesulitan untuk meyakinkan mereka lagi. Terkadang rasa lelah mendera pada diri ini juga namun melihat semangat anak-anak yang sedang belajar berpuasa, lelah itu pun terkikis. Berulang kali pula kita harus rajin mengingatkan anak-anak akan ibadah puasa ini. Ada kalanya mereka akan merengek ketika melihat makanan atau minuman kesukaan mereka. Kita jawab saja “Boleh, tapi nanti ya menunggu waktu berbuka dulu”.

Nah, itulah tips yang aku gunakan ketika membersamai Adek belajar puasa di bulan ramadhan ini. Semoga bermanfaat.

Alhamdulillah, wassalamu’alaykum.

#Day21 #BPNetwork #BPNRamadhanChallenge2019 #BPNChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: