BPN30DayBlogChallenge2018

5 tips hidup sehat ala aku

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamu’alaykum kawan-kawan. Alhamdulillah day 12 for 30daysblogchallenge2018

Holaaaa..apa kabar semuanya? tetep ya hari sabtu juga mepet gini. Bukan karena malas atau gak ada ide siy tapi emang dari pagi dah beredar keluar rumah dan tidak bawa laptop. Aku gak nyaman Nge-blog pake HP padahal di HP juga udah diinstal siy tapi ngerasa kurang nyaman aja kalo gak melihat layar besar laptop aku (hehehehe), alasan untuk pembenaran diri. Well…hari ini kami ditantang oleh Blogger Perempuan Network untuk menulis tentang tips hidup sehat. Susah gak siy? bagiku siy susah gaes..karena aku sendiri belum merasa dan mempraktekan gimana siy seharusnya hidup sehat itu. Meskipun  aku tahu, hidup sehat itu sangat penting bagi ku. Namun setidaknya dari tulisan ku hari ini, aku berharap apa yang kutulis ini akan menjadi motivasi bagiku untuk melaksanakannya. Masak ya udah ditulis, dipublish tapi kita sendiri gak mau melakukannya. Bukan begitu kawans semua? (yup)

Hmmm…kita mulai, berikut ini adalah 5 tips hidup sehat yang ingin dan akan aku lakukan, sapa tahu cocok juga buat kalian (hehehehe)

1.Banyak minum air putih

Yup, tubuh kita itu butuh cairan agar tidak dehidrasi. Nah, bagi orang yang ingin sehat, dari beberapa artikel hasil browsing yang aku baca, baik di lamannya detik, kompas, wikipedia, ala dokter dan laman-laman kesehatan lainnya, semuanya merekomendasikan untuk minum air putih. Dari yang selama ini kita tahu bahwa aturan minum air putih dalam sehari adalah 8 gelas ( ini juga tetap disesuaikan dengan kebutuhan diri kita), kalo tidak sanggup delapan gelas sehari ya semaksimal kemampuan tubuh kita saja. Namun memang air putih ini menjadi salah satu faktor keberhasilan program diet yang kita jalani karena membantu memperlancar proses metabolisme. Okeh…mari konsisten minum air putih setiap hari ya.

2. Makan buah dan sayuran

Nah..untuk kedua produk makanan ini, aku saat ini sedang membiasakan sarapan  dengan buah, kalopun tidak sukses makan buah buat sarapan, aku tetap mengusahakan dalam sehari aku harus makan buah, entah di siang atau di malam hari. Dan aku pun sudah minta ke Mbah Bono (asisten terbaik) aku untuk menyediakan menu sayuran setiap hari nya. Buah dan sayur ini menjadi kombinasi cantik untuk memperkuat konsumsi serat bagi tubuh kita sehingga dapat memperlancar proses pembuangan sampah di tubuh kita dengan baik. Hayoooo sapa disini yang gak suka makan buah dan sayuran?….yang pasti siy anak-anak aku…sebuah perjuangan ngajak mereka makan buah dan sayuran 🙁

3. Olahraga

Ini juga salah satu kegiatan yang sangat penting, mengapa? karena kalo makan terus tapi tidak ada pergerakan pada tubuh kita makan kalori sama yang terbentuk dari makanan tidak akan terbakar. Ini adalah PR terbesar aku yaitu malas olahraga. Padahal kalo kita baca artikel-artikel kesehatan, olahraga yang paling mudah dan murah adalah jalan kaki. Ya Allah…kok ya masih malas juga ya aku ini disuruh jalan kali. Pantas saja badan aku tak menuju ideal saja euy (hiks). Ayoooo Novya…lakukan segera olahraga minimal jalan kaki yaaaaaa. Baiklah komandan.

4. Tidak buru-buru dalam mengunyah makanan

Mengunyak makanan sesuai anjuran Rasullah adalah sebanyak 33 kali kunyahan, tapi ya Allah aku gak pernah sukses sampai di angka itu. Paling lama juga hanya 5 kunyahan. Nah terkait mengunyah ini, sore tadi ketika aku naik grab dari Paskal menuju rumah, si mas drivernya sedang mendengarkan radio. Nah di radio itu ada obrolan tentang kesehatan, dan ternyata apabila kita terburu-buru mengunyah makanan maka akan mengakibatkan perut kita buncit…olaaaaaaaa, jangan-jangan aku buncit gara-gara ini. Kata penyiarnya tadi, ketika kita mengunyah makanan buru-buru maka ada oksigen yang masuk sehingga dapat mengakibatkan perut kita kembung, selain itu makanan yang tidak dikunyah lama maka tidak hancur lembut. Hal ini mengakibatkan kerja lambung menjadi ekstra mati-matian, yang akhirnya berpengaruh pada pengolahan di usus besar juga. Owwww…panjang kali ya hubungan dan keterkaitan sebab-akibatnya.

5. Mengurangi konsumsi nasi putih

Terakhir tips sehat ala aku adalah mengurangi konsumsi nasi putih, Sebagai Warga Negara Indonesia sejati mungkin agak susah seperti halnya aku ini. Kayak sakaw gitu kalo sehari gak makan nasi putih. Namun demi kesehatan ada baiknya memang nasi putih ini dapat diganti dengan nasi merah, toh masih sama-sama dari beras kan. Dan beruntungnya adalah aku suka dengan nasi merah, okeh tahun 2019 ganti nasi merah full (haiyaaaaa…lama kali nunggu 2019). Habisnya nasi putihnya masih banyak..sayang kalo gak dimakan. Tetapi emang ada efeknya kok ketika aku mengurangi konsumsi nasi putih, maka aku merasakan badan ku terasa ringan dan ketika aku naiki mesin timbangan…wow..ada penurunan walopun belum signifikan..selalu semangaaat.

Yup..itu lah ke-5 tips yang ingin aku jalani, doakan semoga berhasil ya kawans semua.

Alhamdulillah done for #BloggerPerempuan #BPN30dayschallenge2018

Wassalamu’alaykum.

01.12.18

Leave a Reply

%d bloggers like this: