Gaya Belajar
Bunda Sayang

Aliran Rasa Tentang Gaya Belajar Anak #L4

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah, kata syukur yang selalu terucap dari mulut kita atas segala karunia dari Allah SWT. Kita masih diberi kesempatan untuk melihat dan bernafas hari ini. Membersamai dan mendampingi anak untuk tumbuh adalah amanah yang luar biasa bagi diriku. Walau ibarat roller coaster dimana semangat kadang naik dan turun, namun semua harus dilakukan dengan rasa syukur. Hantaman badai berupa jenuh, capek, lelah, marah akan dengan senangnya menyapa diri kita ketika kita akan berubah menjadi baik. Ingat 1 hal saja yaitu:

Anak adalah investasi dunia dan akhirat kita

Yup, semangat maju dan berubah, itu adalah nomor satu dalam perjalanan membersamai anak-anak kita.

Don’t Teach Me, I Love to Learn

(Bukan Mengajar, Tapi Pahami Cara Anak Belajar)

bunsay, IIP

Dari quote di atas, kita diminta bukan untuk mengajar namun untuk memahami. Ingat, Fitrah Anak! Anak-anak akan mengalami tahapan alami terkait belajar, yaitu:

  1. LEARN; proses mendapatkan, memperoleh, mengumpulkan informasi-pengetahuan-ketrampilan-ilmu pengetahuan serta berbagai nilai hidup yang baru. Tugas Orang Tua adalah bersabar dengan proses, belajar bersama anak, mengamati dan mencatat prosesnya. Seperti yang saat ini aku lakukan.
  2. UNLEARN; proses meninggalkan, melepaskan atau membuang segala sesuatu yang dipelajarinya, yang tidak benar, tidak baik, tidak berguna, dan tidak mendatangkan manfaat. Tugas Orang Tua adalah mendampingi dan meng-upgrade diri dan diskusi
  3. RELEARN; proses rekonstruksi pembelajaran setelah didekonstruksi dengan memperbaiki, meningkatkan dan meluruskan. Tugas Orang Tua adalah cukup mendengarkan suara anak dan memperkuat referensi

Dari pemahaman fitrah belajar anak dan tahapan belajar anak, kita tidak perlu memaksa, mempergegas anak agar sama dengan yang lain. Tugas kita adalah membersamai dan mendukung segala kebutuhan yang diperlukan anak-anak kita untuk tumbuh sesuai tahapan fitrahnya. Sejujurnya dalam hal ini, aku pun masih susah, memaksakan dan membandingkan terkadang masih suka hadir menghantui.

Tujuan belajar

Sebagai orang tua, kita harus paham dari tujuan belajar sesungguhnya; yaitu:

  • Meningkatkan rasa ingin tahu (Intellectual Curiosity)
  • Meningkatkan daya kreasi dan imajinasi (Create Imagination)
  • Mengasah seni/cara anak agar selalu bergairah untuk menemukan hal baru (Art of Discovery and Invention)
  • Meningkatkan akhlak mulia (Nobel Attitude)

Dari pemahaman akan tujuan belajar ini, aku berharap tidak salah dalam mendampingi duo fajar junior dalam tumbuh dan berkembang.

Aliran Rasaku dalam Level 4 ini

Di awal pembelajaran aku mengalami sedikit kebingungan dalam melakukan pengamatan gaya belajar Adek. Apa yang harus aku lakukan? Bagaimana aku harus melakukan pengamatan? Apa yang harus aku perhatikan? Akhirnya aku mulai terbuka ketika mengikuti panduan yang diberikan oleh Tim Bunsay IIP di materi Level 4 ini.

Kita cukup membersamai hari-hari mereka dengan memberikan beberapa aktivitas yang ada di sekitar kita seperti membaca, menulis, bernyanyi, bersepeda, berkeliling di sekitar rumah. Berbekal panduan yang ada, aku melakukan pengamatan ketika sedang bermain dengan duo fajar junior dan memang mulai nampak 3 gaya belajar yang sudah disampaikan di awal materi yaitu Visual, Auditori dan Kinestetik.

Dari 17 hari pengamatan kemarin, Adek memang lebih banyak pada gaya Visual dan Kinestetik (apakah memang anak usia 5 tahun lebih senang pada gaya belajar ini ya?). Aku hanya mengikuti saja. Adek lebih senang dengan gambar dan gerakan. Namun terkadang ketika mendengar alunan musik, dia pun dengan senang hati mengikuti lagu tersebut.

Ketika gaya belajar sudah mulai dipahami, selanjutnya aku harus mencarikan bahan-bahan belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka. Selain bahan pastinya, maka cara kita menyampaikan kepada mereka pun juga harus dipelajari. Hmmm, rasanya tuh amazing, dulu ketika kakak kecil aku lepas saja tanpa pengamatan. Namun kini ketika membersamai Adek, aku jadi sering terharu. Ternyata banyak “harta karun” yang kadang gak nampak jelas apabila kita hanya melihatnya sekilas, maka akan nampak ketika melakukan pengamatan dengan tekun.

Berikan dukungan, pendampingan dan arahan bagi anak kita. Biarkan mereka tumbuh dan berkembang sesuai fitrah usianya

novya.id

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

  • #AliranRasa
  • #Tantangan10hari
  • #GameLevel4
  • #GayaBelajarAnak
  • #KuliahBundaSayangIIP
  • @Institut.Ibu.Profesional

Referensi: Materi Bunsay IIP Level 4

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: