amalan puasa
BPN30DayRamadhan2019

Amalan yang kami lakukan selama Puasa Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Amalan wajib selama bulan ramadhan adalah puasa ramadhan dan menunaikan zakat fitrah. Namun rasanya sayang kan apabila kita tidak melakukan amalan yang lain karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan suci yang bertabur pahala bagi setiap kebaikan yang kita lakukan. Nah, mau jadi kaum yang beruntung atau kaum yang merugi niy?

#1. Perbanyak Tilawah

Bulan ramadhan adalah bulan dimana Al Qur’an diturunkan yaitu pada malam lailatul qadr. Maka bulan ramadhan sering disebut dengan bulannya Al Qur’an. Membaca 1 huruf dalam Al Qur’an akan mendapatkan 10 kebaikan, nah kalo sering membaca Al Qur’an sudah berapa banyak tuh kebaikan yang akan kita dapatkan. Membaca dengan terbata-bata saja sudah mendapatkan 2 pahala yaitu pahala membaca dan pahala terbata-batanya.

Kata murabbi aku, diusahakan selama bulan ramadhan bisa khatam membaca Al Qur’an 1 kali. Kalo misal suka turun semangat apabila melakukan amalan tilawah sendirian, kita dapat mengikuti tadarus di masjid atau mengikuti program ODOJ, ODOL, ODHJ. Dari mulai program 1 hari 1 halaman, 1 hari setenga juz hingga 1 hari 1 juz. Saat ini banyak kesempatan dan cara untuk berinteraksi dengan Al Qur’an.

Selain tilawah, kita juga dapat mentadaburi isi Al Qur’an dengan mengikuti Qur’an Journaling (QJ). Sehari 1 ayat kita pahami tafsirnya kemudian kita refleksikan dalam kehidupan sehari-hari, apakah kita ada pengalaman atau cerita terkait ayat yang kita baca tersebut. Pengalamanku mengikuti QJ ini, semakin meyakini bahwa apapun yang terjadi di dunia ini, semuanya sudah tertulis dalam kalam illahi ini.

#2. Perbanyak Sedekah

Pekan ini sudah beberapa kali menulis tentang sedekah. Sedekah di bulan ramadhan akan berlipat pahalanya. Di kantorku, ada program ZIS yang digalang oleh kepanitiaan ramadhan. Setiap hari diletakan kaleng kencleng di masing-masing seksi dan kencleng yang terkumpul dihitung setiap harinya. Setiap seksi berlomba-lomba dalam mengisi kencleng (namun tetap diniatkan sebagai ibadah ya kawan). Ya tujuannya adalah mengajak untuk berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirat). Selain itu setiap hari jumat dikumpulkan sedekah dalam bentuk beras sebanyak 1 kg per pegawai. Sedekah yang terkumpul ini akan disumbangkan melalui lembaga Indonesia Berbagi yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga kebiasaan baik ini akan terus berlanjut hingga di luar bulan ramadhan nanti. aamiin.

#3. Laksanakan Sholat Sunnah

Sholat wajib sudah pasti tidak boleh ditinggalkan justru harus diperketat agar lebih tepat waktu. Nah, sebagai pendamping pahala sholat wajib, kita dapat menambahnya dengan melaksanakan amalan sholat sunnah. Sholat sunnah yang dapat kita kerjakan adalah sholat dhuha, sholat rawatib, sholat tahajud dan sholat witir. Pelaksanaan sholat sunnah ini sudah ada ketentuannya, tinggal kita menyemangati diri ini untuk dapat melaksanakannya secara istiqomah. Sapa disini yang tidak mau mendapatkan pahala tambahan? Aku siy mau mendapatkan pahala tambahan dong. Dari sholat sunnah yang tertera, yang paling besar godaannya adalah sholat rawatib qabla dan ba’da dhuhur kawan. 2/4 rakaat sebelum sholat dhuhur dan 2 rakaat setelah dhuhur. Total rakaat dengan sholat dhuhur adalah 8/10 rakaat yang dilaksanakan di siang hari pada jam istirahat. Godaan untuk meninggalkannya selalu hadir kawan, namun kita harus bisa melawannya. Inilah perjuangan kita, perjuangan bukan dengan melawan musuh namun melawan hawa nafsu pada diri kita sendiri.

#4. Perbanyak Dzikir

Amalan di bulan puasa selanjutnya adalah memperbanyak dzikir. Saat ini sudah banyak aplikasi dzikir online yang dapat kita instal pada gawai kita. Seperti Al Matsurat pun sudah ada. Melalui aplikasi ini kita dapat dipandu untuk lebih rutin dalam melantunkan dzikir. Ada tuntunan dzikir pagi dan dzikir petang yang dapat kita lakukan. Dzikir pagi dapat kita lakukan sejak selesai sholat subuh hingga matahari terbit dan dzikir petang dilakukan setelah sholat ashar hingga tenggelamnya matahari. Selalu semangat buat diri ini dan kalian semua ya kawan.

Itulah beberapa amalan selama bulan puasa yang dapat kita lakukan secara rutin. Perlahan namun pasti, itu prinsipnya.

Alhamdulillah, wassalamu’alaykum.

#Day19 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: