Estrilook Community

Apa saja bentuk perniagaan dengan Allah SWT?

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Catatan hasil kajian keputrian kali ini adalah tentang perniagaan/perdagangan dengan Allah SWT. Terdapat 3 bentuk perniagaan dengan Allah SWT yang tidak akan merugi, yaitu:

#1. Melalui Tilawah Al Qur’an. Meraih pahala Allah SWT dari Al Qur’an.

Kita melakukan tilawah Al Qur’an adalah untuk beribadah dan petunjuk.

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِمْ مِنْ أَنْفُسِهِمْ ۖ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَىٰ هَٰؤُلَاءِ ۚ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami bangkitkan pada setiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan engkau (Muhammad) menjadi saksi atas mereka. Dan Kami turunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (Muslim). (QS. An-Nahl, Ayat 89)

لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ

Mereka itu tidak (seluruhnya) sama. Di antara Ahli Kitab ada golongan yang jujur, mereka membaca ayat-ayat Allah pada malam hari, dan mereka (juga) bersujud (shalat). QS. Ali Imran, Ayat 113)

Pada tilawah Al Qur’an ini, ketika kita membaca 1 huruf maka akan dibalas 1 kebaikan dan 1 kebaikan itu dibalas menjadi 10 kebaikan.

“Barangsiapa yang membaca 1 huruf dari Kitabullah, maka dia akan memperoleh satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak katakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. At Tirmidzi).

Al Qur’an akan memberikan syafaat kepada yang membacanya nanti di alam kubur dan hari kiamat kelak. Siapa yang tidak mau selama di alam kubur disinari dan didampingi oleh Al Qur’an?

“Bacalah Al Qur’an, sesungguhnya dia akan menjadi penolong bagi pembacanya di hari kiamat kelak.’ (HR. Muslim)

*Meluangkan waktu untuk bertilawah, bukan bertilawah di waktu luang*

#2. Melalui Sholat. Sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab, maka jangan sekali-kali kita meninggalkannya karena kita akan termasuk dalam kaum yang merugi. Sholat diminta untuk di awal waktu dan tidak ada yang ditinggalkan alias membolos tidak melaksanakan sholat. Sesibuk apapun kita, maka kita tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk. (QS. Al-Baqarah, Ayat 43)

#3. Melalui Infak dan Sedekah. Tidak akan habis harta kita untuk infak dan sedekah, yang ada akan diganti berlipat oleh Allah SWT.

Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui (QS. As-Saf, Ayat 10-11)

Hayoooo..siapa yang tidak mau melakukan perniagaan dengan Allah SWT? Pasti semua mau kan, pahala loh dapatnya.

#Day16 #EstrilookCommunity #ODOP

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

sumber: Estrilook Community

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: