MyActivityMyStory

Arisan Ilmu bersama KEB dan Sisternet

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

18 Agustus 2019 adalah hari yang menyenangkan bagiku. Mengapa? Karena pada tanggal ini, aku berkesempatan untuk mengikuti kegiatan bermanfaat yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB). Kegiatan yang aku ikuti merupakan salah satu program di KEB, namanya adalah “ARISAN ILMU”.

Arisan Ilmu

Arisan Ilmu kolaborasi KEB dengan Sisternet

Apa itu Arisan Ilmu?

Arisan Ilmu adalah salah satu program dari komunitas blogger/narablog Kumpulan Emak Blogger (KEB). KEB sendiri memiliki motto “Inspirasi Perempuan, Kami Ada untuk Berbagi”. Mira Sahid selaku founder KEB pada sambutannya menyampaikan bahwa Arisan Ilmu yang diselenggarakan di Kota Bandung ini merupakan rangkaian ke-5 dari keseluruhan rangkaian yang ada.

Arisan Ilmu yang pertama dilaksanakan di DKI Jakarta (Memaksimalkan Instagram dengan Konten yang Menarik), kemudian di Yogyakarta (Membangun “Social Media Engagement”), dilanjutkan di Solo (Hobi Menjadi Bisnis di Industri Kreatif). Rangkaian Arisan Ilmu ke-4 dilaksanakan di Bandar Lampung (Dari Hobi Jadi Profesi). Untuk di Bandung kali, mengusung materi tentang “Optimisasi Media Sosial dengan VLOG”.

Nah, sapa niy yang sudah mulai penasaran dengan ceritaku kali ini? Yuk ah makin merapat ya.

Apa itu Sisternet

Adelia Panjaitan atau disapa dengan panggilan Adel menyampaikan tentang Sisternet. Apa itu Sisternet? Sisternet adalah sebuah layanan yang khusus dipersiapkan untuk perempuan. Sebuah layanan yang memiliki tujuan memangkas kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam pemanfaatan teknologi internet di Indonesia. Sisternet ini merupakan produk baru sebagai program CSR dari PT. XL Axiata (XL). Sisternet mengusung program “SHARE-CARE-INSPIRE”. Melalui program SHARE, kita dapat berbagi informasi dalam rubik Cerita Sister. Program CARE menambah wawasan kita dalam kelas-kelas yang diadakan oleh Sisternet. Setelah kita berbagi dan mendapatkan ilmu, kita dapat menggapai impian dan cita-cita kita melalui program INSPIRE.

Nah, menyenangkan bukan khususnya bagi kita wanita yang aktif, produktif dan cerdas.

Bagaimana cara Optimisasi Media Sosial dengan VLOG?

Saat memasuki materi utama yaitu tentang cara Optimisasi Media Sosial dengan VLOG. Pemateri kali ini adalah Yasinta Astuti yang memiliki profesi sebagai Content Creator. Yasinta menyampaikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan ketika kita akan membuat Vlog. Hmmm, aku sendiri belum merasa percaya diri untuk membuat Vlog. Aku masih merasa nyaman beraktivitas di balik layar seperti menjadi penulis Blog. Tujuan dari pembuatan video adalah sebagai berikut:

  • Pelengkap artikel
  • Alat untuk promosi produk
  • Konten independent yang berdiri sendiri
  • Dekorasi/estetika

Peralatan pendukung yang harus kita persiapkan untuk pembuatan video adalah kamera, audio, lighting, stand dan background. Yuk mengenal bagian-bagian dari video. Apa sajakah itu?

  1. Main Footage; adalah informasi utama yang memiliki durasi panjang dengan subjek untuk memberikan penjelasan. Misal: Video tentang cara menanam bunga.
  2. Insert atau B-roll; adalah informasi tambahan agar video tidak membosankan. Tujuan utamanya adalah untuk mempercantik video. Insert ini berupa close-up media utama dengan penjelasan yang relevan dengan main Footage. Bentuk insert dari video cara menanam bunga adalah close up dari pot bunga dan bunga.

Untuk menghasilkan video yang bagus maka pencahayaan harus cukup bagus dan insert yang diberikan harus lebih kreatif. Pengambilan gambar harus dilakukan dengan sudut yang berbeda. Kualitas video tergantung pada pemilihan pencahayaan. Ciri-ciri video yang kurang pencahayaan adalah sebagai berikut:

  • Gambar bintik-bintik
  • Kurang tajam
  • Hasil gambar berbayang
  • Sulit fokus

Nah, tahapan terakhir adalah proses editing. Apa saja yang harus dilakukan pada proses editing ini?

  • Import file video ke aplikasi editing video
  • Penyusunan video mentah dalam timeline
  • Proses pemotongan video
  • Penambahan efek dan transisi
  • Judul dan tulisan
  • Audiomixing
  • Backsound
  • Rendering dan tayang
Arisan Ilmu
dok.pri

Crowne Plaza Bandung

Acara Arisan Ilmu kolaborasi antara KEB dan Sisternet ini dilaksanakan di 5th Floor, Theater Style at Mountain View Poolside Bar, Crowne Plaza Bandung. Ketika memasuki lobby akan terasa lega dan luas. Aku langsung menuju ke front desk untuk menanyakan venue acara Arisan Ilmu. Pada area lobby ini, kita memang tidak langsung dihadapkan dengan front desk dan lift sehingga kita harus bertanya kepada petugas yang ada di pintu masuk.

Aku memasuki lift dan menuju ke lantai 5. Wow, ternyata lokasi acaranya adalah di sebelah kolam renang (lah iya lah “View Poolside Bar” gitu loh). Di lokasi acara udara tidak terasa panas namun sedikit silau karena pantulan cahaya dari kolam renang. Nah, disini kami dimanjakan dengan masakan-masakan cita rasa hotel yang lezat. Dari mulai menu pembuka, menu utama hingga menu penutup yang yummy dan lezat. Namanya juga Blogger, pastinya tidak akan melewatkan sesi foto dong, karena ini merupakan salah satu perangkat dalam mempercantik tulisan di blog kita.

Menu pembuka adalah menu yang aku suka. Ada aneka dimsum dan ada bebek panggang juga. Salad yang disajikan juga segar dan enak. Wow, semuanya enak kalo menurut aku ya. Nah, sapa niy yang akan berkunjung ke Crowne Plaza Bandung?

CROWNE PLAZA BANDUNG

Jl. Lembong No.19, Jawa Barat Bandung ID-JB, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Telp: (022) 30002500

Apa lagi yang aku peroleh ketika mengikuti kegiatan ini?

Pada acara ini, aku berkesempatan berfoto dengan Mira Sahid dan kawan-kawan blogger yang selama ini hanya ngobrol via WA saja. Ini sungguh menyenangkan bagiku. Inilah “Me-Time” ala Blogger yang sesungguhnya – hehehehe.

Arisan Ilmu
bersama Mira Sahid

Okeh, sampai bertemu kembali di event yang lain ya kawan. Semoga sudah semakin percaya diri dalam membuat VLOG. Aamiin.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

Dokumentasi: sebagian adalah dokumen pribadi

#KEB #Sisternet #ArisanIlmu #Day4 #ODOPEstrilookCommunity #ODOPSeptember2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: