MyActivityMyStory

Baper…korban sinetron

Tau kan apakah itu sinetron?….ya, benar. Sinetron adalah kependekan dari Sinema Elektronik. Aku mengenal sinetron ini sejak adanya TV kabel/TV berbayar masuk ke negaran tercinta aku ini. Sinetron ini seperti mengikuti model telenovela atau drama bollywood (India maksudnya). Ya bisa jadi karena produser dari Sinetron ini memang mayoritas dari klan India. Mo dibilang suka, ya gak suka banget. Mo dibilang gak suka, tapi kadang aku suka nonton juga. Sebenarnya dibanding sinetron aku lebih suka FTV  (Film Televisi) karena durasinya yang hanya 2 jam seperti kita nonton film di bioskop dan alur ceritanya pun jelas tidak berputar-putar. Kalo sinetron ini apalagi yang model stripping, itu alur cerita kadang dibuat mutar-mutar, menurut kita dah akan selesai eh ternyata menjadi babak kasus yang baru, selain itu, tokoh antagonis selalu mudah melancarkan aksinya sedangkan tokoh protagonis selalu menjadi tokoh yang terdzolimi. Yang sering bikin kesal tuh, udah selangkah lagi ketemu…eh…dibuat superzoom dengan backsound yang dramatis..daaaaaannnn…pada akhirnya gak jadi ketemu plus membuat gak kelar-kelar deh cerita. Ada Sinetron yang episodenya sampai ribuan seperti Tukang Bubur Naik Haji, ceritanya sampai berkembang dari awalnya apa menjadi apa..dan lamanya sampai hampir 5 tahun..(luar biasa ya).

Kembali ke judul tulisan…trus kenapa aku Baper?. ya, rada kurang keren siy mungkin ya aku ini karena menjadi orang yang baper akibat sinetron. Pernah dengar gak aktor yang namanya Rizky Nazar (RN)? atau aktris yang namanya Cut Syifa (CSH)? kalo gak pernah dengar siy juga gak papa, toh gak penting juga, gak akan masuk kok dalam soal ujian TOEFL buat salah satu syarat seleksi beasiswa (hehehehehe). Aktor RN (maaf aku pake singkatan keren dia) ini aktor muda yang berusia 22 tahun, ganteng pastinya, keturunan arab dan suka menggunakan baju causal. Aku pertama kali nonton sinetron dia dan langsung mengikuti pada waktu sinetron Pesantran Rock n Roll 2 (itu juga dah telat, nontonnya pake streaming hehehehe). Sedangkan aktris CSH yang berusia 19 tahun ini pertama kali nonton di sinetron Anak Sekolahan (streaming juga hehehe), anaknya manis, gak bosan dipandang, sopan dan tomboy. Kemudian kenapa aku baper? (sok kembali ke masa muda aja, kepo in kehidupan artis hehehehe), ketika aku nonton sinetron Sodrun Merayu Tuhan yang dibintangi oleh mereka berdua (ini juga gara-gara mbah bono suka nonton, jadi pas duduk di ruang keluarga sembari menemani anak-anak, jadi ikutan nonton deh…alasan pembenaran hehehehe). Mereka berdua dipasangkan dari mulai sinetron Anak Sekolahan, Jodoh Yang Tertukar hingga Sodrun Merayu Tuhan (niat kan aku kepo nya) dimulai dari kenalan, pacaran, dijodohin sampai menikah menjadi sepasang suami istri (ini mah cerita di sinetronnya). Ini ya ku kasih lihat gambarnya…taraaaaaaaa.

Semua sinetron ini ditayangkan di SCTV. Gimana gak baper coba? lah kedua tokohnya cantik dan ganteng. Ya sebagai penonton wajar kan kalo aku mengharap mereka menjadi pasangan sampai ke dunia nyata (ngarep.com hehehehehe). Saking bapernya, aku sampai sok merasa muda karena terniat untuk ikutan stalking dan mengikuti cerita mereka hingga di dunia per-IG-an (parah habis). Suami aku kalo liat aku khusyuk mantengin IG hanya geleng-geleng kepala (peace.ayah hehehehe). Aku sampai kepo in fanbase mereka, fanbase story mereka, dan komen-komen di IG mereka dari para fans maupun para hatters. Ya pada akhirnya aku jadi ngerti istilah anak muda sekarang yang baru…ada wagelaseh…ada sa ae.

Aku mikir..kasian banget ya kehidupan para artis itu, orang seluruh Indonesia bahkan dunia kepo akan kehidupan mereka. Jalan ke mall gak tenang karena banyak paparazi yang mengejar dan mengambil gambar mereka untuk disebarkan kembali ke para fans atau sosmed. Tentang RN dan CSH ini, semua fans penasaran dengan apakah keduanya ini pacaran? karena dilihat dari dunia per-IG-an mereka, mereka ini sering membuat baper dengan kedekatan, kekompakan dan kemesraan mereka tapi mereka mengaku bahwa mereka hanya berteman, sampai ada istilah ‘terciduk’ karena sering kena jepret paparazi sedang jalan berdua atau saling mengunjungi lokasi syuting masing-masing.  Padahal kan terserah mereka juga ya…mo pacaran kek…mo berteman kek…bukan urusan kita juga kan sebenarnya namun karena fans sudah sangat besar harapannya untuk menjadikan mereka bersama, jadilah ‘pemaksaan’ hehehehehe. Gimana gak maksa ya? kalau yang satu ganteng, yang satu cantik..seiman..keduanya baik dan ramah..dari pandangan kita..dari sisi bobot, bebet dan bibit dah pas tuh (hehehehe). Oh…aku belum siap menjadi seorang aktris…(maksudnya????)…aku belum siap dengan kehidupan pribadi aku yang dijadikan konsumsi publik (sehat mbak? hehehehe).

Sekarang aku sedang mikir dan berusaha untuk membebaskan diri dari kepo-kepo tentang mereka. Kenapa? katanya kan baper? karena kalo kelamaan dan keseringan mengikuti berita gosip gini bukan nambah cerdas tapi membuat semakin tidak produktif (nyari lagi alasan pembenaran hehehehe). Ok, selamat berkarya buat RN dan CSH, kalian masih punya waktu yang panjang untuk berkarya bagi dunia perfilman ataupun sinematografi di Indonesia. Berikan karya dan prestasi terbaik kalian dengan kemampuan yang kalian miliki, dan jangan lupa imbangi dengan pendidikan formal yang baik sehingga ketika sudah tidak menjadi aktor/aktris tetap bisa berkembang.

 

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: