belajar sahur
Bunda Sayang

Belajar untuk Bangun Makan Sahur – Level 2, Hari ke-12

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah Ramadhan is coming. Alhamdulillah, I and my family had given change to do our first sahur. Yup, hari ini adalah pengalaman kali pertama Adek ikut puasa. Kami sepakat mengajak Adek belajar puasa walaupun hanya setengah hari. Adek pun tidak keberatan karena di sekolah juga dianjurkan oleh bu guru.

Adek belajar puasa

Kring..kring..kring ⏰, tepat pukul 03.00 wib dini hari tadi, alarm di HP aku berbunyi…hmmm, mulai membuka mata dan baca doa bangun tidur. Pukul 03.30 wib aku bangunkan duo fajar junior. Kupikir Adek bakal mogok ini, ternyata tidak gaes. Adek semangat bangun. Soal menu sahur, sempat terjadi perdebatan antara Mbah Bono dan Adek. Mbah Bono menawari menu nasi dan telur dadar, Adek maunya coco crunch. Akhirnya aku turun tangan. Okeh, boleh coco crunch, tapi tetap lanjut puasa sampai adzan dhuhur ya. Adek pun setuju.

Aku ambilkan nasi Kak Iya dan kami bertiga makan bersama. Adek makan sendiri coco crunchnya. Selesai sahur aku gak menganjurkan mereka tidur tapi menunggu adzan subuh dulu. Alhamdulillah keduanya setuju dan menikmati waktu tunggu dengan menonton. Adek masih menikmati tonton kereta api favoritnya. Aku meneruskan tilawah sambil menunggu adzan subuh.

Ketika adzan subuh berkumandang, duo fajar junior langsung mudah beranjak wudhu dan sholat. Alhamdulillah kiddos, soleh dan shalihah ya…aamiin 😘

Membereskan mainan dan ngobrol

Setelah selesai sholat subuh, aku pikir mereka akan memilih tidur lagi. Ternyata Adek memilih menyusun rangkain kereta dan hotwheelnya. Namun Adek sempat menyusul aku di kamar yang sedang rebahan. Adek datang sambil membawa biskuit.

Adek: “Ibu ngapain?”

Aku: “Rebahan aja, ada apa? Loh kok bawa biskuit, katanya mau puasa. Kalo puasa, biskuitnya dimakan nanti siang pas dengar adzan dhuhur”

Adek: “Gak dimakan kok, hanya dipegang aja”

Aku senyum mendengar penjelasan adek.

Aku: “Ya udah, disimpan dulu. Mau disimpan dimana?”

Adek: “Disini aja” (sambil menaruhnya di atas bantal).

Aku: “Adek kan hari ini libur sekolah, sedangkan ibu masuk kerja. Adek mau mandi sama ibu atau sama mbah bono nanti”

Adek: “Mau ama ibu aja”

Aku: “Okeh, tapi sekarang ya mandinya”

Adek: “Iya, tapi nyalain dulu airnya”

Aku: “Siap”

Adek belum mau mandi sendiri, masih mau dibantu olehku. Selesai mandi, Adek belajar mengeringkan badan sendiri dengan handuk dan memakai baju sendiri tentunya. Hmmm..sudah harum deh. Adek pun melanjutkan bermain kereta, aku pun bersiap untuk berangkat ke kantor.

Melatih Kemandirian

Hikmah dan pembelajaran hari ini

  • SYUKUR. Rasa syukur atas karunia Allah SWT akan mendatangkan kebahagiaan
  • BAHAGIA. Kebahagiaan akan mendatangkan kecerdasan
  • KONSISTEN. Ketrampilan yang terasah setiap saat akan melahirkan pembiasaan

Jadikan syukur dan bahagiamu menjadi semangat dalam membersamai anak-anakmu

novya.id

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

  • #Hari12
  • #GameLevel2
  • #Tantangan10hari
  • #MelatihKemandirian
  • #KuliahBundaSayang
  • @Institut.Ibu.Profesional
Melatih Kemandirian

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: