Estrilook Community

Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Pernah gak kita mengeluh tentang kesulitan yang kita hadapi? Pernah banget, dan sedihnya kadang aku suka lupa mengucap syukur ketika kemudahan diberikan (Astghfirullah, maafkan Ya Allah). Aku selalu merasa rapuh ketika kesulitan menyapa dalam kehidupan, semoga kalian tidak ya? Kajian tahsin yang aku ikuti menyampaikan tentang bahwa bersama kesulitan ada kemudahan, bukan setelah kesulitan ada kemudahan. Jadi kemudahan itu datangnya bersama dengan kesulitan.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan (QS. Al-Sharh, Ayat 5)

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al-Sharh, Ayah 6)

Terkait kesulitan dan kemudahan, Allah SWT mengulangnya dalam Surat Al Sharh pada ayat 5 dan 6. Aku sempat bertanya kepada murrabi, mengapa sering kita menjumpai orang ketika menghadapi kesulitan serasa sulit melihat adanya kemudahan bersamanya? Hasil diskusi kami akhirnya menemukan kesimpulan bahwa ketika orang menghadapi kesulitan tanpa bekal ilmu kesabaran dan ketenangan, pasti akan panik, kalut, galau, marah, kecewa. Semua emosi negatif ini akan berdampak pada tertutupnya hati dan cara berpikir. Ketika hati dan pikiran tertutup maka yang diharapkan adalah kesulitan itu segera berakhir. Jadi orang itu cenderung menghindari, bukan menghadapinya.

Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan ketika kesulitan menyapa dalam hidup kita? Ini yang harus selalu aku tancapkan dalam diri. Inti dalam kalimat “bersama kesulitan ada kemudahan” adalah wujud dari ikhtiar kita sebelum kita tawakal kepada Allah SWT. Terkadang kita masih suka yang instan, ingin cepat selesai tanpa mau menghadapi kepusingan, malu dan rasa negatif lainnya. Seberapa kuat dan jauh usaha yang kita lakukan untuk keluar dari kesulitan? Itu yang harus kita lakukan.

Lalu, bagaimana kita bisa kuat dalam melakukan usaha untuk keluar dari kesulitan? Pastinya kita harus belajar dan selalu mempunyai keyakinan bahwa kesulitan ini merupakan takdir dari Allah SWT yang harus kita jalani, maka kita pun harus memohon kembali kepada Allah SWT agar kita diberikan kemudahan dalam menghadapi kesulitan yang sedang kita hadapi. Memang tidak mudah, tapi itu yang harus kita lakukan. Jadi selalu semangat, banyak kawan di sekitar kita yang insyaAllah akan mengulurkan tangannya untuk membantu.

Yuk..selalu semangat dan berpikir positif ketika kita menghadapi kesulitan.

#Day19 #EstrilookCommunity #ODOP

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

sumber: Estrilook Community

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

18 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: