BBW 2019
MyActivityMyStory

Big Bad Wolf (BBW) 2019, udah kesini belum?

Bismillahirrahmanirrahiim, Assalamu’alaykum kawan narablog.

Sapa hayo pengunjung blog aku yang suka membaca? Nah, udah pada dengar tentang event bazar buku yang bernama “Big Bad Wolf (BBW)” belum? Event ini seringnya diadakan di Jakarta, nah baru tahun ini kali pertama diadakan di Bandung. Tentunya sebagai tetangga warga Bandung, wajib dong ya kesini ((itu kalo aku ya-hehehehe)). Trus apa serunya siy di event ini? Yuk cuz ah, kita kepo-kepo dikit.

Apa itu BBW?

Big Bad Wolf (BBW) ini adalah event bazar buku murah se-Asia Tenggara. Pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Kali pertama diadakan di Indonesia yaitu pada tahun 2016. Jadi tahun 2019 ini adalah tahun ke-4 BBW ini diadakan di Indonesia. Negara yang pernah menjadi lokasi penyelenggaraan BBW ini yaitu Malaysia, Indonesia, Myanmar, Filipina, Sri Lanka,Taiwan, Thailand dan Uni Emirate Arab.

Di Indonesia sendiri baru tahun 2019, kali pertama dilaksanakan di Bandung ((Bandung coret siy tepatnya, karena lokasinya termasuk dalam kawasan Kabupaten Bandung Barat)). Kota-kota di Indonesia yang pernah dijadikan lokasi penyelenggaraan BBW adalah sebagai berikut:

  • 2016: TANGERANG (Indonesia Convention Exhibition) dan SURABAYA (JX International Convention)
  • 2017: TANGERANG (Indonesia Convention Exhibition) dan SURABAYA (JX International Convention)
  • 2018: TANGERANG (Indonesia Convention Exhibition), SURABAYA (JX International Convention) dan MEDAN (Andromeda Building)
  • 2019: TANGERANG (Indonesia Convention Exhibition) dan BANDUNG (Mason Pine Hotel)

Big Bad Wolf ini lengkapnya adalah Big Bad Wolf Book Sale. Nama Big Bad Wolf ini berasal dari sebuah dongeng serigala yang menyerupai seorang nenek tua dan berpura-pura tidur agar dapat memangsa Little Red Riding Hood. Nah, ntah kenapa niy si penyelenggara suka banget nama ini hingga menjadikannya ikon nama event bazar buku terbesar di dunia ini? Mungkin kudu nanya langsung deh ama Pak Andrew Yap dan Jacquiline Ng.

Kalian udah berkunjung ke bazar BBW belum?

Hari minggu kemarin tanggal 30 Juni 2019, aku bersama duo fajar junior dan adekku berkunjung kesini. Awalnya siy sempat ragu-ragu mau bawa anak-anak karena mendengar kawan-kawanku yang sudah kesana, antri untuk masuknya panjang banget. BBW ini secara resmi baru dibuka tanggal 28 Juni 2019 dan akan berlangsung sampai dengan tanggal 08 Juli 2019 (lama kan). Namun 2 hari sebelumnya sudah dibuka khusus bagi pengunjung yang memiliki Preview Pass.

Dari sekilas pandang yang aku dapat dari kawan-kawan tentang antri untuk masuk ke gedung sedikit membuat aku ragu namun aku pengen merasakan langsung suasana BBW tuh seperti apa? Ya secara selama ini kan hanya kepo aja dari jauh karena acaranya diselenggarakan di Jakarta (Tangerang lebih tepatnya). Nah, mumpung sekarang diadakan di Bandung Barat tepatnya, akan lebih seru kalo kita menjadi bagian langsung dengan kehadiran kita kan ((terniat lah pokoknya).

Lokasi BBW:

Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat

Bagaimana caranya menuju ke lokasi BBW?

Nah, berhubung rumahku di Cihanjuang yang terletak di tengah-tengah antara Kota Bandung dan Kota Baru Parahyangan, aku bisa memilih moda transportasi yang ada.

  • Kendaraan pribadi. Bagi yang memiliki mobil bisa lebih pendek jalurnya karena dapat via tol, masuk dari pintu tol pasteur/baros trus keluar di pintu tol padalarang. Bagi yang memiliki motor, bisa melalui gunung batu-cimahi-cimareme-kota baru parahyangan.
  • Angkutan Kota (Angkot). Kalo naik Angkot kita harus menuju ke Cimahi kemudian berganti Angkot yang jurusan Padalarang. Nah, dari pemberhentian Angkot ini kita bisa naik bus Damri masuk kompleks atau jalan kaki.
  • Taksi. Nah, ini bisa jadi alternatif juga. Bisa naik taksi umum atau taksi online. Tinggal mainkan HP kalian deh.
  • Bus Damri Kota Baru Parahyangan. Ini bisa jadi alternatif juga loh. Kalo naik ini, kalian harus menuju ke pintu gerbang tol Pasteur dulu.
BBW 2019
Jalur Bus Damri menuju ke BBW

Di atas adalah rute bus Damri yang menghubungkan Kota Baru Parahyangan dengan Kota Bandung (tepatnya di Alun-alun Bandung).

Tips sebelum berkunjung ke BBW

Aku mau berbagi tips niy kawan setelah pengalamanku kemarin berkunjung ke BBW. Apa sajakah itu? Ini dia kawan, silakan.

  1. Perlengkapan yang harus dibawa. Jangan lupa bawa tas buat naruh hasil perburuan bukunya ya, walaupun disana disediakan tas plastik namun kalo bisa mengurangi sampah plastik pastinya jauh lebih bagus. Kalo bawa anak kecil, jangan lupa bawa minum dan makanan kemasan (selama di dalam gedung gak boleh makan minum), namun ini buat berjaga kalo harus antri panjang dan lama sebelum masuk ke gedungnya.
  2. Pakai baju yang nyaman. Selama di dalam gedung siy AC nya cukup dingin kok, namun kalo harus antri panjang dulu di luar niy harus diantisipasi dengan menggunakan baju yang menyerap keringat loh (sapa tahu harus ikutan antri 3 jam di Kota Baru Parahyangan yang tak begitu dingin).
  3. Cari tahu waktu kunjung yang nyaman. Ini penting banget supaya kalian tidak terjebak macet alias antrian yang panjang loh. Pengalamanku kemarin kesana hari minggu pukul 9 pagi, sudah antri selama 1 jam (gedung dibuka setiap 15 menit sekali). Waktu yang paling nyaman kata kawan-kawan aku yang buka jastip adalah pagi setelah subuh atau malam selepas isya.
  4. Pahami denah lokasi. Ini juga wajib diketahui biar bisa langsung fokus harus kemana dulu ketika sudah masuk gedung. Nanti aku bagi deh denah lokasinya biar kawan-kawan yang belum berkunjung kesana lebih nyaman berkunjungnya.
  5. Buka informasi buku-buku yang tersedia. Apa saja buku yang ada sebenarnya dapat kita lihat sebagian di akun instagramnya BBW. Namun ya tidak semua tersedia siy. Yang paling laku adalah stand Buku Ajaib dimana terdapat buku anak-anak yang Augmented Series keluaran Hippo, dimana buku ini bisa dilihat secara 3D maupun 4D melalui aplikasi khusus yang bisa kita unduh dari playstore.
BBW 2019
Denah Lokasi Bazar BBW

Cerita kami di BBW pada hari minggu lalu

Setelah diskusi dengan adekku tentang rencana mau ajak duo fajar junior ke BBW maju mundur, akhirnya keputusan berakhir pada “YUK ah berangkat!”. Yup kami tetap pergi kesana pada hari minggu tanggal 30 Juni 2019. Awalnya mau berangkat pukul 7 pagi setelah sebelumnya dapat kabar dari kawan yang berkunjung kesana hari sabtu, pukul 7 pagi tidak terlalu antri. Namun pada akhirnya, kami baru berangkat pukul 08.30 dari rumahku di Cihanjuang. Kami kesana dengan menggunakan Grab (Taksi Online).

Sesampainya disana, sudah terlihat antrian panjang. Antriannya bergerak kok gaes, gak diam saja tanpa pergerakan. Alhamdulillah setelah antri selama 1 jam kami pun memasuki gedung dan langsung dihadapkan pada pemandangan tumpukan buku-buku. Duo fajar junior langsung memilih buku-buku pilihan mereka, aku pun mengikuti saja kemana mereka berjalan.

BBW 2019
Mengantri yuk gaes

Setelah kurang lebih 1.5 jam keliling, kami memutuskan menyelesaikan kunjungan dengan berbagai buku anak-anak. Lah, malah ibunya hanya dapat 1 buku aja tentang YOGA hehehehe (kayak mo semangat praktek yoga aja ya gaes).

BBW 2019
Hasil berburu di BBW (dok.pri)

Alhamdulillah dapat buku aktivitas anak-anak, buku bacaan, PIN dan magnet kulkas (secara ya aku ini penyuka magnet kulkas, pas lihat yang langsung dibeli lah). Buku yang paling banyak dibeli adalah Colouring Book hehehe.

Naik bus Tayo eh salah bus Damri menuju arah pulang

Nah, karena duo fajar junior sudah capek, maka kami memutuskan berhenti berburu dan pulang. Disini, kami mikir lagi, mau pulang pakai taksi lagi atau mau mencoba naik bus Damri. Akhirnya keputusannya adalah mencoba naik bus Damri turun di pasteur dan ujungnya bersambung dengan taksi lagi menuju rumah. Bisa siy naik angkot tapi harus 3 kali naik angkot, alamak kasian anak-anak plus udah waktunya jam ngantuknya adek. Mamak gak sanggup kalo adek tidur di angkot, pasti repot naik turun angkot dengan 2 tas besar isi buku hasil perburuan.

BBW 2019
Pulangnya naik bus tayo..eh salah..bus Damri

Okay gaes, itulah cerita petualangan kami di event bazar BBW 2019 ini. Tujuan utamanya siy pengen ngajak anak-anak jalan tapi ibunya juga hepi gitu. Lokasi ini bisa jadi alternatif bagi pecinta buku pastinya.

Sampai bertemu di cerita selanjutnya…Bye.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

46 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: