Buka Puasa
BPN30DayRamadhan2019

Buka Puasa ala de’Fajar Family

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

QS. Al baqarah ayat 183

Nah, pa kabar puasa kalian semua gaes? Puasa di bulan ramadhan bagi seorang muslim itu hukumnya wajib. Tujuan dari perintah puasa ini adalah agar kita menjadi muslim yang bertakwa, yaitu seorang muslim yang melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT.

Ramadhan tahun ini adalah tahun kedua aku dan pak suami menjalani puasa berjauhan, beliau di benua Australia sedangkan kami bertiga di benua Asia. Namun walaupun jarak memisahkan kami, semangat untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan tetap bergelora. Yup, kami sangat menantikan bulan yang agung, bulan yang penuh berkah ini dan bulan yang penuh sebaran pahala di setiap minggu, hari, jam, menit bahkan detik.

Adek belajar puasa ramadhan

Tahun ini adalah kali pertama Adek belajar puasa. Kami tidak memaksakan kepada Adek dalam pembelajaran puasa ini. Sebuah pembelajaran apabila dipaksakan akan mendapatkan penolakan. Perlahan namun pasti, aku mengajak Adek belajar bangun sahur terlebih dahulu. Kemudian diajak makan sahur. Pembelajaran puasa kepada Adek hanya diberlakukan setengah hari yaitu sampai terdengar adzan Dhuhur.

Alhamdulillah, di sekolah juga siswa TKA dianjurkan untuk puasa dan tidak boleh membawa bekal makanan selama bulan ramadhan ke sekolah. Jadi Adek pun menjadi semakin termotivasi dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu di rumah juga menjadi teman puasa Kakak. Tahun sebelumnya Kakak suka tergoda dengan Adek yang suka makan saat di Kakak masih puasa, sehingga Kakaknya merasa tergoda-hehehe.

Menu wajib yang harus ada selama bulan ramadhan di rumah kami

Apa coba menu wajib yang harus ada selama bulan ramadhan? Yak benar sekali, menu wajib tersebut adalah KURMA. Kami suka membeli kurma di supermarket, biasanya kami memilih kurma yang kering. Kalau kalian ke supermarket pasti akan melihat banyak berbagai jenis kurma, ada yang sedikit basah dan ada yang kering. Nah, favorit keluarga kami adalah yang kering. Sebenarnya apabila kita mau belanja di Pasar Baru, Bandung, kita dapat memilih beraneka ragam jenis kurma. Sayangnya membayangkan Pasar Baru di bulan ramadhan begini saja sudah mau pingsan, apalagi kesana, sudah pasti akan pingsan beneran -hehehe. Loh, kenapa? Ya karena sudah bisa dipastikan penuh dengan lautan manusia yang akan belanja kebutuhan selama bulan Ramadhan dan persiapan menyambut lebaran. By the way, sudah beli baju lebaran belum?

Duk…duk…duk…saatnya Berbuka Puasa

Terdengar kumandang adzan Maghrib dari masjid kompleks. Kami sudah bersiap di ruang menonton keluarga. Pak Suami sudah berbuka sejak 3 jam lalu, karena memang perbedaan waktu antara Bandung dan Melbourne adalah 3 jam. Adek dan Kakak sudah bersiap, mereka sudah tidak sabar ingin membasahi kerongkongan dengan air putih.

#Minum Seteguk Air Putih

Aku pandu duo fajar junior untuk membaca Basmalah. Bismillahirrahmanirrahiim. Kami bertiga minum air putih yang sudah kami sediakan.

Buka Puasa
sumber gambar: pixabay

“Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)

HR. Abu Daud, Ahmad dan At Tirmidzi

Sunahnya adalah 3 tegukan namun berhubung kami ingin membasahi kerongkongan kami, 1 gelas air putih pun habis dalam sekali minum (maafkan). Setelah itu aku pandu duo fajar junior untuk membaca doa telah berbuka.

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insyaAllah (Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki)

HR. Abu Daud, An Nasa-i

#Makan kurma sebanyak 3 buah

Setelah minum air putih sebagai pelepas dahaga, kami selanjutnya makan 3 buah kurma. Kakak masih kurang terbiasa makan kurma, kata Kakak terlalu manis dan setelahnya merasa eneg. Namun aku suka anjurkan makan 1 buah saja sesuai sunah adalah makan dalam bilangan ganjil. Kalau untuk Adek belum kuberlakukan, masih mengikuti selera dia. Selera Adek adalah makanan yang manis berupa coklat.

Buka Puasa
sumber gambar: pixabay

Alhamdulillah, menjelang ramadhan kemarin, aku mendapatkan paket ramadhan dari kantor dan di dalamnya terdapat kurma “PalmFruit”, yang kalau kita lihat harganya di supermarket, hmmmm…kategori lumayan lah, lumayan mahal. Rezeki ibu shalihah deh ini namanya -hehehehe.

#Minum Teh Tawar Hangat

Dahaga kami sudah terpulihkan dan kekosongan perut kami sudah terisi. Setelah melaksanakan sholat Maghrib, kami tidak langsung makan besar biar tidak mengantuk saat akan melaksanakan sholat Isya dan lanjut sholat Tarawih. Aku biasa minum Teh Tawar hangat untuk menghangatkan leher, sedangkan duo fajar junior makan cemilan yang disediakan.

Buka Puasa
sumber gambar: Pixabay

Lalu…nikmat manakah yang akan aku dustakan?. Tidak ada, yang ada adalah rasa syukur atas karunia Allah SWT yang telah memberikan kesempatan hingga bisa menutup puasa ramadhan di hari pertama dengan menu sederhana namun bermakna. Kalau ada Pak Suami, biasanya beliau suka minum madu. Aku tidak terlalu suka manis, sehingga dengan kurma saja sudah cukup. Namun madu juga banyak manfaatnya loh, dan sebaiknya diminum pada saat sahur agar ada tambahan energi.

Hikmah berbuka puasa

Setiap kegiatan pasti ada hikmah di baliknya, begitupun dengan berbuka puasa. Melalui buka puasa kita dapat mendapatkan pesan yaitu melantunkan doa terbaik di waktu yang mustajab, merasakan kehangatan ukhuwah dalam keluarga, mensyukuri nikmat Allah SWT yang luar biasa, dan mempersiapkan diri kita untuk tetap semangat dalam melaksanakan ibadah.

Seperti halnya ketika kita sedang makan bersama keluarga. Apabila di hari biasa saja sudah dapat menumbuhkan kehangatan apalagi ini di bulan ramadhan pastinya akan lebih banyak pahala dan kebahagiannya. Meskipun ramadhan tahun masih bertiga saja, semoga ramadhan tahun depan apabila masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT, bisa dilakukan lengkap bersama Pak Suami. Ntah kami yang menyusul kesana atau Pak Suami yang kembali ke Bandung. aamiin.

Menikmati kebersamaan ramadhan berjauhan, namun hati kami selalu terikat di tempat yang sama. Menu buka puasanya pun hampir sama, namun Pak Suami sekarang sering berbuka puasa di masjid dekat kost beliau karena ingin tetap menikmati sholat jamaah. Kata Pak Suami biar tidak sendirian buka puasa di kost, jadi bareng-bareng biar serasa ada saudara dan teman untuk berbuka puasa. Selalu semangat, semoga ibadah puasa ramadhan kita diberikan kemudahan dan kelancaran. aamiin.

Okay gaes, semoga kita diberikan kelancaran, kemudahan, kesehatan, keistiqomahan dalam menjalankan puasa ramadhan tahun ini hingga akhir nanti. Aamiin. Selamat menjalankan ibadah shaum ramadhan 1440 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

#Day1 #bpnchallenge2019 #bpnramadhanchallenge #BPNetwork

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: