• semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Aliran Rasa Bunsay Level 7

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Alhamdulillah, aku bisa menyelesaikan Level 7 Bunsay dengan baik dan damai. Walaupun ada sedikit kebingungan di awal, namun semua berubah menjadi tenang ketika sudah dijalani. Yaps, apapun itu, aku sangat berterima kasih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti materi dan tantangan pada level 7 ini. Kesan pertama Semua hal baru yang hadir dalam hidupku pasti meninggalkan kesan pertama. Nah, materi tentang “Semua Anak adalah BINTANG” walaupun bukan hal baru namun meninggalkan kesan yang mendalam bagiku. Fokus berinteraksi dengan anak-anak demi melaksanakan tugas ini menyadarkan aku bahwa selama ini aku hampir tidak pernah 100% fokus membersamai mereka. Aku memang bersama mereka namun ada buku, ada gadget, ada TV, ada…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D12

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hari ini pengamatan yang kulakukan ke adek sangat cukup singkat. Aku melihat adek sekarang lebih cerewet. Semua hal mulai dia tanya dan ceritakan. Dia paling senang ketika menceritakan kegiatan dia di sekolah. Namun lucunya adalah sikap adek. Loh kenapa? Ketika aku bertanya kepada Adek. “Dek, cerita dong tadi di sekolah belajar apa saja?,” pinta aku. Dia akan selalu menjawab dengan jawaban yang tak pernah serius. Akhirnya aku diam. Eh, tak berselang lama, sambil bermain, dia justru cerita sendiri sambil dia mengulang permainan yang dia lakukan selama di sekolah tadi. Aku suka iseng meledek. “Lah, tuh ada kegiatan. Kok tadi menjawab tidak tahy?,” sahut aku. Dan jawaban…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D11

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Alhamdulillah hari ini dapat memenuhi janjiku kepada duo fajar junior untuk jalan-jalan. Yup, seperti ceritaku kemarin, bahwa hari Sabtu, kami seharian hanya beraktivitas di dalam rumah saja. Bukan karena kami malas keluar, namun dikarenakan aku sedang ada tugas yang harus diselesaikan. Dan, hari minggu ini, aku menemani mereka untuk menonton film di bioskop. Adek yang hobi ngeyel dan suka bercanda Ada satu kebiasaan adek yang aku sendiri belum paham, ini termasuk kelebihan atau kekurangan adek. Seperti yang pernah aku ceritakan pada catatan di hari keberapa ya aku juga lupa hehehehe, Adek ini suka ngeyel dan berusaha mempertahankan pendapat dia bahwa benar. Beberapa kali kejadian ini terjadi.…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D10

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sabtu. Yup, sabtu adalah hari libur, namun hari ini aku sedang berkutat dengan tugas-tugas perkuliahan yang sedang aku jalani. Berhubung ibu masih harus berinteraksi dengan laptopnya, kakak dan adek pun hanya beraktivitas di dalam rumah. Kakak mengerjakan tugas mapel dari sekolah, Adek menggambar kesukaan dia. Adek adalah seorang pembelajar Ibu hari ini dibuat terharu sama Adek. Setelah semalam dia lebih banyak bete nya, pagi ini dia ceria dan sibuk dengan kegiatan menggambar, mewarnai dan menggunting-gunting. Memang agenda hari sabtu ini hanya di rumah saja. Kami akan jalan-jalan besok hari Minggu. Aku mengerjakan tugas di dalam kamar, sedangkan anak-anak beraktivitas di ruang keluarga. Pandanganku tak terhalangi, aku…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D9

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Alhamdulillah, hari ini kepalaku rasanya berat karena seharian berkutat dengan tugas presentasi Metpen, membaca buku dan menterjemahkan. Namun di satu sisi aku puas karena hari ini aku merasa sangat produktif sekali. Suasana lalu lintas menuju rumah sangat menggoda sekali, kenapa? karena Bandung diguyur hujan sangat deras dan dampaknya adalah kemacetan. Hmmm, cukup luar biasa perjuangan menembus kemacetan hari ini. Rasanya pengen abakadabra saja bisa sampai rumah tanpa melalui macet. Adek yang nampak kurang bahagia Adek semalam sedikit uring-uringan. Serba salah aja apapun yang aku lakukan. Apakah ini berhubungan dengan kondisi diriku yang sedang kecapekan juga? Bisa jadi siy ya. Jadi pengamatan yang kulakukan kurang optimal. Aku…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D8

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sesampainya dari kantor, langsung disambut ama Adek di carport. “Ibuuuuuu, ” teriak dia. Aku pun memarkirkan Si Big White. Adek mendekatiku sambil nanya “Ibu, beli roti gak?”. Aku pun menjawab,” Beli donk, bentar ya”. Aku membuka box di belakang motor dan mengeluarkan plastik yang di dalamnya ada kue balok dan kue brownis. Adek pun teriak kegirangan “Waaahh, aku mauuuuu”. Dia membawa plastik itu masuk rumah. Aku mengikuti dia memasuki rumah. Seharian ini adalah hari yang sangat melelahkan namun menyenangkan juga. Alhamdulillah. Setelah cuci tangan, aku duduk di ruang keluarga, sambil menunggu adzan maghrib berkumandang. Aku memanfaatkan momen itu untuk lebih banyak ngobrol bersam Adek. (Kakak masih…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 D#7

    Bismmillahirramnirrahimm. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hari ini adalah hari yang sangat melelahkan. Sepulang kantor dan sesampainya di rumah, aku langsung rebahan di kasur dan datanglah Adek mendekat kepadaku. Seperti biasanya, adek mengajak ngobrol, bertanya ini itu dan lain sebagainya. Aku yang benar-bernar merasa capek secapeknya, hanya menjawab dengan “hmmmm” dan “okey” Adek kembali ke ruang keluarga dan keperhatikan dia sibuk dengan kertas dan pensil warnanya. Dia diam duduk damai menikmati setiap hal yang dia kerjakan. Dia memotong kertas yang sudah dia hias dan kemudian dia tempel sana sini. Dia mendekat ke aku sambil bilang, “ibuuuuuuu, aku mau difoto”. Aku pun melihat dia membawa gambar bentuk rumah. Ternyata dia membuat rumah, kemudian…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D6

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Di hari ke-6 pengamatan yang kulakukan, aku semakin kurang fokus dengan beberapa aktivitas yang Adek lakukan. Ya bisa jadi karena pikiranku yang sedang berpendar kemana-mana, bisa jadi memang adek sedang menunjukan beberapa hal baru padaku. Sempat terbengong, “Aku mesti ngapain ya?”. Adek ini setiap hari sebenarnya kegiatan yang dilakukan banyak pengulangan namun dengan penambahan hal yang baru. Hari ini dia bisa dengan senangnya bernyanyi, besok akan berubah menjadi pendiam yang sibuk dengan mainannya. Ok, apapun itu Dek, ibu tidak akan menyerah hehehehe. Adek yang suka menggambar dan mewarnai Sepulang kantor, aku dihadapkan pada keadaan, kedua anakku yang soleh dan shalihah menyanyi. Berdendang lebih tepatnya. Coba tebak,…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hmmm, melakukan observasi terhadap kelebihan anak ini ternyata susah-susah mudah dan menyenangkan. Loh kok aneh siy? Ya gitu deh hehehehehe. Bermain bersama Adek sambil fokus memperhatikan sekecil apapun perkembangan dalam dirinya. Sebuah perjalanan yang tak mudah namun menyenangkan. Dinikmati perlahan hingga menemukan momen yang pas. Masih bersama Adek Anak lanangku ini memang lucu dan unik (iyalah, satu-satunya di dunia..itu kan termasuk dalam kategori unik). Setelah kemarin aku bercerita bahwa Adek ini sangat bersikukuh dengan jawabannya walaupun salah, kini dia mulai hobi akting. Aku disuguhkan pada hiburan kecil yang menyenangkan ketika melakukan observasi pada adek. Dia menirukan berbagai gaya yang entah dia dapat dari mana gerakannya. “Ibuuuu,…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D4

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hari ini gak begitu banyak pengamatan ke adek karena sedang ada kerjaan yang harus diselesaikan. Namun bukan berarti tidak fokus dalam melakukan pengamatan yang tidak banyak ini ya. Setelah kemarin aku melihat adanya sikap keberanian dari Adek dalam melakukan komunikasi dengan kawan baru. Hari ini aku melihat secercah sesuatu yang nampak samar namun ada dalam diri adek. Aku masih bingung, apakah memang benar itu keunikan atau memang karena di usia 5.5 tahun Adek ini sedang berada di fase egosentris. Adek yang selalu mempertahankan pendapatnya Sejak komunikasi adek mulai lancar (kalo tidak salah sejak pertengahan di TKA), dia mulai berusaha menyampaikan pendapatnya. Bersamaan dengan perkembangan fase egosentrisnya,…