• Perwalian
    Cerita Sekolah S3 ku

    Perwalian perkuliahan pun dimulai

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hai, bertemu kembali dengan cerita perjalanan S3 ini kawan. Nah, kali ini aku akan bercerita tentang hasil perwalian tatap muka dengan dosen pembimbing (promotor S3) aku hari ini. Yuk, yang penasaran dan pengen meneruskan sekolah lagi, boleh kok, ikuti ceritaku. Mohon maaf kalo cerita hari ini banyak sesi curahan hatinya ya kawan -hehehehe. Berapa lama sekolah S3 di Arsitektur ITB? Jujur kawan, ketika mendengar penjelasan Prof. Sugeng pagi ini, aku sempat panik. Beliau dengan sabar dan tenang (yang merupakan ciri khas beliau) menyampaikan bahwa belum ada lulusan S3 ITB yang lulus tepat waktu selama 3 tahun, rata-rata di rentang waktu 3.5 – 4 tahun. Statement ini…

  • Cerita Sekolah S3 ku

    Belajar Tak Memandang Usia

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Tahun ini usiaku masuk kepala 4, alhamdulillah aku tetap merasa bersemangat untuk memperbaiki diri. Baik membekali diri dari sisi ilmu parenting, ilmu agama, maupun ilmu yang menunjang pada karir dengan belajar dari berbagai lingkungan. Allah SWT memberikan kemudahan bagiku untuk berada di dalam lingkungan yang sangat mendukung untuk belajar. Tulisan ini merupakan bagian dari seri “Cerita S3 ku”. Sapa tau perjalanan ku dalam belajar nanti dapat bermanfaat bagi kawan-kawan yang berkunjung ke rumah menulisku ini dan memiliki niat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih lanjut. Baca juga: https://novya.id/gerbang-itu-sudah-terbuka/ “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat” Kita pasti sering mendengar atau membaca tentang kalimat di atas.…

  • Gerbang
    Cerita Sekolah S3 ku

    Gerbang Itu Sudah Terbuka

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hai kawan, pa kabar? Yup, ini adalah ruangan baruku untuk menuliskan perjalanan sekolahku saat ini. Sebuah perjalanan yang tak direncanakan secara dalam olehku, namun kini hadir dalam hidupku dan harus tetap kujalani dengan hati bahagia dan rasa syukur yang besar. Tulisan ini tak sepenuhnya isi curahan hati kok, hanya berbagi cerita saja. Skenario yang tak bisa ditebak Pernah gak kita menjalani fase kehidupan yang sama sekali tak kita rencanakan dari lama? Aku yakin, pasti ada. Seperti kematian misalnya. Emang kematian bisa kita rencanakan? Gak kan, dia bisa datang kapan saja sehingga kita harus selalu siap sedia untuk mempersiapkan bekal menuju perjalanan ke alam barzah. Duh ngeri…

  • MyActivityMyStory

    Ceritaku tentang Metamorfosis

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Wow, minggu ini adalah minggu tema di komunitas narablog “satu minggu satu cerita“. Dari hasil pooling diperoleh tema dengan suara terbanyak adalah untuk tema “METAMORFOSIS“. Nah, apa yang ada di benak kalian ketika membaca atau mendengar kata “Metamorfosis”? Yup benar, pasti kalian langsung tersambung dengan hewan cantik yang bernama kupu-kupu. Okeh, di minggu tema ini, aku akan bercerita tentang Metamorfosis. Yuk, ikuti ceritaku. Apa itu “Metamorfosis”? Dari contekan Google yang kubaca disebutkan “Metamorfosis” berasal dari kata “Metamorphoo” yang artinya berubah bentuk atau transformasi. Dalam ilmu Biologi, metamorfosis berarti suatu proses perkembangan biologis pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur yang terjadi setelah proses kelahiran…

  • BBW 2019
    MyActivityMyStory

    Big Bad Wolf (BBW) 2019, udah kesini belum?

    Bismillahirrahmanirrahiim, Assalamu’alaykum kawan narablog. Sapa hayo pengunjung blog aku yang suka membaca? Nah, udah pada dengar tentang event bazar buku yang bernama “Big Bad Wolf (BBW)” belum? Event ini seringnya diadakan di Jakarta, nah baru tahun ini kali pertama diadakan di Bandung. Tentunya sebagai tetangga warga Bandung, wajib dong ya kesini ((itu kalo aku ya-hehehehe)). Trus apa serunya siy di event ini? Yuk cuz ah, kita kepo-kepo dikit. Apa itu BBW? Big Bad Wolf (BBW) ini adalah event bazar buku murah se-Asia Tenggara. Pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Kali pertama diadakan di Indonesia yaitu pada tahun 2016. Jadi tahun 2019 ini adalah tahun ke-4 BBW ini…

  • Ramadhan datang
    MyActivityMyStory

    Budaya Masyarakat di Bulan Ramadhan

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Marhaban Yaa Ramadhan. Dalam 1 tahun terdapat 12 bulan baik dalam kalender Islam maupun kalender masehi. Bulan Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam kalender Islam. Tahun ini berada di bulan kelima dari kalender masehi yaitu bulan Mei. Tak terasa, hari ini adalah hari pertama shaum ramadhan 1440 H, sebait doa terucap “semoga dapat menyelesaikan ramadhan tahun ini dengan lancar, dapat mengisinya dengan kegiatan yang positif dan produktif, dapat memperbanyak tilawah dan kebiasaan baik untuk diri sendiri dan keluarga, dan dapat membersamai duo fajar junior dalam beribadah..Aamiin” Acara munggahan dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan Minggu lalu, di kantorku dilaksanakan acara munggahan. Munggahan ini baru aku kenal sejak…

  • Review

    Kenali Cara Belajar Anak Melalui AJT CogTest

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Teringat ketika Kakak akan memasuki SD 5 tahun lalu, Kakak harus melalui tes IQ (Intelligence Quotient). Sebagai orang tua, pastinya kami sedikit khawatir dengan hasil dari tes ini walaupun kami yakin bahwa Kakak memiliki kecerdasan yang normal untuk anak seumuran dia. Intelligence Quotient (IQ) atau yang biasa kita sebut dengan Kecerdasan Kognitif adalah salah satu dari beberapa jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Kecerdasan Manusia Berdasarkan sumber informasi yang kami baca disini bahwa sesuai ilmu psikologi, manusia memiliki sebanyak 15 kecerdasan yaitu: Kecerdasan Mengolah Kata Kecerdasan Logika Kecerdasan Visual Kecerdasan Musikal Kecerdasan Fisik Kecerdasan Intrapersonal Kecerdasan Interpersonal Kecerdasan Natural Kecerdasan Intuitif Kecerdasan Numerik Kecerdasan Psikologi Kecerdasan…

  • MyActivityMyStory

    Pesta Demokrasi di NKRI Tercintaku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Wah, luar biasa, baru kali ini aku mau menuliskan tentang penilaianku akan Pesta Demokrasi yang ada di NKRI tercintaku ini. Yup, sebenarnya aku adalah pribadi yang tidak terlalu suka berdiskusi tentang politik. Namun apa daya, di dalam kehidupan kita tak bisa lepas dari yang namanya politik. Dari hal sederhana saja, ketika kita akan menentukan lokasi liburan, kita akan melakukan rapat bersama seluruh anggota keluarga. Ada yang ingin kesana, ada yang ingin kesini. Nah ketika tidak ada titik temu maka kita ambil melalui pemungutan suara. Hasil pemungutan suara tersebut harus diterima oleh semua anggota keluarga. Keluarga adalah struktur organisasi terkecil di sebuah negeri. Nah, aplikasi politik untuk…

  • Daily Stories with Family

    Pergi ke Dokter Gigi..Sapa Takut? Kata Adek

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sempat deg-degan sewaktu mau mengajak Adek untuk periksa gigi. Usianya 2 bulan lagi, insyaAllah 5 tahun dan sudah waktunya diperkenalkan ke dokter gigi untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan giginya. Beberapa hari sebelumnya sudah mencoba bercerita tentang dokter gigi, agar dia tidak kaget ketika akan diajak ke dokter gigi. Awalnya dia datar saja menanggapi ceritaku dan Kakak tentang dokter gigi. Namun ternyata dia mencuri dengar obrolan aku dan Kakak. Pendekatan tentang gigi Kakak memang yang pengen ke dokter gigi karena gigi susunya sudah ada lagi yang tanggal sehingga harus dicek ke dokter. Kakak: “Ibu, kapan kita ke doker hani?” Aku: “Kakak mau kapan? Paling hari sabtu sesuai…

  • Majalah Bobo
    MyActivityMyStory

    BOBO, Majalah di Masa Kecilku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Halooo, pekan bertema bersama komunitas narablog satu minggu satu cerita. Pekan ini kami diajak bernostalgia, walo nostalgia ini pastinya tidak berlaku bagi semua anggota. Nostalgia hanya berlaku bagi para anggota senior alias tuwir mungkin ya – hehehehe-. Kenapa bisa demikian? Ya kalo anggota yang masih muda, hari gini pastinya sudah berkutat dengan gawai masing-masing dan berselancar mesra di dunia maya. Beda halnya dengan para anggota senior, di jamannya dulu belum ada tuh internet, jadi bacaan berupa buku atau majalah masih menjadi sahabat karib sehari-harinya. Well, aku beruntung di masa kecilku dulu diijinkan oleh kedua orang tuaku untuk berlangganan majalah. Dulu aku mengenal 2 majalah anak-anak yang…