• Ramadhan datang
    MyActivityMyStory

    Budaya Masyarakat di Bulan Ramadhan

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Marhaban Yaa Ramadhan. Dalam 1 tahun terdapat 12 bulan baik dalam kalender Islam maupun kalender masehi. Bulan Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam kalender Islam. Tahun ini berada di bulan kelima dari kalender masehi yaitu bulan Mei. Tak terasa, hari ini adalah hari pertama shaum ramadhan 1440 H, sebait doa terucap “semoga dapat menyelesaikan ramadhan tahun ini dengan lancar, dapat mengisinya dengan kegiatan yang positif dan produktif, dapat memperbanyak tilawah dan kebiasaan baik untuk diri sendiri dan keluarga, dan dapat membersamai duo fajar junior dalam beribadah..Aamiin” Acara munggahan dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan Minggu lalu, di kantorku dilaksanakan acara munggahan. Munggahan ini baru aku kenal sejak…

  • MyActivityMyStory

    Pesta Demokrasi di NKRI Tercintaku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Wah, luar biasa, baru kali ini aku mau menuliskan tentang penilaianku akan Pesta Demokrasi yang ada di NKRI tercintaku ini. Yup, sebenarnya aku adalah pribadi yang tidak terlalu suka berdiskusi tentang politik. Namun apa daya, di dalam kehidupan kita tak bisa lepas dari yang namanya politik. Dari hal sederhana saja, ketika kita akan menentukan lokasi liburan, kita akan melakukan rapat bersama seluruh anggota keluarga. Ada yang ingin kesana, ada yang ingin kesini. Nah ketika tidak ada titik temu maka kita ambil melalui pemungutan suara. Hasil pemungutan suara tersebut harus diterima oleh semua anggota keluarga. Keluarga adalah struktur organisasi terkecil di sebuah negeri. Nah, aplikasi politik untuk…

  • Majalah Bobo
    MyActivityMyStory

    BOBO, Majalah di Masa Kecilku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Halooo, pekan bertema bersama komunitas narablog satu minggu satu cerita. Pekan ini kami diajak bernostalgia, walo nostalgia ini pastinya tidak berlaku bagi semua anggota. Nostalgia hanya berlaku bagi para anggota senior alias tuwir mungkin ya – hehehehe-. Kenapa bisa demikian? Ya kalo anggota yang masih muda, hari gini pastinya sudah berkutat dengan gawai masing-masing dan berselancar mesra di dunia maya. Beda halnya dengan para anggota senior, di jamannya dulu belum ada tuh internet, jadi bacaan berupa buku atau majalah masih menjadi sahabat karib sehari-harinya. Well, aku beruntung di masa kecilku dulu diijinkan oleh kedua orang tuaku untuk berlangganan majalah. Dulu aku mengenal 2 majalah anak-anak yang…

  • MyActivityMyStory

    Romansa Si Fulan dan Sang Pencipta

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Kriiiing…kriiiiing…kriiiing….tangan Si Fulan meraba-raba sumber suara itu. Mata Si Fulan terbuka sedikit sambil memegang sumber suara yang ternyata adalah gawai Si Fulan. Dengan sedikit rasa malas, Si Fulan menekan salah satu tombol pada gawainya dan suara yang terdengarpun mati. Si Fulan terbangun dan terduduk di samping tempat tidur. “Ya Allah, terima kasih kau ijinkan aku bangun kembali dari tidurku untuk bersimpuh dihadapan-Mu,” lirih Si Fulan. Si Fulan bergerak jalan ke kamar mandi untuk mengambil air wudhu dan kembali melaksanakan dua rakaat sholat sunah tahajud di dini hari yang cukup dingin itu. Dalam sujud panjangnya, Si Fulan membangun romansa dengan Sang Pencipta melalui berbaris-baris doa yang dia…

  • Kelas Inspirasi
    MyActivityMyStory

    Cerita Aku Bersama Keluarga KI SDN Kertajaya 3

    Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hari Rabu, 20 Februari 2019 kemarin, Aku beruntung mendapatkan kesempatan kembali untuk bertemu dengan sebagian kawan-kawan relawan Kelas Inspirasi Bandung 6 yang sudah bertugas di tahun 2018 lalu. Ah, ternyata sudah 1 tahun mereka bersahabat. Alhamdulillah, komunikasi masih terjalin via grup whatshapp. Walaupun banyak komunikasi yang gak jelas, namun justru ini lah bumbu kedekatan kami yang tempat tinggalnya berjauhan. Jauh di mata dekat di whatshapp (hehehehehe). Tanpa sadar, kepalaku mulai melayang ke rekaman memori 1 tahun yang lalu. Kenangan KI Bandung 6 Pagi itu, Aku nampak bergegas bangun dan mempersiapkan bahan-bahan untuk tampil di hari itu. Aku terlihat sedikit gugup untuk menghadapi hari itu. Memang ada…

  • perpustakaan
    MyActivityMyStory

    5 Kenangan Indah Semasa Kuliah S1

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Setelah sekian tahun lamanya, tepatnya siy sekitar 15 tahun yang lalu aku meninggalkan dunia perkuliahan S1. Akhir bulan Januari lalu, ketika aku ada kegiatan di kantor, menyaksikan kemeriahan dari lapang sebelah kantor. Rupanya ada pertandingan bola volley yang diadakan oleh HMS ITB. Kemeriahan para pendukung masing-masing tim inilah yang membawa memoriku melayang ke masa 15 tahun lalu. Yup…jaman aku masih langsing di jogja dulu. Kembali terkenang akan semua kegiatan yang pernah aku lakukan ketika masih berstatus mahasiswa Gadjah Mada. Dari semua kenangan, ada 5 kenangan yang selalu membuatku kangen akan jogja. #1. Catatan Kuliah yang Dijadikan Salah Satu Master di Tempat Fotokopi Sebagai mahasiswa yang hobi…

  • MyActivityMyStory

    Kehilangan muka, hmmm..dimanakah?

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hmmm..pernah gak kita merasakan kehilangan muka? Kok ngeri ya pertanyaannya? Masak iya kita bisa kehilangan muka, rata dong muka kita, jadi ingat ada cerita hantu yang memiliki muka rata hiiiiiiii. Kali ini kehilangan muka yang dimaksud adalah kehilangan muka nya seseorang yang hobinya CARI MUKA. Di dunia kerja, geng pencari muka ini pasti ada, baik disadari maupun tidak disadari. Dari artikel yang aku baca, pencari muka ini bukan hanya kepada atasan saja loh, tapi juga ke rekan kerja. Nah..yuk cek, apakah kita termasuk di dalam kategorinya? Para geng kehilangan muka yang kemudian berusaha mencari muka ini sebenarnya karakter orang yang kurang perhatian. Pencari muka yang suka…

  • MyActivityMyStory

    Tentang rencanaku di tahun 2019

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan-kawan. Alhamdulillah masih diberikan kesehatan dan kesempatan menjalani bulan Januari 2019. Seperti biasa setiap awal tahun pasti kita akan dihadapkan pada pertanyaan tentang resolusi. Ini adalah tulisan ketiga ku tentang resolusi 2019. Duh..semakin bingung mau memantapkan resolusinya, dengan harapan resolusi tak hanya sekadar wacana namun dapat kuterapkan dalam 1 tahun kedepan. Kalau di 2 tulisan sebelumnya, aku sudah menyusun daftar resolusiku, kali ini aku akan bercerita tentang apa siy yang harus aku lakukan untuk itu? Untuk tulisan kali ini, aku berkolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger. Baca: https://novya.id/target-blogging-ku-di-tahun-2019/ Baca: https://novya.id/hai-2019/ Dari 2 tulisan sebelumnya yang aku tulis, ada 3 harapan besar yang ingin aku capai di tahun 2019. Apa…

  • MyActivityMyStory

    Belajar pengendalian emosi biar stres pun kabur

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan-kawan. Hmmm…bicara emosi ataupun stres, rasanya 2 hal ini masih sering nempel pada diriku. 2 hal yang sangat berdampak buruk bagi semua orang termasuk diriku. Sapa siy yang ingin stres atau hobi marah-marah? pasti semua orang pun gak mau pun orang tersebut tipe pemarah. 2 hal yang akan membawa kita ke arah sakit dan jauh dari sehat. Aku baru saja membaca buku di salah satu chapter tersebut ada tips menghalau stres dan mengendalikan emosi. Aku sebut aja pengendalian stres ala mbak Puput Maryati. Apa sajakah itu? Okeh..mari kita tengok bersama. #1. Kenali pemicu stres Nah..untuk bisa jauh dari stres maka kita harus bersahabat dengan stres. Loh kok bisa?…

  • MyActivityMyStory

    Semangat menuju Go-Produktif

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan-kawan. Okey…setelah 2 hari kemarin aku melow-melow galau bin sedih. Kini…hari ini aku harus berubah. Berubah jadi apa? berubah apa? mo ngapain?…wait, aku akan jawab satu per satu. Well…setelah membaca beberapa referensi pemicu semangat, maka tahun 2019 ini aku ingin memulai menjadi pribadi yang produktif. Maksudnya mo buka usaha? Ya..bisa jadi siy kalau ada rezekinya (hehehehe). Tapi untuk saat ini, aku ingin produktif dalam hal belajar, membersamai anak dan melakukan aktivitas sesuai passion. OK, ada beberapa hal yang sudah kuidentifikasi dalam diri sendiri yang rupanya hal ini sangat-sangat menghambat aku dalam hal produktif. Apakah itu? Yuk mari ikuti aku (sok gaya ala artis tea..secara gaya-gaya an doank..hehehehe). #1.…