covid19
BPN Ramadhan 2020

Covid-19 yang merumahkan semua orang

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hai kawan, apa kabar? harusnya aku menuliskan tentang Si Covid-19 ini kemarin, tak apalah ya telat sehari. Alhamdulillah, mulai hari ini bisa mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Blogger Perempuan Network (BPN). Ini adalah kegiatan menulis blog ketiga yang kuikuti bersama BPN. Kegiatan menulis bersama BPN selalu ada tema harian yang menyertainya. Kami para penulis jadi lebih mudah menulis, perjuangan selanjutnya adalah memaksa untuk selamat 😁

covid 19

****** COVID-19 ******

Kondisi dunia yang awalnya damai, tetiba bergejolak dan kepanikan muncul dimana-mana. NKRI yang sebelumnya juga masih biasa saja, kemudian muncul aturan anak sekolah harus sekolah dari rumah disusul himbauan pekerja juga harus bekerja dari rumah. Semua manusia di dunia mulai merasakan ketakutan dan kekhawatiran terhadap Covid-19. Namanya siy keren ya “COVID-19” tapi pesonanya sangat mengerikan karena memiliki kemampuan merumahkan semua orang.

Dalam halaman ini, aku ingin menuliskan tentang COVID-19 agar mengisi ruang dalam rumah menulisku ini. Sejarah besar yang ingin bisa dikenang dalam sebuah tulisan, cerita berkaitan dengan COVID-19.

#1. Apa itu COVID-19?

Sekali lagi ini adalah sebuah nama yang keren “COVID-19” namun jangan lupa, dia bukan si tebar pesona yang menyenangkan. COVID-19 adalah nama penyakit menular yang sedang menjadi pembicaraan semua orang di bumi ini. Penyakit ini disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan pada akhir Desember 2019. Penyakit menular ini ditemukan kali pertama di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir tahun 2019. Wabah ini cepat menyebar dikarenakan pemahaman yang belum muncul kala itu. Masyarakat Kota Wuhan belum menyadari adanya penyakit ini. Menjelang perayaan tahun baru 2020, mereka berkunjung ke luar kota sehingga memperluas penyebaran penyakit menular ini. COVID-19 (Coronavirus yang ditemukan pada bulan Desember Tahun 2019)

#2. Apa itu CORONAVIRUS?

COVID-19 disebabkan oleh coronavirus. Nama yang tak kalah keren juga kan “CORONAVIRUS”. Coronavirus adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Virus ini masih satu saudara dengan virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Coronavirus ini memiliki nama SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2). Coronavirus ini menyebabkan sindrom pernapasan akut berat 2. Virus ini menyebabkan infeksi saluran pada manusia mulai dari batuk pilek hingga ke kondisi yang lebih serius.

#3. Bagaimana gejala COVID-19?

Gejala umum dari COVID-19 ini paling sering terjadi adalah demam (>38 derajat Celsius), rasa lelah yang berkepanjangan, dan batuk kering. Sedangkan untuk gejala-gejala yang bersifat ringan dapat muncul secara bertahap. Gejala yang dialami memang mirip dengan influenza biasa yaitu dimulai dengan rasa sakit pada tenggorokan. Hal ini yang beberapa orang sempat mengalami kepanikan atau psikosomatis. Kepanikan dan kekhawatiran ini yang menyebabkan muncul rasa seolah-olah kita mengalami tanda-tanda dari gejala tersebut.

Penyakit COVID-19 ini dapat menimbulkan komplikasi berupa penyakit Pneumonia (paru-paru), sindrom gangguan pernapasan akut, gagal ginjal dan kegagalan multiorgan. COVID-19 ini sangat berisiko pada lansia dan orang-orang yang memiliki imunitas rendah atau mengalami gangguan imunitas. Sampai dengan hari ini, Selasa, 21 April 2020, informasi terkait COVID-19 dapat diikuti pada laman resmi Gugus Tugas COVID-19 di Indonesia pada link ini.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Tha’un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu terjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya.”

(HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid)

Semoga kita semua berada dalam perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Day1 #BPNRamadhan2020 #MenulisBahagia

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: