Gaya Belajar
Bunda Sayang

Gaya Belajar Adek – Game Level 4 Bunsay #Day5

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Di hari kelima ini, aku akan melanjutkan ceritaku tentang gaya belajar Auditori. Cerita selanjutnya adalah tentang strategi dalam mempermudah anak Auditori belajar. Ada beberapa strategi yang dapat kita gunakan ketika mendampingi anak dengan modalitas Auditori, yaitu:

  • Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di sekolah maupun di keluarga
  • Ajak anak untuk membaca buku dengan keras
  • Menggunakan musik sebagai salah satu bahan ajar
  • Berdiskusi ide dengan anak secara verbal
  • Biarkan anak merekam materi pelajarannya menjadi audio dan kita aja sering-sering mendengarkannya kembali.

Kegiatan bersama Adek di hari kelima

Hari kelima ini adalah cerita kegiatan ku bersama Adek kemarin. Hari Sabtu kemarin aku ajak duo fajar junior untuk jalan-jalan naik angkotan kota (angkot) menuju ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Cimahi yaitu Buana. Sengaja aku mengajak mereka naik angkot karena aku tak kuat lagi berhadapan dengan kemacetan. Ketika naik angkot setidaknya menolongku di kala macet. Aku masih bisa duduk manis di dalam angkot sambi terkantuk-kantuk (lebay.com).

Selama perjalanan, adek lebih banyak diam sambil memperhatikan kanan kiri. Ketika kami melewati suatu tempat yang Adek pernah kunjungi, dia akan komentar,“Ibuuuu, aku pernah kesana kan ya. Waktu itu ama ayah kan ya”. Aku pun mengangguk sambil mengiyakan komentar dia. Sesampainya di terminal angkot, kami melanjutkan perjalanan ke Buana dengan jalan kaki. Adek senang sekali berjalan di trotoar terutama menginjak dan lompat-lompat di keramik warna kuning yang digunakan sebagai petunjuk bagi saudara-saudara kita yang tidak dapat melihat. “Ibuuuu, aku mau lewat sini ya?,”pinta Adek. “Okeh Dek, silakan, hati-hati ya.” jawabku.

Gaya Belajar

Ketika di luar rumah begini yang aku perhatikan, Adek sangat menikmati. Hal ini terlihat dari tatapan matanya yang berkelana melihat sekeliling yang dia lalui (seperti pandangan merekam sekitarnya). Selain itu, Adek juga menikmati lingkungan yang terlihat dari dia mencoba berjalan di trotoar dengan penuh penasaran. Tetap masih terlihat modalitas Visual dan Kinestetik.

Catatan Pembelajaran hari kelima

Dari pengamatan, anak-anak paling senang apabila diajak meng-eksplore lingkungan di luar rumah. Mereka benar-benar sangat menikmati, bisa berlarian, tertawa dan memandang lingkungan yang luas. Adek juga menikmati naik angkot yang terlihat dari semangatnya ingin duduk sendiri di belakang pak sopir.

Gaya Belajar

Biarkan anak-anak kita berkembang sesuai fitrahnya, jangan dipercepat dan jangan pula diperlambat

novya.id

Alhamdulillah, wassalamu’alaykum.

  • #Hari5
  • #Tantangan10
  • #GameLevel4
  • #GayaBelajarAnak
  • #KuliahBundaSayangIIP
  • @Institut.Ibu.Profesional

Referensi: Materi Level 4 Bunsay IIP

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: