Gaya Belajar
Bunda Sayang

Gaya Belajar Adek – Game Level 4 Bunsay #Day7

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah, today is Wednesday. The seventh day of Bunda Sayang Challenge. Are you still having more and more spirit? Yes, of course. Halah, gaya banget ya aku pakai Bahasa Inggris (hehehe). Tapi sebenarnya aku emang pengen pintar dan lancar Bahasa Inggris baik nulis maupun ngomong (belajar dong, mana ada pintar tapi diam aja). Okeh, ngomongin soal belajar, sampai dengan hari ke-7 tantangan ini kita masih akan belajar melakukan pengamatan terkait gaya belajar anak. Sebelumnya bisa kalian baca tulisan-tulisan aku sebelumnya ya.

Baca tulisan sebelumnya di: #Day1, #Day2, #Day3, #Day4, #Day5, #Day6

Okeh, kita lanjutkan tentang ceritaku ya. Kali ini kita akan membahas tentang strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik. Apa sajakah yang dapat kita lakukan? Yuk mari ikuti aku.

  • Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam
  • Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, menggunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru)
  • Mengijinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar
  • Menggunakan warna terang untuk menggarisbawahi hal-hal penting dalam bacaan
  • Mengijinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik

Nah, itu beberapa strategi yang dapat kita gunakan dan terapkan dalam membersamai anak kita belajar.

Kegiatanku bersama Adek

Sebenarnya hari kemarin aku tak ada ide mau berkegiatan dengan Adek, maunya selow aja ikuti kondisi. Loh kok? Kenapa gitu? Yup, sejak diberlakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Setiabudi dan Jalan Cipaganti Bandung, aku sampai rumah selalu mepet waktu maghrib. Biasanya bisa sampai rumah pukul 17.30 wib, sejak tanggal 11 Juli kemarin, sampai rumah selalu lebih dari pukul 18.00 wib.

Kemarin sepulang dari kantor aku sengaja mampir dulu ke Griya Setrasari karena stok buah-buahan sudah habis dan mau sekalian membeli kado buat kawan Adek yang ulang tahun hari ini. Sampai di rumah tepat pukul 18.30 wib dan seperti biasa disambut Adek di teras dengan celoteh khas Adek “Ibu kok baru pulang malam-malam siy? Ibu aku dah sholat 3 rekaat loh. Ibu kenapa baru pulang? Aku dah tungguin loh”. ((ini yang selalu bikin aku bahagia sekaligus mewek, Ibu selalu menjadi juara di hati mereka)).

Aku jawab rentetan celoteh dan pertanyaan Adek,“Iya, ibu tadi ke Griya dulu beli kado buat kawan Adek trus beli buah dulu”. Adek mengikuti aku ke kamar. “Ibu, aku tadi nangis loh”, kata Adek. “Loh, kenapa?” tanya balik aku. “Aku nungguin ibu gak pulang-pulang,” jawab Adek sambil senyum-senyum. ((Oh..so sweet deh)). Mbah Bono ikut nimbrung,“Iya, dari tadi nanyain – ibu kok gak pulang-pulang ya Mbah?”. Aku minta ijin untuk sholat maghrib dulu sebelum bergabung dengan duo fajar junior di ruang nonton.

Rangkaian rel kereta dari buku karya Adek

Ketika keluar kamar, aku perhatikan Adek sedang menyusun buku-bukunya berbaris panjang 2 sisi. Aku tanya “Dek, itu buat apa?”. Adek menjawab,“Ini rel kereta bu, ada 2, di tengah ada jalan buat mobil.”. “Oooo, adek lihat dimana contohnya?” tanyaku kembali. “Dari laptop lah,“jawab Adek ((hmmmm, dia sedang mewujudkan rangkaian rel dan jalan hasil dari nonton serial kereta api kesukaannya)). Aku perhatikan dia sibuk dengan rangkaian mobil dan kereta yang ada. Tetap siy sampai di hari ke-7 ini, Adek lebih mudah menangkap hasil pandangannya.

Namun semalam juga kudengar dia mendendangkan lagu yang suka dinyanyiin ama Kakak, trus jadinya mereka nyanyi deh berdua. Lagu berbahasa Inggris pulak. Tapi aku lupa judul lagunya. Kalo kinestetiknya siy sudah pasti, mungkin memang sesuai dengan perkembangan usianya yang mayoritas memang butuh dan banyak gerakan. Lagu yang dia dendangkan itu sepertinya hasil dari dia merekam Kakaknya bernyanyi deh. Oia judul lagunya “A Whole New World” (duh bocah).

Gaya Belajar

Catatan Pembelajaran Hari Ke-7

Kegiatan Adek kemarin masih sama dengan hari sebelumnya, namun terlihat kreativitas dia dalam memanfaatkan bahan dan alat yang ada di rumah untuk menciptakan arena permainan yang dia sukai.

Gaya Belajar
Tabel Pengamatan #Day7

Camilan sehat dan berbobot hari ini

Di kelas Bunsay, setiap hari rabu pasti ada Camilan Sehat. Nah, ada camilan sehat apakah hari Rabu pekan ini? Yuk ah, ikuti aku.

  • Gaya belajar itu berasal dari variabel kepribadian termasuk dalam susunan kognitif dan psikologis dengan latarbelakang sosio cultural dan pengalaman pendidikan (Nunan, 1991:168)
  • Anak akan memiliki gaya belajar yang terlihat jelas dan konsisten pada usia di atas 3 tahun (hmmm, makanya gaya belajar Adek sudah mulai terlihat karena Adek sudah 5 tahun, namun belum nampak gaya belajar dominannya)
  • Faktor yang mempengaruhi gaya belajar adalah Faktor Bawaan (apabila salah satu indra kurang berfungsi secara maksimal maka umumnya indra lain akan menggantikannya) dan Pola Asuh (gaya belajar ditentukan oleh sejauh mana orang tua melakukan stimulasi terhadap masing-masing indra anaknya). (Nah, ini dia pemahaman utama yang harus kita pahami).

Tambahan sedikit tentang Ciri-ciri Anak Pembelajar adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  2. Memiliki motivasi internal
  3. Dapat merefleksi diri
  4. Dapat diandalkan
  5. Mampu berpikir kritis
  6. Mampu memahami dengan sedikit atau tanpa instruksi
  7. Persisten (tidak mudah puas diri, tetap dijalankan programnya walaupun sudah berhasil. Ya bahasa mudahnya adalah istiqomah atau tekun)

“Mengajari anak-anak bagaimana cara belajar jauh lebih berharga daripada mengajari mereka untuk sekedar mengingat sejumlah informasi”

Camilan rabu, level 4, bunda sayang iip

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

  • #Hari7
  • #Tantangan10hari
  • #GameLevel4
  • #GayaBelajarAnak
  • #KuliahBundaSayang
  • @Institut.Ibu.Profesional

Referensi: Materi Level 4 Bunda Sayang IIP

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

43 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: