ODOPDecChallenge2018

Hubungan emosi dan kesehatan

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamu’alaykum kawan-kawan

Hari ini aku mendapatkan kesempatan belajar dan mengenal tentang salah satu cara untuk memperbaiki diri terutama emosi. Aku mengikuti seminar yang diadakan oleh TRE Indonesia di Fave Hotel Cihampelas. Dengan uang pendaftaran sebesar 189 ribu, aku dapat buku tentang metode TRE dan mengikuti seminar. Seminar dilaksanakan selama 3 jam dari pukul 9 hingga 12 dengan pemateri oleh founder TRE Indonesia langsung yaitu Pak Hindra Gunawan yang juga seorang guru mata pelajaran Fisika.

TRE ini adalah salah satu cara untuk mengendalikan emosi yang akan berdampak pada membaiknya kesehatan fisik. TRE kependekan dari Tension and Trauma Releasing Exercises. Disampaikan oleh Pak Hindra tadi bahwa tubuh itu sudah diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk menyembuhkan diri sendiri. Apabila kita sering menahan emosi maka akan terjadi tension pada tubuh dan apabila dibiarkan maka lama-kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan sakit di badan. Atau di masa lalu kita pernah mengalami trauma akibat jatuh yang dampaknya terasa hingga sekarang. 

Di seminar tadi tidak disampaikan secara detil karena baru fase pengenalan, untuk detil kegiatan yang dilakukan untuk merelease tekanan dan trauma tadi harus dilakukan pada kegiatan workshop, yang dijadwalkan untuk Bandung pada tanggal 22 Desember 2018, sayangnya aku tak bisa mengikutinya karena ada keperluan. Semoga dijadwal yang lain dapat kuikuti.

Terdapat 3 hubungan dalam diri kita yaitu tubuh, perasaan dan pikiran. Selama ini kita selalu mengandalkan pikiran, ternyata justru peran terbesar dalam diri kita adalah tubuh kita. Tubuh kita bisa reflek melindungi diri kita dari ancaman tanpa menunggu pikiran kita. Tadi juga dijelaskan bahwa komposisi ketiga hubungan tadi paling besar pada tubuh (sayangnya aku lupa euy). Ntar ya coba aku ingat-ingat dulu, sebelum ntar aku tulis-tulis lagi buat pengingat.

Nah..ada yang mo kepo tentang TRE..soo..buruan liat di website atau IG nya…TRE Indonesia. Mulai lah hidup sehat dari sekarang! (ngomong ama diri gue sendiri)

Alhamdulillah done for ODOP December Challenge 2018

Wassalamu’alaykum

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: