BPN30DayRamadhan2019

Jajanan yang Selalu Ada di Hari Raya Keluarga Besar kami

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hmmm, kali ini kita akan bercerita tentang jajanan. Sebenarnya kami tidak pernah menyebutnya sebagai jajanan, kami lebih suka memberi nama makanan yang selalu ada dan disantap di hari raya seperti saat ini akan kami sambut.

#1. Sate Kolang-Kaling Warna Merah

Kalo ini adalah jenis makanan yang selalu ada di keluarga besar Bapakku di Solo. Sejak aku kecil sampai sekarang memiliki 2 orang anak, makanan ini masih dibuat. Dulu yang suka memasak ini adalah almarhum Nenek, setelah Nenek meninggal kebiasaan ini masih diteruskan oleh bulikku (adeknya Bapak). Sapa yang belum tahu kolang-kaling? Itu loh yang ada di dalam minuman kolak.

Kolang-kaling ini tidak dikolak, tapi direbus dan diberi pewarna makanan berwarna merah. Kolang-kalimg disusun pada tusuk sate lalu direbus dengan air yang sudah diberi pewarna makanan berwarna merah Makanan ini selalu laku dan habis baik oleh anak-anak atau saudara-saudara yang dewasa. Sayangnya aku lupa bertanya ke almarhum Nenek dulu, kenapa beliau suka sekali memasak makanan ini? Aku dulu yang selalu mendapatkan tugas dari Nenek untuk menyusun kolang-kaling yang sudah matang ke tusuk sate.

#2. Soto Mbok Giyem

Kalo ini salah satu jajanan yang selalu didatangi setiap kami mudik ke Boyolali. Kakak iparku selalu mengajak kami menikmati Soto Mbok Giyem. Soto ini sangat terkenal di Kota Boyolali. Disajikan dalam mangkok kecil yang cukup untuk 1 kali porsi makan. Kita dapat memilih menu dengan daging ayam atau daging sapi.

Salah satu menu tambahan yang aku suka selain soto adalah keripik tempenya. Pasangan yang pas antara soto dengan keripil tempe. Apabila kami tidak sempat untuk mampir ke warung soto Mbak Giyem, kakak iparku selalu membeli dengan dibungkus dibawa pulang ke rumah. Ya pastinya kenikmatannya sangat berbeda. Jauh lebih nikmat apabila kita langsung menyantapnya di TKP. Warung Soto Mbok Giyem ini selalu ramai dikunjungi para pemudik setiap hari raya.

Nah, bagi kawan-kawan yang berkunjung di Kota Boyolali dapat berkunjung juga ke warung soto Mbok Giyem ini. Pokoknya harus siap-siap antri.

Inilah jajanan kami setiap lebaran, bagaimana dengan kalian?

Alhamdulillah, wassalamu’alaykum.

#Day27 #BPNetwork #BPNRamadhanChallenge2019 #BPNChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

12 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: