MyActivityMyStory

Kebersamaan dalam suatu periode

Ketika kita bicara tentang kebersamaan berarti ada sebuah keegoisan yang harus diabaikan. Bersama itu pasti lebih dari satu orang karena kalo hanya satu orang maka disebutnya sendiri. Nah, kali ini aku akan menulis tentang kebersamaan ku bersama teman-teman kantor dimana aku kerja sudah hampir 10 tahun ini.

Sejak bergabung di akhir 2008 lalu, aku sudah ditempatkan di 3 subdit dan mengalami 3 kali pergantian pimpinan. Setiap pemimpin mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda-beda dan kita pun di”paksa” untuk bisa mengikuti hasil kepemimpinan itu.

Bekerja dalam sebuah tim, dituntut untuk saling menghargai. Pilihannya adalah bersatu kita maju atau sendiri-sendiri kita lemah. Ketika sebuah rasa egois meracuni sebuah kebersamaan maka suasana akan tidak nyaman. Karakter individu dalam sebuah tim harus bisa saling melebur. Tidak mudah bagi ku untuk bekerja dalam suatu tim yang bisa membuat aku bertahan hampir 10 tahun ini. Ada bahagia,ada ceria,ada tertawa,ada kesal, dan ada uring-uringan. Ketika kita dalam suatu kebersamaan maka sikap saling menghargai dan menghormati itu harus ada.

Perpindahan dari tim per seksi hingga per subdit sering sekali terjadi. Ada kalanya menyatakan sebuah chemistry itu tidak mudah. Sekalinya menemukan,ada instruksi untuk rotasi dan mutasi tim yang pada akhirnya membuat kami harus membangun chemistry kembali dengan anggota tim yang baru.

Ada tantangan, ada hambatan dan ada kemudahan ketika kita membangun kekompakan dalam sebuah kebersamaan tim. Dari seksi pemilih penyedia barang/jasa kemudian berpindah ke seksi perencanaan jasa hingga akhirnya hampir 3 tahun ini aku berada di seksi hukum dan pengendalian kontrak. Dengan tim yang mayoritas wanita sewaktu di seksi pemilihan penyedia barang dan jasa hingga mayoritas laki-laki di seksi perencanaan dan pengendalian kontrak,pastinya menemui lucu,seru dan menyebalkan.

Tim mayoritas wanita biasanya lebih baper-an dibanding tim mayoritas laki-laki. Kalo bisa memilih,aku lebih enjoy kerja dengan laki-laki karena biasanya gak baper dan mengandalkan logika dibanding perasaan. Walo kadang ada juga siy yang baper,tapi gak banyak lah malah lebih cenderung gak punya perasaan. Pastinya di sebuah kebersamaan ada rasa pribadi yang kita kalahkan dan lebih mengutamakan kebersamaan kan.

Ibarat pepatah..bersama kita bisa,bercerai kita runtuh…makanya kami dalam tim selalu berusaha untuk kompak selalu. Ini adalah kebersamaan dalam suatu periode ku yang terlalu lama, biasanya juga 2 tahun maksimal. Namun, ini hampir 10 tahun. Semoga di akhir tahun ini diberikan kemudahan untuk mengakhiri kebersamaan tim ini, walo pastinya akan sulit bagiku untuk meninggalkannya namun mengikuti perintah suami adalah wajib.

#tantangan tema kebersamaan

Leave a Reply

%d bloggers like this: