BPN30DayRamadhan2019

Kebiasaan Memakai Baju di Hari Raya yang mulai Menghilang

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Baju baruualhamdulillah, tuk dipakai di hari rayatak punya pun tak apaapa, masih ada baju tetangga…loh eh #hehehe

Pasti gak asing kan dengan lagu anak-anak di atas? Yup, memang sudah menjadi budaya di masyarakat bahwa setiap hari raya terutama Idul Fitri kita menggunakan baju baru. Setiap awal ramadhan, hampir semua pusat perbelanjaan memasang angka-angka diskon untuk produk fashion. Kita berbondong-bondong berdesakan untuk mengejar harga diskon untuk sebuah baju baru yang akan dipakai di hari raya.

Teringat di masa kecil dulu, aku selalu mendapatkan baju baru dari ibu setiap lebaran tiba. Rasanya senang sekali. Tradisi ini masih sangat kunikmati hingga di bangku kuliah. Sesampainya di rumah sudah ada baju baru di kamar. Namun kenikmatan itu mulai menipis ketika aku sudah bekerja. Justru aku malu kalo pakai baju baru di hari raya, aneh kan? Jadi kalopun bisa beli baju baru, aku suka pakai setelah lebaran.

Hal ini terjadi hingga sekarang aku punya anak kedua. Rasanya malas sekali berjubel dengan orang-orang membeli baju baru. Beruntunglah anak-anak terkadang mendapatkan hadiah dari bulik/om nya. Terkadang aku membelikan jauh-jauh hari sebelum lebaran.

Padu padan baju

Aku lebih senang memakai baju yang sudah ada kemudian dipadupadankan dengan baju dan jilbab yang ada. Jadi tidak perlu membeli baju baru. Lumayan lah buat penghematan – hehehehe. Tapi seru juga loh memadupadakan baju yang ada tuh. Aku memiliki baju yang terkadang jarang dipakai sehingga sayang kalo dianggurkan, bukan?

Padu padan baju yang kulakukan beserta jilbab. Aku harus senada warna nya dari mulai jilbab, atasan dan bawahan. Tapi bukan berarti persis sama ya. Kalo misal atasan kuning, maka bawahan bermotif yang ada warna kuningnya kemudian jilbab bisa kita pilih warna lain yang ada di motif bawahan. Ahaa, dah kayak desainer. Terkadang ini lebih sibuk dibanding beli baju baru namun bedanya tidak harus berdesakan.

Nah, itulah ide baju lebaran aku di beberapa tahun kemarin dan pastinya akan aku pakai juga untuk lebaran tahun ini. Well, selamat berlebaran ya kawan, nikmati kebersamaanmu bersama keluarga.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Day24 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: