Review

Kenali Cara Belajar Anak Melalui AJT CogTest

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Teringat ketika Kakak akan memasuki SD 5 tahun lalu, Kakak harus melalui tes IQ (Intelligence Quotient). Sebagai orang tua, pastinya kami sedikit khawatir dengan hasil dari tes ini walaupun kami yakin bahwa Kakak memiliki kecerdasan yang normal untuk anak seumuran dia. Intelligence Quotient (IQ) atau yang biasa kita sebut dengan Kecerdasan Kognitif adalah salah satu dari beberapa jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

Kecerdasan Manusia

Berdasarkan sumber informasi yang kami baca disini bahwa sesuai ilmu psikologi, manusia memiliki sebanyak 15 kecerdasan yaitu:

  1. Kecerdasan Mengolah Kata
  2. Kecerdasan Logika
  3. Kecerdasan Visual
  4. Kecerdasan Musikal
  5. Kecerdasan Fisik
  6. Kecerdasan Intrapersonal
  7. Kecerdasan Interpersonal
  8. Kecerdasan Natural
  9. Kecerdasan Intuitif
  10. Kecerdasan Numerik
  11. Kecerdasan Psikologi
  12. Kecerdasan Emosional
  13. Kecerdasan Spiritual
  14. Kecerdasan Adversity
  15. Kecerdasan Sosial

Pentingnya memahami cara belajar anak

Memahami kecerdasan anak itu penting bagi kita sebagai orang tua. Kami selalu berusaha menyediakan waktu untuk mendampingi Kakak ketika belajar. Dari sisi cara belajar, Kakak terlihat tidak mengalami kesulitan dan dapat mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik. Hal ini kami lihat dari hasil ulangan di sekolah yang rata-rata nilai untuk mata pelajaran di atas 80. Namun hal ini tidak lantas membuat kami puas, sebagai orang tua kami ingin dapat memberikan yang terbaik bagi Kakak dalam pendidikannya. Ada kalanya Kakak kurang konsentrasi sehingga ada beberapa mata pelajaran yang masih mendapatkan nilai kurang maksimal.

Kakak sedang belajar
(sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Dari hasil belajar kakak ini, akhirnya membuat kami ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi atau kelemahan yang ada pada diri Kakak. Hal ini penting bagi kami sebagai orang tua agar kami dapat memberikan stimulus yang tepat bagi Kakak dan dapat membantu meningkatkan cara belajar Kakak dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Nah, untuk mengetahui potensi yang ada pada diri anak-anak kita terutama yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun, kita dapat menggunakan AJT CogTest.

Apa itu AJT CogTest?

AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory). Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian. AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun.

AJT CogTest ditawarkan oleh PT. Melintas Cakrawala Indonesia (PT. MCI) sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia yang dipercaya untuk menawarkan produk tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia. AJT CogTest merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

sumber gambar: PT. MCI

Apa perbedaan AJT CogTest dengan Tes Kecerdasan yang lain?

Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.

Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.

AJT CogTest memiliki 2 jenis paket tes, yaitu:

  1. AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
  2. AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.

Nah, makin penasaran kan dengan AJT CogTest ini. Kalau harganya bagaimana ya? Kemudian dimanakah kita dapat memperoleh informasi secara lengkapnya. Tetap ikuti tulisan kami ini ya.

Biaya mengikuti AJT CogTest

1). AJT CogTest Full Scale                : Rp. 760.000,00

2). AJT CogTest Comprehensive       : Rp. 1.200.000,00

AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang sudah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi oleh PT. MCI. Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Informasi secara lengkap tentang AJT CogTest dapat diperoleh pada alamat dan kontak dibawah ini:

PT. Melintas Cakrawala Indonesia (MCI)

Graha Irama 5th Floor Unit F

Jalan H.R Rasuna Said X-1 Kav 1-2, Jakarta 12950

Telp: 021-5261487, WA CS: 087883258354

E-mail: info@melintascakrawala.id

#YukKenaliAnakKita, buruan ajak anak-anak kita untuk ikutan tes kecerdasan #AJTCogTest ini untuk mengetahui potensi pada diri anak kita. Kita sebagai orang tua agar dapat membersamai anak-anak kita dengan tepat dan lebih baik bagi bekal masa depan mereka. Aamiin.

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

#TesKognitifAJT

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

26 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: