BPN30DayBlogChallenge2018

Kenapa Menulis di Blog?

Bismillahirrahmanirrahiim

Yep..ada tantangan baru niy yang aku ikuti kali ini, apakah itu? Yes, aku sedang mengikuti 30 hari ngeblog bersama Blogger Perempuan Network. Ngapain siy aku ikutan kayak gini? Gak kenapa-napa juga siy, hanya ingin mengasah dan berlatih kemampuan ku dalam menulis. Okay…lanjuuuttt.

Hari 1 bersama tema “Kenapa Menulis di Blog?”

Hayoooo…kenapa aku menulis di Blog? habisnya sekarang susah nulis di daun lontar (hehehehe…bercanda). Dibilang hobi menulis siy belum ya, awalnya aku senang banget membaca buku atau artikel, namun ternyata hobi ku mulai merambah ke menulis. Menulis yang kulakukan juga masih sebatas apa yang ada di kepala saja..mengalir begitu saja ketika bertemu mood yang baik. Namun selain mood, aku pun masih memerlukan semacam pemicu keinginan untuk menulis. Pemicu yang sering aku gunakan adalah gambar/foto. Ketika melihat foto/gambar akan muncul ide menulis. Tujuan aku menulis diantaranya:

  1. Melampiaskan rasa; Yach ini aku banget, pernah gak sewaktu kecil kalian menulis di buku harian? Aku siy pernah, rasanya apabila sudah dicurahkan di dalam buku harian itu maka hati yang awalnya nyesek bisa menjadi lebih lega. Walo kalo dibaca lagi seringnya aku menjadi malu sendiri dengan hasil karya tulisan ku (hehehehe). Namun menulis memang sangat menolong dalam melampiaskan nyesek di dada apabila sedang sedih.
  2. Menggoreskan kenangan; hmmmm…baper juga ya. kalo ini yang kurasakan lebih ke arah menyimpan memori, misalkan menuliskan tentang perjalanan keluarga atau kegiatan yang kita ikuti dan itu sangat terkesan sekali sehingga sayang kalau hanya kita simpan di kepala atau foto saja.
  3. Sebagai catatan yang bermanfaat; terkait ini maka aku kembali ke jaman sekolah dan kuliah dulu. Aku termasuk salah satu siswa yang rajin banget mencatat hasil pembahasan mata pelajaran di kelas. Sehingga ketika akan menghadapi ujian, buku catatanku bisa dijadikan master di fotokopian dekat kampus, karena teman-temanku bisa fotokopi untuk bahan mereka belajar.

Selanjutnya…lalu kenapa memilih Blog sebagai salah satu wadah untuk menulis? Berawal di tahun 2016 lalu, ketika salah satu kawan aku mengenalkan Blog padaku. Dia bilang “Bu Novya kan hobi nulis, coba deh nulis di blog aja trus biar konsisten ikutan komunitas @1minggu1cerita”. Akhirnya aku pun mulai melihat-lihat blog dia…wah, iya ya, simple banget dipakainya. Dimanapun kita berada hanya tinggal bawa laptop atau HP plus jaringan internet/kuota aja kita bisa menulis. Selain itu tangan kita gak pegel buat pegang pena untuk menulis (walopun ini juga menyehatkan loh karena melatih syaraf di jari-jari kita untuk terus bergerak), namun dampaknya kita akan memerlukan buku-buku tulis atau buku catatan untuk wadah menulis. Ketika sudah menumpuk, jadi penuh lah rumah kita. (aku pernah membakar buku harian gitu karena bingung almari dah penuh dan kita juga gak mau ketahuan oleh orang lain). Kalo menulis di Blog, ya cukup modal hardisk aja, selama blog nya gak gulung tikar..masih lah dokumen tulisan kita disimpan oleh server mereka (hehehe.

Nah..melalui blog ini lah aku menemukan kecocokan. Menulis tetap jalan, kita tetap produktif, ide dapat tersalurkan, catatan dapat diciptakan sebagai kenangan bahkan warisan bagi anak-anak kita, dan kalo mau lebih aktif lagi menulis melalui blog dapat mendatangkan penghasilan. (sapa coba yang gak tertarik?) hehehehe. Sampai dengan hari ini pula lah aku konsisten menulis di Blog, walo masih berupa sekedar menulis saja belum mengarah ke mendapatkan penghasilan. Dengan mengikuti beberapa komunitas akhirnya jejaring pertemanan mulai membuahkan hasil dalam menjaga komitmen dan konsistensi menulis. Harapanku semoga aku tetap istiqomah dan semakin lebih baik lagi…aamiin.

Alhamdulillah

Done for day 1 #BPN30dayChallenge218 #BloggerPerempuan

20.11.18

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: