Hijab Syari
BPN30DayRamadhan2019

Ketika Ku Mulai Mengenal Hijab Syar’i

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hijab, Jilbab, atau Kerudung? Nah, banyak dari kita yang terkadang bingung dengan ketiga istilah ini. Tenang, kalian gak sendiri kok, aku pun juga masih begitu. Menutup aurat adalah kewajiban bagi semua muslimah.

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin,”Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Qs. Al Ahzab Ayat 59

Apa beda jilbab, hijab dan kerudung?

Kita mulai dari JILBAB, Jilbab adalah busana panjang yang berfungsi untuk menutupi seluruh tubuh muslimah kecuali wajah dan tangan. HIJAB, Hijab adalah penutup. Penutup disini memiliki arti penutup secara umum baik berupa tirai pembatas, kelambu ataupun tabir yang membuat seorang muslimah tertutupi dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya. Lalu, KERUDUNG, Kerudung adalah penutup kepala. Kerudung ini kemudian memiliki istilah yang lain yaitu KHIMAR. Khimar adalah kerudung yang menutupi kepala hingga leher dan dada.

Kapan aku mengenal cara menggunakan hijab syar’i?

Kalo dibilang syar’i banget siy belum, insyaAllah sedang menuju ke arah sana. Namun model penutup kepala sudah seperti khimar dan sudah mulai meninggalkan celana panjang. Terkait model khimar, aku memilih 2 model yaitu model segiempat dan model langsung. Untuk khimar segiempat biasa aku pakai untuk acara formal, sedangkan khimar langsung biasa aku pakai untuk acara informal.

Dahulu di awal aku menggunakan khimar, aku masih menggunakan khimar segiempat yang pendek sehingga bagian dada belum tertutup sempurna. Pada saat hamil anak kedua, aku mulai merasakan ketidaknyamanan. Akhirnya khimar mulai aku panjangkan dan celana panjang mulai aku ganti dengan rok atau gamis. Dari situlah aku merasakan kenyamanan dan terbiasa hingga saat ini.

Model hijab yang aku pakai boleh dibilang tradisional (gambar dilihat pada blog banner), namun aku merasa lebih nyaman dibanding sebelumnya. Bisa jadi karena sudah berusaha mengikuti ketentuan syar’i yang benar. InsyaAllah, semoga kita semua diberikan keistiqomahan dalam memperbaiki diri sesuai dengan tuntunan Islam. Aamiin.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum

#Day12 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: