Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa
BPN30DayRamadhan2019

Khawatir dengan Bau Mulut Selama Puasa?

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Ada yang suka tidak percaya diri dengan bau mulut selama puasa? Nah, ini kadang terjadi juga denganku. Yuk kita cari tahu, mengapa ini biasa terjadi?

Bau Mulut Selama Puasa

Dari blog ruangguru yang aku baca. Bau mulut muncul berkaitan dengan pencernaan. Hayo, yang merasa pernah sekolah, pencernaan itu termasuk dalam mata pelajaran apa? Yak benar, sistem pencernaan termasuk dalam mata pelajaran Biologi.

Sumber bau mulut berasal dari organ-organ yang berasal dari mulut kita. Selama puasa, kita kan tidak banyak makan sehingga produksi air ludah/saliva yang berfungsi melembabkan mulut menjadi berkurang. Produksi air ludah ini akan meningkat ketika mulut kita melakukan pergerakan mengunyah makanan. Kondisi ini ditambah dengan adanya sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Sisa makanan ini apabila tidak dibersihkan dengan baik akan menjadi sampah yang menimbulkan bau tidak sedap pada mulut kita.

Sumber bau mulut selain disebabkan kondisi mulut yang tidak bersih, dapat juga disebabkan keluarnya cairan dari organ dalam tubuh kita yang naik ke atas walaupun mulut kita tidak melakukan aktivitas mengunyah. Cairan hasil pencernaan dari organ di dalam tubuh ini juga ikut berkontribusi dalam menciptakan bau mulut.

Salah Satu Usaha Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Nah, aku siy merasa mulutku tidak terlalu bau (percaya diri) itu perlu setelah berusaha-hehehehe. Aku biasa sikat gigi di pagi hari sebelum sholat subuh, pasta gigi yang aku gunakan mengandung bahan mint dan berlogo HALAL kemudian dimaksimalkan ikhtiarnya dengan berkumur dengan obat kumur. Obat kumurnya juga bukan obat kumur khusus kok, aku memilih yang banyak di pasaran saja. Aku menggunakan obat kumur Listerine atau Total yang ada logo HALAL.

Selain itu, aku menghindari makan sahur dengan makanan yang mengandung bawang-bawangan yang banyak sehingga tidak menimbulkan gas dalam perut kita. Gas inilah yang menyebabkan bau tidak enak dan dapat naik ke atas sampai ke mulut kita. So, pemilihan bahan makanan menjadi unsur penting juga dalam menghindari terciptanya bau mulut pada saat puasa.

Bau Mulut Saat Puasa berdasarkan Pandangan Islam

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau minyak wangi”

HR. Bukhari dan Muslim

Terkadang kita tidak suka dengan sesuatu yang tidak enak muncul dari diri kita, namun apabila yang tidak enak itu muncul saat kita melakukan ibadah, justru sangat bernilai di sisi Allah SWT. Demi kenyamanan bermuamalah tidak ada salahnya kita tetap berikhtiar agar kita nyaman ketika berkomunikasi dengan orang lain.

  • Bersihkan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan dengan bersiwak
  • Gunakan obat kumur yang natural sebagai penguatan usaha
  • Pilih makanan yang tidak akan menimbulkan gas di dalam perut

Itu adalah beberapa cara yang dapat kita pilih untuk mengatasi bau mulut saat puasa.

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

#Day10 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: