Estrilook Community

Kita bisa karena terbiasa melakukannya, Yuk..semangat dalam membiasakan diri menulis

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog

Aku suka merasa tidak percaya diri ketika diminta menulis, dengan berbagai alasan aku berusaha menghindarinya, terutama dengan alasan aku tak memiliki ide ataupun inspirasi. Dari tulisan aku sebelumnya kusampaikan bahwa penulis yang menunggu inspirasi itu bukanlah seorang penulis. Lalu apa yang harus aku lakukan agar aku lebih percaya diri?

Seorang pelukis akan menjadi pelukis yang hebat apabila sering melukis, di awal lukisannya pasti belum terbentuk dengan baik namun dengan adanya semangat untuk terus mengulangnya maka kualitas lukisannya pun akan semakin terlatih. Selain itu, kita apabila tidak pernah mengikuti olahraga Yoga, bisa dipastikan di awal pertemuan kita akan terasa kaku untuk sekadar mengangkat tangan atau melipat kaki. Namun dengan adanya pengulangan yang rutin rasa kaku yang dirasakan oleh tangan dan kaki kita akan mulai melunak dan terasa lentur apabila digerakan.

Begitupun dengan menulis. Diawal, kita akan kebingungan dalam menulis dari mulai mencari ide hingga menyusun kata. Mencari ide dapat kita lakukan melalui membaca buku atau melakukan blogwalking di blog kawan-kawan kita, sedangkan menyusun kata dapat kita latih juga melalui media membaca ataupun menonton sehingga kita akan bertemu dengan kata-kata baru yang dapat kita sematkan dalam tulisan di blog kita.

Efdi Al Fawwazi menyampaikan “Kelancaran itu lahir dari pengulangan. Jika ingin lancar menulis, maka menulislah terus menerus.”

Kita akan bisa karena terbiasa sering sekali kita dengar. Bagaimana mungkin kita bisa menulis bagus dan berkualitas kalau kita tidak mau membiasakan diri untuk menulis dan membagikannya kepada orang lain? Dalam hal ini, orang lain mempunyai peran dalam memberikan masukan atau review atau koreksi atas tulisan yang kita hasilkan. Jadi ada satu hal lagi yang harus kita ingat yaitu jangan baper apabila mendapatkan masukan karena hal ini sangat baik dalam meningkatkan kualitas tulisan kita. Bukan begitu kawan? Yuk ah..jangan lama-lama untuk tidak menulis. Okay..aku memulai dengan tekun latihan menulis agar menghasilkan karya yang dapat membuatkan bahagia di akhirat kelak. Aamiin.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #day 5

sumber: estrilook community

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: