Estrilook Community

Komunitas sesuai minat yang aku ikuti

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Bicara tentang komunitas, aku banyak menemukan komunitas itu sejak tinggal di Bandung. Apakah waktu di Solo atau Jogja aku yang tidak gaul ya sehingga sepertinya jarang sekali mendengar tentang komunitas di 2 kota yang pernah aku tinggali itu. Komunitas adalah salah satu sarana kita untuk mengaktulisasikan diri, bergaul, berkomunikasi dan bersosialisasi (menurut aku siy). Komunitas adalah tempat berkumpulnya kita-kita yang memiliki minat, permasalahan, kepemilikan akan barang, atau dunia kerja yang sama. Aku mengenal beberapa komunitas di Bandung sejak tahun 2016, dan pada akhirnya aku mengenal komunitas-komunitas lainnya juga. Nah..apa saja sih komunitas yang sudah aku ikuti selama tahun 2016 hingga saat ini? Yuk..mariiiii

#1. Komunitas narablog Satu Minggu Satu Cerita (@1m1c)

Ini adalah komunitas menulis yang pertama kali aku ikuti. Aku senang bercerita dalam bentuk tulisan yang pada akhirnya mengantarkan ku memiliki blog. Aku bergabung di komunitas ini pada pertengahan tahun 2016. Tujuan utama komunitas ini adalah mengajak kita untuk konsisten menulis blog. Ada grup whatshapp (WA) yang aku ikuti. Aturan yang dimiliki oleh komunitas ini adalah apabila ada anggota yang 6 minggu berturut-turut tidak mengisi setoran tulisan maka akan di drop dari keanggotaan dan bisa langsung daftar kembali. Pada pekan pertama setiap bulan, admin akan mengumumkan adanya tema tulisan. Tidak ada keharusan untuk blogwalking (BW), boleh congkak upload link blog di WAG dan terkadang ada yang lupa, sehabis congkak tidak mengisi di form setoran sehingga dikategorikan bolos hehehehe. Aku pernah di drop dari keanggotaan pada tahun 2017, dan akhirnya pada pertengahan tahun 2018 aku memberanikan diri mendaftar kembali (bukan tipe yang mudah menyerah) hahahaha. Ingin tahu lebih banyak tentang komunitas ini, sila singgah disini

#2. Komunitas Institut Ibu Profesional (IIP)

Di IIP ini, aku bergabung di bulan Juni 2018, kemudian masuk di kelas Foundation selama 2 minggu, dilanjutkan kelas Matrikulasi selama 3 bulan. Alhamdulillah lulus matrikulasi di bulan Oktober 2018 dan dinyatakan diterima sebagai anggota di komunitas IIP. Kegiatan yang dilakukan di IIP bukan tentang menulis buku atau blog, namun aku belajar menjadi seorang wanita yang harus profesional menjalankan perannya sebagai diri sendiri, istri dan ibu. Kalau insinyur saja diijinkan membangun gedung harus profesional maka kita sebagai istri dan ibu yang bertugas mendidik generasi penerus harus profesional juga. Disini aku mendapatkan ilmu terkait manajemen waktu, parenting, keluarga, menulis, dan banyak lagi lainnya. Kelas dilakukan secara online via WA. Tahapan kelasnya terdiri dari Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif dan Bunda Shalihah. Gambaran umum kurikulum tentang masing-masing kelas sudah diperkenalkan selama di kelas Matrikulasi. Ada kelas pastinya ada materi dan tugas, begitupun di kelas nya Ibu Profesional ini. Saat ini aku sedang menunggu jadwal pembukaan pendaftaran kelas Bunda Sayang.
Ingin tahu lebih banyak tentang komunitas ini, sila singgah disini.

#3. Komunitas narablog Bandung Hijab Blogger (BHB)

BHB juga merupakan komunitas narablog yang aku ikuti. Aku bergabung di BHB ini pada bulan Agustus 2018 (kalau tidak salah – hehehehe). Disini, aku belajar tentang komitmen untuk BW dan Instavisit (berkunjung ke akun Instagram). Ada diskusi terkait blogging juga namun belum banyak dan sering. BHB juga sering berbagi informasi tentang event yang dapat diikuti para narablog. Ada juga kegiatan collab tulisan dimana ditentukan tema dan kita menulis tentang tema tersebut, hal ini dapat kita gunakan sebagai latihan apabila kita akan mengikuti lomba menulis blog. Ada juga jadwal BW dan instavisit, apabila kita droplink alamat blog atau instagram kita maka kita wajib BW ke semua kawan yang melakukan droplink juga saat itu. Tidak sekedar BW atau instavisit ya gaessss,,,kita harus meninggalkan jejak kita dengan menuliskan komentar. Awalnya aku mikir, buat apa siy? Oh ternyata, BW ini banyak manfaatnya loh. Kita bisa mendapatkan ide untuk menulis dan kunjungan di blog kita pun meningkat. Kunjungan di suatu blog itu akan membuat blog kita dikenal dan bisa mendatangkan rezeki loh gaess hehehehe. Ingin tahu lebih banyak tentang komunitas ini, sila singgah disini.

#4. Komunitas narablog Estrilook Community (EC)

Komunitas ini aku ikuti di bulan Desember 2018. Nah…bulan Januari ini aku sedang mengejar rapelan menulis di blog untuk dapat memenuhi tantangan ODOP yang dilaksanakan oleh komunitas ini (ODOP kok merapel..maafkan, itulah daku hahahaha #bangga pulak). Di komunitas ini aku belajar mengotak-atik blog, cara meningkatkan kualitas tulisan dan belajar menulis artikel. Setiap hari ada diskusi bersama, jadi suka ketinggalan chit-chat nya kalau sedang kerja atau HP ditinggal di kamar. Sangat menyenangkan bergabung dengan para narablog senior karena banyak ilmu yang mereka bagikan. Yuk semangat menulis gaess. Ingin tahu lebih banyak tentang komunitas ini, sila singgah disini.

#5. Komunitas Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)

Ini adalah komunitas terbaru yang aku ikuti. Bulan Desember 2018 lalu, aku mengenalnya sebagai #ODOP99days dimana kegiatannya adalah ODOP dan literasi. KLIP ini merupakan dikembangkan oleh IIP namun dapat diikuti oleh umum yang bukan anggota. Bulan Januari 2019 ini, #ODOP99days berubah menjadi KLIP dengan konsep yang lebih beragam namun tetap mengusung program ODOP. ODOP yang dilaksanakan terbagi dalam 3 sesi. Sesi 1 dilaksanakan selama bulan Januari – April 2019 dengan tema MENULIS UNTUK DIRI SENDIRI (menulis diary, menulis untuk kesehatan jiwa), Sesi 2 dilaksanakan selama bulan Mei – Agustus 2019 dengan tema MENULIS UNTUK ORANG LAIN (menulis blogpost, teknik blogging), dan Sesi 3 dilaksanakan selama bulan September – Desember 2019 dengan tema MENULIS BUKU (menulis dengan tema tertentu, penerbitan dan marketing). Ingin tahu lebih banyak tentang komunitas ini, sila singgah disini.

Yuk..mari bergabung dengan komunitas yang positif dan mengajak kita ke arah yang produktif.

#Day20 #EstrilookCommunity #ODOP

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

sumber: Estrilook Community

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: