Level 11
Bunda Sayang

[Level 11] Aliran Rasa – Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #learningbyteaching

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah, level 11 sudah selesai didapatkan dan dijalani. Ilmu yang sangat bermanfaat banyak aku peroleh di level ini. Bagiku dan pak suami yang sudah memiliki anak ABG dan sedang menuju ke tahapan usia aqil-baligh, ini adalah momen yang tepat untuk lebih mantap dan siap dalam mendampinginya.

#Mengenalkan Mahram

Sebelum menuju ke aliran rasa, ijinkan aku untuk mengulas sedikit tentang kajian Fiqih Keluarga tentang Anak dan Pendidikan Seksual bagian terakhir yaitu tentang “Mengenalkan Mahram”. Ustadz Abdullah Zaen menyampaikan dalam kajian, anak-anak sudah harus mulai mengenal batasan mahram. Mahram adalah orang yang tidak boleh kita nikahi dan dimana kita harus dapat menjaga aurat kita. Hasil diskusi dengan Kakak, dia sudah memahami batasan aurat yang boleh dan tidak boleh.

Aku sendiri baru 2 tahun ini belajar memahami batasan mahram ini. Jadi ketika mudik ke Solo, awalnya ketika bertemu dengan kakak ipar laki-laki (suami dari kakak perempuan pak suami) aku tidak memakai jilbabku. Dan setelah memahaminya, sudah 2 tahun ini, aku menutup auratku ketika mudik lebaran dan menginap di rumah mereka. Namun untuk bersalaman, aku masih pelan-pelan mengurangi agar tidak menyinggung perasaan.

*******************************************************
Aliran Rasa ku untuk Level 11 ini:

Yang namanya aliran rasa pasti berhubungan dengan rasa atau perasaan atau hati kan ya. Ada 10 topik yang dibagikan setiap harinya selama 10 hari berturut-turut dan setiap topik tersebut sangat bermanfaat bagi ku dan keluargaku. Aku menjadi bertambah ilmu dan mendapatkan bahan untuk berdiskusi dengan kakak dan mulai merubah implementasinya buat Adek. Yup, beruntung duo fajar junior ini sepasang, jadi tahu bagaimana mendampingi anak perempuan dan anak laki-laki.

Materi dari topik yang dimulai dari pengenalan gender, pengenalan jenis kelamin, tahapan fitrah seksualitas berdasarkan usia, penyimpangan seksual, cara pencegahan dan membuka tanya jawab serta diskusi dengan anak atau pasangan kita. Semuanya berbobot dan menjadi bahan diskusi hangat bagi aku dan pak suami. Alhamdulillah, sekolah melaksanakan pendidikan seksual juga sehingga diskusi dengan kakak pun dapat mengalir dengan baik.

Pembelajaran yang bisa aku petik di level 11 ini:

Setiap proses, setiap kegiatan, setiap cerita pasti ada pembelajaran yang dapat kita petik. Begitupun dengan materi-materi di level 11 ini. Nah, apa saja niy yang dapat kita petik dari level 11 ini? Yuk ah, coba kita bedah sedikit demi sedikit ya.

  • Menyampaikan pendidikan seksual kepada anak itu TIDAK TABU. Dari kecil mereka sudah memiliki fitrah seksualitas jadi di dalam dirinya sudah ada itu dan tumbuh sesuai usianya. Kalo kita masih menganggapnya TABU, lalu bagaimana kita dapat membangkitkan dan mendampingi tahapan fitrah seksualitas mereka?
  • Anak harus memahami makna jenis kelamin dan gender. Hal ini membantu anak kita tumbuh dalam situasi dan kondisi sesuai dengan jenis kelaminnya. Bagi anak laki-laki dia paham harus bersikap selayaknya anak laki-laki, begitupun juga dengan anak perempuan.
  • Kita tidak dapat menyalahkan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin maju mendongkrak perkembangan media digital. Media digital ini adalah salah satu sarana yang memiliki pengaruh dalam perkembangan fitrah seksualitas anak-anak kita. Bisa jadi antara aqil dan baligh tumbuh bersamaan, bisa juga tidak. Disitulah letak peran kita sebagai orang tua berada.
  • Membekali anak-anak kita dengan ilmu yang sesuai. Ini penting!. Tanpa ilmu, seseorang anak akan tumbuh tanpa arahan yang jelas. Tak apa orang tua sedikit cerewet asal cerewetnya penuh dengan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan anak-anak.
  • Lindungi anak-anak kita dari penyimpangan seksual dan pelecehan seksual. Peluk dan hadirkan kehangatan hubungan antara diri kita dengan anak-anak kita. Cinta, kasih dan sayang orang tua akan mengalir dengan baik kepada anak-anak kita.

Nah, itu pembelajaran dan pesan yang menjadi peringatan bagi ku dan pak suami. Masih banyak tugas dan PR yang harus dilaksanakan dalam membersamai duo fajar junior. Terima kasih atas ilmu bermanfaat ini.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Alirarasa #Tantangan10hari #Gamelevel11 #InstitutIbuProfesional #Kuliahbundasayang #learningbyteaching

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: