keluarga multimedia
Bunda Sayang

[Level 12] Join Meeting dengan ZOOM #D3

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hari ketiga menikmati “liburan” di rumah karena hashtag #dirumahaja yang sedang disebarkan oleh pemerintah terkait penyebaran virus Corona yang semakin besar di Indonesia. Beruntungnya gak pernah bisa mati gaya, kenapa? Karena ada tugas kuliah, ada proposal, ada penugasan dari kantor dan ada tugas dari kelas Bunda Sayang IIP. Well, di hari ketiga ini, aku akan mengulas tentang ZOOM. Aku mengenal aplikasi ini tahun lalu ketika menjadi panitia pendamping pada pelatihan yang dilakukan dari lembaga nasional pengadaan barang dan jasa pemerintah. Aplikasi ini akhirnya digunakan juga di masa karantina virus Corona saat ini agar kami yang bekerja dari rumah ini tetap dapat melakukan koordinasi kerja jarak jauh. Koordinasi bisa dilaksanakan melalui Whatshapp namun untuk kondisi tertentu mungkin diperlukan untuk dapat saling bertatap muka.

*** ZOOM ***
zoom

ZOOM ini apabila kita cari di playstore HP kita akan muncul nama lengkapnya yaitu ZOOM Cloud Meeting .

#Apa itu ZOOM?

Aplikasi ini digunakan untuk video conference atau virtual meeting. Selama himbauan kerja dari rumah saat ini, aplikasi ini banyak dipilih untuk melakukan virtual meeting bagi sebagian perkantoran. Seperti halnya di kantorku juga menggunakan ini apabila diperlukan koordinasi dengan kepala UPT. Eh,di kelas Bunda Sayang juga kita dikenalkan ini pada hari pertama pertemuan di Level 12 ini. Aplikasi ini dapat kita instal di smartphone Android ataupun iPhone kita ataupun di PC kita. Tinggal gimana dan dimana kita merasa nyaman saja.

Zoom banyak dipilih dikarenakan penggunaan bandwithnya kecil dan tidak menghabiskan memori (kata penulis review produk dari kumparan.com). Aku siy gak begitu paham juga ya, hanya membaca karena memang belum mengenal terlalu dekat dengan aplikasi ini dan jarang menggunakannya juga. Namun kemarin sempat mencoba di kelas Bunda Sayang dan tahun lalu di pelatihan siy nyaman-nyaman saja dan tidak mendapatkan kesulitan. Kita dapat melihat wajah partner meeting kita serta dapat mendengar suaranya juga. Multimedia banget kan? Ada gambar dan ada suara.

#Bagaimana menggunakan aplikasi ZOOM?
zoom

Zoom ini dapat diinstal di PC ataupun HP. Kalo di PC kita tinggal klik http://zoom.us/ sedangkan untuk HP tinggal lari aja ke playstore ketik Zoom Cloud Meeting. Harus sign up dulu, dapat menggunakan akun email maupun facebook. Udah deh ikuti saja petunjuknya. Nah, kita dapat menjadi host meetingnya loh kalo kita ingin mengadakan meeting. Di bagian setting profile akan muncul ID Meeting yang harus kita bagi ke teman-teman kita yang akan diajak bergabung dalam meeting online kita. Namun apabila kita hanya ingin menjadi anggota saja, ya cukup nunggu undangan dari host meeting untuk membagikan ID Meeting agar kita bisa bergabung.

Aplikasi Zoom ini memiliki fitur yang terdiri dari Schedule Meeting (mengijinkan host untuk membuat jadwal meeting), Join Meeting (kita dapat gunakan untuk bergabung meeting dengan kawan kita yang lain atau ke host yang mengundang meeting) dan yang terakhir adalah Host Meeting (apabila kita ingin mengadakan meeting). Nah, sejauh ini siy aku baru pada tahap bergabung meeting hehehehe. Nanti lah kita gunakan pada saat arisan kompleks agar tidak tatap muka (tapi ibu-ibu kompleks pada paham dengan aplikasi ini ya? hehehehe). Tapi rasanya gak salah kan untuk mencobanya, bukan begitu kawan?

#keluargamultimedia #kuliahbundasayangIIP #tantangan10hari #institutibuprofesional #gamelevel12 #day3

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: