keluarga multimedia
Bunda Sayang

[Level 12] Mengaji menjadi lancar karena Qur’an tetap ada di smartphone ku #D6

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah, hari ke 6 tantangan dan hari ini adalah tanggal merah. Ternyata mulai banyak yang lupa kalo hari ini tanggal merah karena terbukti ada temanku yang mengisi daftar hadir online di kantor (hahahahaha). Ya gimana gak lupa ya, kerja dari rumah, sudah susah membedakan kapan masuk kerja, kapan libur kerja. Tapi aku ingatnya karena hari ini tidak rame di grup sekolah anak-anak karena liburan (horayyyy). Itu artinya libur juga dalam mengumpulkan dan melaporkan tugas-tugas sekolah mereka. Tapi apakah aku libur juga? Noooo, aku justru sedang berjibaku dengan revisi presentasi proposal karena aku ingin bisa asistensi minggu ini. Well, hari ini aku akan sharing salah satu aplikasi yang hampir setiap hari aku pakai dari smartphoneku. Aplikasi ini membantu kami sekeluarga menjadi dekat dengan Al Qur’an. Apakah itu? Sebentar, sabar ya, diupload dulu hehehehe.

*** Qur’an for Android dan Qur’an Tajwid Indonesia ***
qur'an

Pak Suami menginstal 2 aplikasi ini di smartphone aku dan kakak. Ada Qur’an for Android dan Qur’an Tajwid Indonesia. Mengapa harus 2 ya? Nah, ini aku baru tahu ketika guru ngaji di kompleks ku menjelaskan bahwa ada perbedaan pada 2 jenis aplikasi ini. Bagi yang belum paham tajwid dengan baik, sangat dianjurkan tidak menggunakan qur’an khat madinah/qur’an for android. Qur’an khat madinah ini sekilas nampak sama dengan qur’an tajwid Indonesia, namun tata cara peletakan tanda bacanya berbeda. Misalnya tanwin ada yang sejajar ada yang tidak sejajar, cara bacanya sudah beda. Jadi kita harus paham benar aturan tajwid dahulu baru membaca dengan qur’an for Android ini.

Bagaimana bentuk kedua aplikasi qur’an ini?
qur'an

Tampilan halaman ada nama surat, daftar juz dan bookmark. Hal ini sama untuk kedua aplikasi ini. Letak halaman untuk masing-masing surat juga sama. Jadi kalo digunakan untuk saling hanca dan menyimak tidak akan mengalami masalah atau kendala. Kalo aku lebih familiar dengan qur’an for Android/khat madinah ini karena di pembelajaran ummi aku dah lulus ummi 3. Setelah lulus ummi 3, maka boleh masuk ke Al Qur’an dan dianjurkan untuk latihan menggunakan Qur’an khat Madinah. Kata guru ngajiku, agar bisa dilihat, aku sudah paham dengan benar belum tentang tajwid.

Apa saja yang dapat dilakukan dengan kedua aplikasi ini selain untuk bertilawah?
qur'an

Gambar di atas sebelah kiri adalah qur’an for android/khat madinah, sedangkan yang sebelah kanan adalah qur’an tajwid Indonesia. Qur’an tajwid Indonesia terdapat bantuan warna-warna untuk membedakan idghom dan ikhfa. Jadi kita lebih mudah membacanya. Nah, ini digunakan oleh kakak, karena dia masih belajar tajwid. Kedua aplikasi ini juga bisa dipakai untuk murothal karena ada audionya. Untuk qur’an for Android terdapat banyak pilihan syeh nya. Jadi kalo mau dipakai murothal kita bisa memilih ingin mendengarkan alunan bacaan dari syeh siapa. Nah, aku siy paling sering mendengarkan alunan bacaan dari syeh Mishary Al-Afasy.

Nah, dengan adanya kedua aplikasi ini, kita tidak bisa memiliki alasan untuk tidak mengaji. Smartphone kita memiliki banyak manfaat salah satu tetap bisa membawa kita untuk selalu mendekat pada Al Qur’an dimanapun dan kapanpun. Jadi lebih simpel juga ketika kita melakukan perjalanan, karena gak perlu tidak membawa mushaf Al Qur’an (tetap tidak ada alasan untuk tidak mengaji ya).

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#keluargamultimedia #kuliahbundasayangIIP #tantangan10hari #institutibuprofesional #gamelevel12 #day6

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: