keluarga multimedia
Bunda Sayang

[Level 12] Menyimpan Data di Google Drive #D2

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hai, bertemu aku lagi di hari kedua tantangan Keluarga Multimedia kali ini. Yach, siaga CORONA masih menjadi prioritas saat ini. Jumlah pasien setiap harinya bertambah. Semoga kondisi ini segera berlalu dengan baik dan masyarakat kembali hidup tenang dan nyaman. Well, kembali ke cerita tentang multimedia. Hari ini aku akan mengulas tentang salah satu aplikasi yang mulai kuakrabi saat ini. Apakah itu? Tidak lain, tidak bulan yaitu Google Drive.

****Google Drive****
google drive
#Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah salah satu keluarga dari genk Google. Sapa siy yang kenal Google? Ada lah pastinya, bisa mamak-mamak penjual sayur di pasar, nenek-nenek yang momong cucunya dan anak TK yang asyik main di pasir bisa saja tak mengenal Google. Tapi bagi mahasiswa, pekerja dan anak sekolah tingkat atas rasanya kok aneh kalo tak mengenal Google. Aplikasi pencarian raksasa yang sangat mendunia ini yang selalu menjadi andalan untuk bertanya. Istilah “tanya aja ke Mbah Google” sangat sering aku dengar ketika kita bingung terkait kosa kata atau informasi yang kita gak tahu.

Setelah mengenal Google, kita pasti akan berinteraksi dengan Gmail atau Google Mail. Gmail ini adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirim informasi kepada kawan kita. Ya, kalo dulu ketika kita kecil bersurat dengan mengandalkan pak pos yang mengantarkan surat cinta kita (ahiiiiirr). Nah, melalui Gmail ini kita tinggal unggah, trus klik “SEND” nyampe deh ke kawan kita dimanapun dia berada. Selama dia memiliki email juga dan terkoneksi dengan internet, pasti dia akan bisa langsung membaca kabar baik dari kita.

Setelah Google, kemudian Gmail, maka selanjutnya adalah kita ngobrol tentang Google Drive. Google Drive ini adalah aplikasi penyimpanan file, gambar, rekaman, video yang disediakan oleh Google. Bagi pemilik akun Google yang artinya memiliki akun email di Gmail dapat langsung menggunakan Google Drive sebesar 15GB dengan gratis. Apabila kita membutuhkan kapasitas yang lebih besar, maka kita dapat meng-upgrade dengan tambahan biaya.

#Bagaimana cara menggunakan Google Drive?
Google Drive

Apabila kalian sudah memiliki akun email di Gmail, maka dapat menuju ke ikon kotak-kotak kecil sebanyak 9 buah di ujung atas sebelah kanan tampilan Gmail kamu. Klik bagian ikon itu nanti akan muncul ikon Google Drive (GDrive). Di dalam GDrive ini akan kita lihat banyak fitur. Kita dapat membuat file langsung di aplikasi tersebut dengan GDoc (PPT, Word, atau Excel). Selain itu kita juga dapat mengunggah file yang sudah kita buat sebelumnya. Kita dapat merapikan data file kita dalam folder-folder agar kita tidak bingung. Sederhana dan terjamin keamanannya serta dapat kita buka dimanapun kita berada. GDrive ini juga dapat kita buka melalui HP kita, jadi tidak harus menggunakan PC atau Laptop.

#Apa saja yang dapat kita lakukan dengan Google Drive?

Banyak. hehehehe. Tapi sampai saat ini yang aku lakukan dengan Google Drive adalah menyimpan file dan membuat form kuesioner untuk mengumpulkan data. Sejak kuliah dan mengikuti kuliah Bunda Sayang IIP, aku semakin familiar dengan GDrive ini. Sejauh ini, aku masih bisa memanfaatkan kapasitas gratisan yang 15GB. Mungkin ketika nanti sudah menjadi profesional dalam kerja, aku membutuhkan yang lebih besar (mimpi dulu lah hehehehe).

Alhamdulillah, Waalaykumussalam.

#keluargamultimedia #kuliahbundasayangIIP #tantangan10hari #institutibuprofesional #gamelevel12 #day2

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: