keluarga multimedia
Bunda Sayang

[Level 12] TeamViewer untuk Media Komunikasi Jarak Jauh #D1

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Wabah akibat penyebaran virus Corona di dunia dinilai semakin membahayakan. Penyebarannya mengkhawatirkan bagi masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya serta WHO sebagai lembaga international dalam bidang kesehatan. Sejak tanggal 16 Maret 2020 lalu hingga 31 Maret 2020 nanti, Indonesia sudah mengumumkan program #14haridirumahsaja. Tujuannya adalah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ini. Anak-anak bersekolah dari rumah, begitupun dengan para pegawai dan karyawan bekerja dari rumah. Semua komunikasi pembelajaran dan pekerjaan dilakukan secara jarak jauh. Nah, pas banget niy dengan tema Level 12 Bunda Sayang kali ini yaitu tentang Keluarga Multimedia. Satu per satu, aku akan mengulas tentang aplikasi multimedia yang kami gunakan dalam keluarga kami.

*****TeamViewer*****
teamviewer
tampilan di layar PC atau laptop kita
#Apa siy TeamViewer itu?

TeamViewer adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh. Sistemnya adalah menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain menggunakan akses internet pada kedua komputer tersebut. Aku sebenarnya sudah mengenal ini lama, namun baru terasa akrab ketika teman-teman di kantor meributkannya 2 hari lalu karena kantorku melaksanakan WFH (Work From Home). Pak Suami selalu menggunakan ini ketika aku mengalami masalah dengan laptopku dan posisi pak suami sedang tidak di rumah. Beliau akan memperbaikinya dari lokasi beliau berada.

#Bagaimana cara pemakaiannya?
  1. Kedua komputer harus tersambung dengan jaringan internet
  2. Setelah itu, buka website TeamViewer untuk mengunduh aplikasinya di www.teamviewer.com/en/
  3. Komputer dua-duanya melakukan instal aplikasi tersebut
  4. Akan muncul nomor kode akses, nomor ini diinput di kedua komputer
  5. Nah, udah deh kedua komputer tersebut tersambung
#Kegunaannya untuk apa?

TeamViewer memungkinkan kita untuk melakukan tranfer file antar 2 komputer tersebut, melakukan chating dan bisa juga melakukan video call. Yang pernah aku lakukan siy baru melakukan tranfer file saja. Ya intinya aplikasi ini digunakan untuk me-remote pekerjaan dari jarak jauh. Misal dipakai untuk membuka komputer di kantor dan menyelesaikan pekerjaannya dari rumah.

#Adakah kelebihannya?

Kelebihannya ya membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan kita dari jarak jauh. Selama komputer kantor menyala dan jaringan internet berjalan baik maka kita dapat bekerja dari rumah seolah-olah sedang berada di kantor. Karena tampilan di layar komputer kita di rumah sama persis dengan layar komputer kita yang ada di kantor. Jadi orang tidak perlu ke kantor atau keluar rumah namun pekerjaan bisa tetap diselesaikan.

#Punya kekurangan tidak kah?

Pastinya ada donk. Namanya juga buatan manusia, pasti gak ada yang sempurna. Kekurangan TeamViewer ini menurut teman-teman kantor aku kemarin niy yaitu harus memiliki kuota internet yang besar karena kan memang butuh internet untuk bisa nyambung dengan komputer kantor. Kemudian kalo lampu mati atau gak ada yang menyalakan komputer kantor ya sudah gak ada yang bisa dikerjakan lah. Karena salah satu komputer mati maka gak akan bisa tersambung hubungannya.

Aplikasi TeamViewer ini menurut aku bisa membantu kami para pekerja untuk meningkatkan produktivitas kerja walaupun harus bekerja dari rumah. Beruntung selama WFH ini ada penugasan piket dari kantor sehingga kita dapat meminta bantuan kawan kita yang sedang piket untuk menyalakan komputer kantor kita. Hayuklah, walaupun WFH kita harus tetap semangat selalu dalam bekerja ya. Tak ada kamus “Bete gue di rumah terus”. Justru aku siy senang-senang aja pastinya selama jaringan internet lancar jaya, bukan begitu gaes? hehehehe.

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

#keluargamultimedia #kuliahbundasayangIIP #tantangan10hari #institutibuprofesional #gamelevel12 #day1

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: