promo belanja online
BPN30DayRamadhan2019

Memakai Konsep Kacamata Kuda ketika Menghadapi Promo Belanja Online

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hayoooo..sapa disini yang sudah luluh lantak hatinya ketika mendengar info HARBOLNAS? Alhamdulillah, aku bukan salah satu penikmat bahkan penanti HARBOLNAS. Apa siy HARBOLNAS itu? Harbolnas adalah Hari Belanja Online Nasional. Yup, menuju industri 4.0, sekarang teknologi menjadi sarana pemercepat pergerakan belanja. Kita tinggal duduk manis di rumah, barang sudah ada di tangan.

Promo belaja online
sumber gambar: google.com

Aku selalu ketinggalan bahkan tidak tahu kapan pelaksanaan harbolnas ini. Tahu-tahu kawan kerja sudah pegang belanjaan dengan harga yang setengah dari harga normal. Biasanya di akhir tahun atau pertengahan tahun dilaksanakan harbolnas. Semua toko online akan gencar berebutan memberikan diskon besar-besaran. Harga dapat turun hingga 50%. Trus bagaimana kita mensikapinya?

Pakai kacamata kuda

Emang kita kuda? Bukanlah, kita adalah bidadari cantik yang turun dari kayangan (halah, makin parah) hehehehe. Trus kenapa kita harus memakai kacamata kuda? Pernah lihat kacamata kuda belum? Kuda itu pakai kacamata tapi gak di depan, kuda pakainya di samping. Maksudnya biar jalannya lurus terus, dia akan belok kalo dikendalikan pak kusir untuk belok. Trus apa hubungannya dengan promo belanja online. Ya, mari kita hubungkan saja – hehehehe.

Kita harus tetap fokus pada kebutuhan. Apabila butuhnya lap pel, tapi belinya kulkas hanya dikarenakan harga kulkas diskon 50% selama libur lebaran. Tetap aja kan harganya jauh lebih mahal dibanding lap pel (ya iyalah, kecuali kita mo beli lap pel sepabrik buat warga sekampung). Jadi, kita harus tetap belanja sesuai kebutuhan, jangan termakan oleh janji-janji promo belanja online. Walo sesekali siy boleh saja, apabila memang nilainya memiliki perbedaan yang signifikan.

Harus hati-hati

Nah, ini juga penting. Barang atau jasa yang diiklankan dalam promo belanja online harus kita pelajari baik-baik. Jangan sampai kita tertipu. Misal: promo belanja online dari olshop W, menjual produk almari 2 pintu dari bahan kayu jati asli harga Rp. 1 juta. Kita sudah tertarik, sudah transfer, eh gak tahunya ternyata kita harus mengambil sendiri ke Jepara sana. Puyeng kan urusannya hehehehe.

Untuk itulah kita harus berhati-hati dan cermat. Jangan sampai niatnya ingin efektif dan efisien, tapi akhirnya justru jadi boros.

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan”

Qs. AL Isra ayat 26-27

Yuk ah, jangan terlalu terbuai dengan promo belanja online. Belanjalah sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Day6 #BPNetwork #BPNChallengeRamadhan2019 #BPNChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: