dongeng
Bunda Sayang

Membangun Karakter Anak melalui Dongeng #L10 #D1

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

28 Januari 2020

Hai, selamat datang Level 10 Bunsay IIP. Setelah beberapa hari berkutat dengan drama dalam episode kehidupanku, alhamdulillah semalam bisa memulai tantangan dari Bunsay. Semoga bisa lancar sampai akhir periode tantangan ini.

Mendongeng atau membaca?

Well, kalo mendongeng mungkin memang aku bukan ahlinya, namun aku terbiasa membaca. Di rumah banyak buku cerita, namun aku tidak konsisten membacakannya kepada anak-anak (Hai, esmeralda, nampak sibuk sekali hidupmu!). Hiks, bukan sibuk namun kurang bisa membagi prioritasnya. Teringat bulan lalu, Adek mendapatkan buku dari salah satu kawan di kelasnya. Judulnya sangat bagus yaitu “Birrul Walidain”

“Adek, mau ibu ceritakan buku ini gak?” tanyaku pada Adek. “Mauuuuuu, tapi aku sambil bawa mainan ya bu,” jawab Adek. “Ok, siap,” sahutku. Akhirnya kami menuju kamar dan duduk di atas kasur. Adek sambil sibuk bermain dengan mobil-mobilannya. Aku mulai membacakan cerita tersebut namun dengan bahasa yang aku susun sendiri dengan tambahan ekspresi. Cerita yang aku bacakan tentang “Kewajiban Birrul Walidain” yang mengisahkan tentang bakti seorang anak pada kedua orang tuanya. Adek mendengarkan sambil sesekali tersenyum melihat ekspresiku.

Aku mencoba mengajak berinteraksi dengan bertanya pada Adek. “Nah Dek, jadi kita harus berbakti dan berbuat baik kepada siapa tadi?,” tanyaku. “Sama ibu dan ayah,” jawab Adek sambil tetap bermain. Trus dia berhenti bermain dan ngomong kepadaku,”Ibuuuu, nanti kalo disuruh ama ibu, aku diam dulu.” Aku bengong,”Loh kok diam,” tanyaku. “Iyaaaaaa kan diam dulu, trus berdiri trus jalan,” jawab Adek. “Hmmm, baiklah,” jawabku sambil nyengir.

“Kalo ibu minta Adek sholat, adek harus apa dong?,” tanyaku. “Daanish diam dulu, trus baru wudhu,” jawab Adek. “Nah, kalo disuruh ibu gak boleh marah-marah lagi dong, kan habis diam trus berdiri dan jalan menuju kamar mandi untuk wudhu, trus sholat,” kataku. Adek pun tersenyum. Semoga cerita sepenggal tentang berbuat baik dan berbakti kepada orang tua ini masuk dalam hati dan pikiran Adek. Aamiin.

Dongeng
Hari pertama membaca

Sepenggal kisah untuk membangkitkan imajinasi anak

Agak bingung juga dalam memilih tema cerita. Akhirnya pilihan jatuh pada tema cerita tentang karakter. Hari pertama ini bercerita tentang karakter “berbuat baik kepada orang tua”.

Alhamdulilah, Wassalamu’alaykum.

#Tantangan10hari #Level10 #KuliahBunsayIIP #GrabYourImagination #Day1

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: