dongeng
Bunda Sayang

Membangun Karakter Anak melalui Dongeng #L10 #D2

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

29 Januari 2020

Bercerita bersama Adek di hari kedua ini tentang “SABAR”. Aku masih berbekal buku cerita untuk mendongeng ke Adek. Bukunya pun masih buku yang sama, namun aku memang sengaja membacanya tidak urut sesuai daftar isi. Aku sengaja mencari bahan yang ada unsur pesan berkaitan dengan perbaikan karakter. Hmmm, mendongeng itu tak mudah, masih berkonsep bercerita dari membaca namun dengan tambahan ekspresi saja – hehehehe.

Memulai bercerita di hari kedua

dongeng
tentang sabar

“Dek, kita bercerita lagi yuk,” ajak aku ke Adek yang sedang memainkan legonya di ruang keluarga. “Oh iya, aku lupa, bentar ibuuuuu, aku mau main satu lagi ya,” jawab Adek. “Ok, siap,” sahut aku.

Ceritakupun di mulai, kali ini berjudul “Sabarnya Abu Hurairah”. Dalam cerita ini dikisahkan Abu Hurairah yang mendatangi Rasulullah menceritakan tentang Ibunya yang belum mau memeluk Agama Islam. Rasulullah menasehati Abu Hurairah untuk bersabar dan tetap berbuat baik kepada ibunya. Abu Hurairahpun mengikuti nasehat dari Rasulullah.

Aku menceritakan alur dalam cerita dari buku dengan tambahan ekspresi. Sesekali kucuri pandang ke Adek dan nampak Adek mengamati dengan saksama. Sempat datang Kakak dan menginterupsi ceritaku. “Oooo, aku dah pernah niy baca cerita ini,” sahut Kakak. “Ih kak Iyaaaaa, jangan ganggu,” protes Adek. “Iya ih kakak, kalo dah pernah diam dulu dong, dengerin lagi,” protes aku (hehehehe). Akhirnya kami bertiga mulai melanjutkan lagi ceritanya.

Hingga pada suatu waktu, ketika Abu Hurairah sampai di rumah ibunya mendapati ibunya berpakaian rapi. “Ibu akan kemana?” tanya Abu Hurairah pada ibunya. “Aku mau mengucapkan 2 kalimat syahadat,” jawab Ibunya. Subhanallah, buah dari kesabaran dan doa yang kita panjatkan pada akhirnya menghadirkan kebahagiaan.

“Nah, mulai sekarang kita harus belajar sabar, gak boleh marah-marah dan teriak-teriak lagi, agar Allah SWT tak marah sama kita,” kataku. “Iya, waktu itu ibu suka marah-marah,” komentar Adek. (Ibunya langsung nyungsep, kena deh gue-hehehehe).

Buah dari kesabaran adalah kebahagiaan

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum

#Tantangan10hari #Level10 #KuliahBunsayIIP #GrabYourImagination #Day2

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: