dongeng
Bunda Sayang

Membangun Karakter Anak melalui Dongeng #L10 #D3

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

30 Januari 2020

Cerita hari ketiga ini masih dari sumber buku cerita yang sama (aku sedang mencari stok buku cerita yang lain, namun belum menemukannya, padahal stok buku di rumah banyak loh – hehehehe). Cerita yang akan ditampilkan di depan Adek kali ini berjudul “Mengutamakan Ibu”. Adek manggut-manggut siap duduk di samping ibu.

Siap memulai cerita

Dalam cerita ini dikisahkan tentang Ali bin Husain bin Ali bin Abi Thalib dan ibunya. Ali selalu mengutamakan ibunya dalam segala hal. Suatu hari pernah ada sahabatnya yang bertanya kepada Ali, “Ali, kenapa kamu tak selalu nampak makan bersama ibu kamu?”. Ali menjawab,”Aku ingin ibu ku mengambil makanan terlebih dahulu.”.

“Nah Dek, kita sebagai anak harus mengutamakan orang tua kita terutama ibu. Kita yang lebih muda harus mendahulukan yang lebih tua dari kita apabila sedang berbaris,” kataku mengambil hikmah dari cerita tentang Ali dan Ibunya. Kuperhatikan Adek manggut-manggut, namun kulihat dari sorot matanya, dia sedang mencerna apa yang aku barusan sampaikan.

Hmmmm, aku sebenarnya agak bingung juga menyusun kalimat agar mampu masuk ke Adek. Aku baru mampu menyederhanakan kalimat yang berparagraf-paragraf menjadi satu kalimat efektif agar bisa dipahami Adek. Mendongeng atau membaca dan menceritakan kembali ke anak-anak ini berbeda dengan membaca jurnal (lah iyalah – hehehehe).

dongeng
Ingin melihat gambar dari buku

Setelah satu penggalan cerita kubacakan, biasanya aku ngajak ngobrol Adek. “Adek, kalo kita sedang makan bersama, ada lauknya ayam dan tahu. Ayamnya hanya satu. Adek akan memberikan ayam itu ke Ibu gak?,” tanyaku sambil senyum. “Gak mau, aku kan mau makan pakai ayam,” jawab dia tegas. “Loh, kan barusan dari cerita, bersikap baik kepada orang tua dengan mendahulukan ibunya,” pancing aku. “Gak mauuuuuu, aku kan mau makan pakai ayam,” protes Adek. Hehehehe, ternyata belum paham (baiklah, kita coba lagi ya nanti. Adek dah mendengar ceritanya dulu).

Bercerita dengan susunan kalimat yang lebih sederhana

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Tantangan10hari #Level10 #KuliahBunsayIIP #GrabYourImagination #Day3

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: