dongeng
Bunda Sayang

Membangun Karakter Anak melalui Dongeng #L10 #D5

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

02 Februari 2020

Hari ini sebenarnya kami masih sama-sama merasakan lelah nian. Ya seminggu kemarin pikiranku terkuras untuk memikirkan berbagai hal di beberapa kuadran, sedangkan liburan akhir pekan ini baik adek maupun aku harus ke Jakarta karena adek mengikuti lomba mewakili sekolah. Yup, tapi apapun itu, tantangan adalah tantangan yang harus diselesaikan bukan?

Berganti cerita dengan berganti buku cerita

Hari ini aku mencoba berganti buku cerita, tapi masih memilih cerita tentang bersikap baik kepada orang tua. Temanya masih seputar ibu. Judul cerita yang aku bacakan adalah “Aku mengerti kenapa ibu cerewet?”.

Sore tadi aku ajak Adek duduk bersamaku. “Dek, yuk kita bercerita,” ajakku. “Bentar, satu lagi ya aku nonton dulu,”jawab Adek. Ya, setiap sabtu-minggu adalah waktu dia berinteraksi dengan youtube dan seperti biasa dia akan asyik menonton kereta kesukaannya yaitu kereta-kereta dari PT. KAI.

“Dek, kita ganti pakai buku ini ya,” aku berkata sambil menunjukan buku itu ke adek. Dia nampak kurang antusias namun dia tetap rebahan di pangkuanku. Aku mulai bercerita tentang Guntur dan Halilintar yang akan berpetualang ke luar angkasa. Ibunya sangat cerewet memberikan pesan ini itu kepada keduanya. Guntur awalnya menurut namun rasa penasaran membuatnya ingin menjelajah keluar dari pesan yang diberikan oleh Ibunya. Halilintar mengingatkan untuk tidak melanggar pesan ibunya, namun Guntur tidak mempedulikannya. Dan yang terjadi kemudian adalah keduanya tersesat jauh. Namun ternyata mereka masih di mesin simulasi sehingga aman. Guntur yang awalnya panik berubah menjadi bahagia, ternyata itu bukan kejadian yang sebenarnya, itu hanya bayangan kejadian dari mesin simulasi.

Walaupun demikian, Guntur berjanji tidak akan melakukan pelanggaran lagi. Dia berjanji akan patuh dengan pesan ibunya. Dia tak berani membayangkan apabila dia benar-benar tersesat seperti dalam mesin simulasi tadi.

Adek nampak diam memperhatikan apa yang aku ceritakan kembali dari bacaan itu. Tiba-tiba dia berdiri dan berkata,” Aku gak mau cerita pakai buku itu, aku mau cerita pakai buku yang kemarin aja.”. Duh, ini kok gak nyambung ya protesnya? (pikir aku). Hmmmm, jangan-jangan dia belum fokus dengan cerita yang barusan aku bacakan. (baiklah, rupanya membacakan dan bercerita juga harus memperhatikan mood anak ya – hehehehe).

dongeng
ceritanya dah ganti buku cerita

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Tantangan10hari #Level10 #KuliahBunsayIIP #GrabYourImagination #Day5

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: