Gaya Belajar
Bunda Sayang

Mengamati Gaya Belajar Adek – Bunsay #L4 #Day10

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Yihaaaa, hari ini adalah hari ke-10 tantangan. Tapi seperti biasa, aku akan menceritakan kegiatan aku belajar bersama Adek semalam. Maklum, ibu bekerja di ranah publik dan domestik. Pemanfaatan waktu yang paling efektif ya sore/malam hari sepulang aku dari kantor. Pembiasaan untuk segera move on pikiran dari urusan kantor ke membersamai anak adalah salah satu perjuangan luar biasa buatku yang LDM ini. Semua pikiran terbagi untuk beberapa kondisi. Jadi keidean buat nulis cerita tentang kisah LDM aku dan pak suami. Okeh, skip dulu, ntar makin ngelantur kemana-mana.

Makin mengerti tentang Gaya Belajar

Yup, di level ini aku mulai paham tentang gaya belajar anak. Di pertemuan parenting di sekolah Adek pagi ini juga disampaikan tentang 3 gaya belajar anak yaitu Visual, Auditori dan Kinestetik. Untuk anak seusia Adek yaitu 5 tahun, ketika gaya belajar ini masih semuanya muncul. Dengan bertambahnya usia, gaya belajar yang dominan akan semakin nampak. Selama 10 hari pengamatan, gaya belajar yang paling mudah nampak di Adek adalah Visual dan Kinestetik. Auditori masih jarang nampak kecuali untuk kegiatan yang memang fokus utamanya pada pendengaran. Okeh, kita akan perpanjang lagi ya Dek pengamatannya, kita akan teruskan sampai akhir. Semangat!

Kegiatan bersama Adek

Semalam, kami membongkar lagi media belajar tentang angka dari box mainan. Adek suka sekali bermain dan belajar dengan media ini. Angka dan emoticonnya berwarna terang sehingga hal ini sangat menarik perhatiannya. Media ini terbuat dari kayu, jadi aman buat Adek. Ada 4 jenis bentuk yaitu papan yang ada angka, papan yang hanya berupa gambar-gambar, angka-angka dan berbagai ekspresi smiley. Media ini bisa untuk pembelajaran mengenal angka, belajar penjumlahan dan pengurangan serta belajar pembagian dan perkalian.

Ibu, kita main ini lagi yuk,”pinta Adek. “Okeh, kita sholat maghrib dulu ya,”jawab aku. Setelah sholat maghrib, kami berkumpul di ruang keluarga dan mulai bermain angka. Adek nampak senang, dia menghitung jumlah gambar pada papan agar sesuai dengan tulisan angka yang ada di sebelahnya. Mata dia nampak berbinar karena media ini penuh warna.

Catatan Pembelajaran hari ke 10

Masih tetap Visual yang berperan dalam pembelajaran Adek, tak apa, dari Visual akan bisa membantu perkembangan yang lain. Nah, besok kita coba belajar menulis ya Dek.

Belajar itu memerlukan media yang sesuai. Lalu media yang sesuai diperoleh dari mana? Dari pemahaman tentang gaya belajar yang tepat

novya.id

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

  • #Hari10
  • #Tantangan10hari
  • #GameLevel4
  • #GayaBelajarAnak
  • #KuliahBundaSayangIIP
  • @Institut.Ibu.Profesional

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: