Estrilook Community

Mengapa kita harus memperbanyak Istighfar?

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, aku ingin berbagi tentang ilmu yang aku dapat dari kajian keputrian di kantor aku. Yup, kami rutin mengadakan kajian keputrian yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Anggap saja, ini adalah cara aku memindahkan catatan ilmu yang sudah aku peroleh. Kajian yang akan aku catat dan bagi saat ini adalah tentang “Jangan terlalu banyak mikir, namun perbanyak beristighfar”.

Istighfar adalah cara kita mengundang Allah SWT dalam masalah yang kita hadapi. Ingat pesan Pak Suami, “Selalu libatkan Allah SWT dalam setiap keputusan hidup yang kita ambil, InsyaAllah akan mendapatkan pertolongan dalam kemudahan dan kesabaran.” Istighfar juga merupakan olahraga hati. Pernah gak kalian membuktikannya? Kalau aku pernah. Ketika hati aku sedang kalut, galau dan sedih, aku diingatkan untuk istighfar dan setelah melakukannya, aku merasakan hati ku menjadi lebih lapang dan ringan. Hal ini membuat aku menjadi lebih mudah dalam mencari jalan keluar. Coba deh kalian praktekan!

Murrabi aku mengingatkan kepada kami untuk mengikuti kajian Ust Adi Hidayat (UAH) tentang Istighfar, dan aku sudah coba mengikutinya dan ada 6 kemuliaan urusan dunia yang dapat kita peroleh dari amalan Istighfar. Hanya untuk urusan dunia saja kah? Tentu saja tidak, urusan akhirat pun akan kita dapat apabila kita melaksanakannya dengan ikhlas dan baik. Ketika kita melafazkan dzikir maka kita akan ingat kepada Allah SWT dan dekat dengan Allah SWT.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun” (QS Nuh, Ayat 10)

6 kemuliaan dunia yang akan kita dapat adalah sebagai berikut:

#1. Allah SWT akan menurunkan sifat Ghofar. Ghofar memiliki arti pemberi ampun. Salah satu sifat Allah SWT pada asmaul husna yaitu Al Ghaffar yaitu Allah SWT Yang Maha Pengampun. Ketika kita dapat melakukan istighfar dengan baik dan ikhlas, insyaAllah akan memberikan ampunan atas dosa dan kekhilafan kita. Pertanyaan selanjutnya adalah Apakah istighfar yang sudah kita lafazkan selama ini sudah dengan sepenuh hati? Apabila belum, mari kita perbaiki istighfar kita agar Allah SWT berkenan memberikan ampunan kepada diri kita.

#2. Allah SWT akan menurunkan hujan yang lebat yang membawa berkah. UAH tidak menjelaskan dengan detil makna dari kalimat kedua ini, namun aku menangkapnya adalah ketika Allah SWT telah memberikan ampunan-Nya, maka hati kita disejukan dengan turunnya air hujan yang dapat menambah suasana di sekitar kita menjadi lebih syahdu dan tenang.

#3. Allah SWT akan melimpahkan harta benda. Pun untuk makna pada poin ketiga ini, aku menangkapnya adalah ketika kita sudah menyampaikan permohonan ampun dan ampunan kita sudah diterima maka Allah SWT memberikan kemudahan pada kita dalam menjemput rezeki sehingga kehidupan kita menjadi jauh lebih baik.

#4. Allah SWT akan melimpahkan keturunan. Nah, sapa hayo yang gak ingin meneruskan keturunan dalam berumah tangga? Yuk mari perbanyak istighfar agar Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita yang ingin mendapatkan keturunan.

#5. Allah SWT akan melimpahkan kebun-kebun yang indah (kenyamanan/kemapanan hidup). UAH menyampaikan, apalagi yang kita dapat kalau harta benda sudah ada, keturunan sudah punya, tahapan berikutnya adalah kenyamanan/kemapanan hidup. Namun tetap fokus beribadah kepada Allah SWT karena semua yang kita dapat adalah pemberian dari-Nya.

#6. Allah SWT akan memberikan kenikmatan hidup. Setelah kenyamanan dan kemapanan hidup kita dapat, pastinya puncaknya adalah kenikmatan hidup. Semakin nikmat hidup kita maka semakin banyak kita berbagi ke sekitar kita yang masih membutuhkan. Sapa tahu, ada bagian harta kita adalah milik saudara kita di sekitar sana sehingga harus kita kembalikan kepada mereka melalui sedekah, bukan begitu?

Itulah 6 kemuliaan urusan dunia yang akan kita peroleh dari amalan istighfar. Mari bersama-sama kita perbanyak amalan istighfar kita kawan. Lalu, bagaimana dengan urusan akhirat akibat istighfar? Mari kita tengok pada ayat Al Qur’an berikut ini:

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (QS. Al-Imran, Ayat 133)

Surga gaes yang akan kita dapat apabila kita melaksanakan amalan istighfar dengan baik. Sapa coba yang gak mau ke surga? Loe semua pasti mau kan. Jadi…gak usah kelamaan mikir gimana mendapatkan kemuliaan, perbanyak istighfar maka kemuliaan akan kita dapatkan.

#Day8 #EstrilookCommunity #ODOP

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

sumber: Estrilook Community

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

23 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: