Berkah Ramadhan
Indscript Writing Group

Meraih Berkah Ramadhan – day 1

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Bulan ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu kehadiran oleh umat muslim di seluruh dunia. Bukan dikarenakan setelah ramadhan, kemudian bulan syawal yang waktunya mudik ya? (ini mah aku – hehehehe). Pada bulan ramadhan terdapat banyak keberkahan yang kita raih. Salah satunya adalah waktu yang tepat untuk mulai memperbaiki diri menjadi pribadi muslim yang baik dari segi keimanan maupun sikap.

Selain bulan yang penuh berkah, bulan ramadhan juga merupakan bulan pengampunan. Kesempatan bagi kita untuk memperbanyak kebaikan dan menghindari maksiat. Limpahan pahala berlipat ganda pada bulan ini. Kita diharapkan dapat berubah menjadi pribadi muslim yang semakin taat dan bertakwa serta dapat membawa kebiasaan baik di bulan ramadhan pada bulan-bulan setelahnya bahkan sepanjang hidup kita.

Pintu surga dibuka lebar-lebar sedangkan pintu neraka ditutup rapat-rapat selama bulan ramadhan.

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu”

HR. BUKHARI dan MUSLIM

Berkah ramadhan dapat kita raih dengan menjalankan ibadah dengan baik.

#1. Puasa

Puasa ramadhan adalah hukumnya wajib bagi semua muslim di dunia ini dan menjadi sarana dalam mengendalikan hawa nafsu. Dalam sahur maupun berbuka puasa terdapat keberkahan yang dapat kita raih apabila kita ikhlas dalam menjalankan. Keberkahan dari makan sahur yang dapat kita peroleh adalah:

  • Memenuhi perintah Rasulullah SAW
  • Makan sahur merupakan syiar Islam yang membedakan dengan ajaran ahli kitab
  • Makan sahur akan membuat fisik kita menjadi lebih kuat selama menjalankan ibadah puasa
  • Makan sahur membuat kita mendapatkan shalawat dari Allah SWT dan doa dari para malaikat
  • Waktu makan sahur adalah waktu yang diberkahi. Salah satu waktu mustajab untuk berdoa

#2. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah sholat malam yang kita lakukan selama bulan ramadhan. Barang siapa yang menghidupkan malam dengan amalan sholat akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Yuk mari, kita melaksanakan sholat tarawih. Bagi laki-laki berjalanlah ke masjid, sedangkan bagi perempuan melakukannya di rumah karena bagi perempuan lebih aman dan berkah melaksanakan sholat di rumah.

#3. Tilawah Al Qur’an

Membaca Al Qur’an akan memberikan syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat nanti. Selama bulan ramadhan keberkahan dalam membaca Al Qur’an semakin besar. Sapa hayo yang tidak mau? Kalo aku siy langsung maju duluan dan berada di barisan terdepan untuk rajin tilawah Al Qur’an. Baik yang lancar maupun terbata-bata semuanya mendapatkan pahala. Yang membacanya masih terbata-bata akan mendapatkan 2 pahala yaitu pahala membaca dan pahala terbata-bata. Untuk menjaga konsistensi dalam melakukan tilawah Al Qur’an dapat kita lakukan dengan cara bergabung komunitas ODOJ (One Day One Juz), ODHJ (One Day Half Juz) dan ODOL (One Day One Lembar),

#4. Sedekah

Nah, ini amalan yang luar biasa baik, dimana orang yang sudah meninggalkan pun ingin kembali ke dunia hanya untuk melakukan sedekah. Di bulan ramadhan ini, berikanlah sedekah terbaik kita. Bersegeralah sedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Sedekah tidak harus dalam saat kita dalam kondisi lapang, justru pada saat kita sempit pun dianjurkan untuk memperbanyak sedekah.

#5. Menjaga amalan baik

Menjaga amalan baik adalah poin yang harus kita lakukan juga selama bulan ramadhan bahkan di luar bulan ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulan orientasi sikap kita untuk berubah menjadi baik, yang diharapkan kita dapat selalu mempertahankannya hingga di luar bulan ramadhan. Amalan baik yang dapat kita lakukan adalah melakukan amalan harian seperti dzikir pagi-petang, sholat dhuha, menolong orang lain.

Yuk mari, kita perbanyak ibadah dan amalan selama bulan ramadhan ini. Kita jadikan ramadhan ini sebagai ramadhan terbaik kita. Jadikan ibadah dan amalan kita selama bulan ramadhan ini tetap selalu menjadi kebiasaan kita di luar bulan ramadhan. Mematrikan semangat ibadah seolah kita tidak akan bertemu dengan ramadhan lagi di tahun depannya. Mematrikan keikhlasan dalam ibadah dan amalan untuk meraih keberkahan dari Allah SWT. Aamiin.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

Berkah Ramadhan

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: