Memutihkan Wajah
BPN30DayRamadhan2019

Merawat Wajah akibat Terpapar Matahari

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Gosong! Yup, ini adalah istilah yang aku gunakan ketika wajah kita berubah warna akibat terlalu lama terpapar sinar matahari. Wajahku tidak termasuk dalam kategori putih, warnanya lebih ke arah kuning langsat. Warna kulit orang jawa lah pokoknya. Sudah kuning langsat trus gosong, pastinya tambah pekat kan warna kulitku ini.

Emang ngapain yak harus bergosong-gosong ria di luaran? Gini ceritanya, aku pernah diajak tugas keluar kota oleh atasan kerjaku. Kami bertugas di pulau Sumatera tepatnya di Riau. Riau ini adalah sebuah kota yang sangat panas (menurut aku dan lebih panas dibanding di Solo). Riau terletak di pinggir laut dan banyak pertambangan juga. Hal inilah yang membuat Kota Riau terasa panas. Okeh, cukup membahas Kota Riau, kembali ke laptop lagi.

Selama 4 hari di lapangan, aku dan kawan-kawan harus berjemur di bawah terik matahari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Lokasi yang harus kami kunjungi adalah sebuah bangunan kampus pemerintahan. Kami harus melakukan pengukuran dan pengecekan komponen-komponen struktur, arsitektur dan mekanikal elektrikal pada hampir semua gedung yang ada disana. Walaupun sudah berteduh dan menggunakan pengaman kulit, ternyata serangan kegosongan pada wajah tetap tak bisa dihindari. Alhasil ku pulang ke rumah warna kulit yang eksotis.

Ramuan tradisional memutihkan kulit akibat gosong

Tapi jangan khawatir kawan, aku punya ramuan murah meriah mengembalikan kulitku yang gosong. Mau tahu aja atau mau tahu banget? hehehe. Pasti semua sudah tahu donk apa itu buah tomat. Iya, buah tomat yang masuk dalam kategori sayuran berwarna merah atau hijau. Rasanya manis dan segar. Selain dapat digunakan sebagai bahan masakan, buah tomat ini dapat diramu menjadi minuman. Buah tomat juga memiliki khasiat yang lain yaitu mendinginkan wajah dan memutihkan kulit akibat gosong.

Jadi, tugas si buah tomat ini tidak membuat kulitku yang sudah kuning langsat berubah menjadi putih ala bintang korea ya kawan. Tugas si buah tomat ini adalah mengembalikan kulitku dari gosong ke warna kuning langsat kembali. Aku rutin menggosokan buah tomat ke kulit aku setelah dibersihkan, rasanya segar sekali loh kawan. Kita biarkan saja semalaman. Alhamdulillah dalam 3 hari, warna gosongnya mulai memudar. Tak perlu lah aku klinik kecantikan, cukup dengan bahan yang ada di dapur saja (the power of ngirit).

Manfaat buah tomat, dapat dilihat di bawah ini:

  1. Membersihkan kulit
  2. Mengecilkan pori-pori
  3. Mengatasi jerawat
  4. Mengatasi kulit berminyak
  5. Menyembuhkan kulit terbakar
  6. Membuat kulit bersinar
  7. Mengatasi rambut gatal dan kering

Nah, sapa yang mau mencobanya. Ternyata di dapur kita ada bahan yang bisa kita manfaatkan bukan.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Day8 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019 #30HariMenebarKebaikan

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: