Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.
Sapa disini yang tidak suka dengan matematika? Alhamdulillah aku termasuk yang tidak. Aku suka dengan angka walaupun merasakan pusing dengan rumus-rumus matematika. Itulah yang membuat aku memilih jurusan Eksak, karena aku suka angka. Uang bukannya angka? Nah iya, makanya aku suka angka karena uang ada angkanya – apaan siy? hehehehe.
Kelas Bunda Sayang IIP hari ini sudah memasuki level 6, setengah level dari 12 level yang akan kami jalani. Masih semangat? InsyaAllah masih.
Membuat anak BISA itu mudah, membuat anak SUKA itu baru tantangan
Itu adalah kunci utama yang harus kita pegang dalam setiap level di kelas Bunda Sayang ini. Nah, tantangan di level 6 ini adalah membuat anak SUKA dengan matematika. Apakah aku siap? InsyaAllah siap.
Obrolan santai dengan Adek semalam
Adek sudah tidak sabar menunggu kedatangan Ayah akhir pekan ini. Setiap hari dia akan bertanya kepadaku “Kapan tanggal 7 itu datang?”. Semalam aku ajak adek bermain matematika.
Adek: “Ibu, ayah pulang tanggal berapa?”
Aku: “InsyaAllah tanggal 7”
Adek: “Hari ini tanggal berapa?”
Aku: “Hari ini adalah tanggal 4. Coba Adek hitung ya, berapa lama lagi Ayah akan sampai di Bandung?”
Aku meminta dia melihat jari-jariku. Aku mulai melipat satu persatu jariku dimulai dari hitungan angka 4. “Sekarang adalah 4, besok adalah 5, kemudian 6 dan terakhir 7. Coba hitung, jari ibu yang terlipat ada berapa?”
Adek: “Ada 3”
Nah, itu artinya 3 hari lagi, insyaAllah Ayah sampai di Bandung. Kemudian Adek mengikuti gerakan tanganku.

Materi Menstimulasi Kecerdasan Matematika Logis
Terdapat 2 kecerdasan dasar yang dimiliki manusia yaitu kecerdasan bahasa dan kecerdasan matematika logis. Ada kesalahan umum dari kita para orang tua ini dalam memahami kedua kecerdasan ini. Banyak dari kita yang memaksakan penguasaan kedua kecerdasan ini. Menurut Gardner, kecerdasan matematika logis adalah kemampuan penalaran ilmiah, perhitungan secara matematis, berpikir logis, penalaran induktif/deduktif, dan ketajaman pola-pola abstrak serta hubungan-hubungan.
Kecerdasan bahasa dan kecerdasan matematika logis. Kemampuan matematika melatih anak menganalisa atau menjabarkan alasan logis serta kemampuan mengkonstruksi solusi dari persoalan yang timbul sedangkan bahasa diperlukan untuk merunut dan memaparkan dalam bentuk susunan kalimat. Adapun ciri-ciri anak dengan kecerdasan matematika logis adalah sebagai berikut:
- Anak gemar bereksplorasi untuk memenuhi rasa ingin tahunya
- Senang mengamati hal atau benda yang baru
- Hobi mengutak-atik benda
- Sering bertanya terhadap suatu hal
- Suka mengklasifikasikan berbagai benda berdasarkan warna, bentuk dan jenisnya
Nah, yang disebut matematika logis itu tidak hanya berhubungan dengan angka ternyata. Namun lebih ke arah kemampuan menyelesaikan permasalahan. Okeh, semangat selalu ya buat aku dan kawan-kawan Bunsay semuanya.
Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.
- #Hari1
- #GameLevel6
- #Tantangan10hari
- #Ilovemath
- #Matharoundus
- #KuliahBundaSayangIIP
- @Institut.Ibu.Profesional
Referensi: Materi Level 6 Kelas Bunsay IIP
1 thought on “Mestimulasi Kecerdasan Matematika Logis #L6 #D1”