Nasi Goreng
BPN30DayRamadhan2019

Nasi Goreng, Menu Favorit Sejuta Umat

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Aku diberi ide oleh salah satu tema pilihan di blog challenge BPN hari ini untuk menu sahur. Tema menulis hari ini adalah Nasi Goreng, Resep Opor Ayam dan Cara Membuat Cilok. Biasanya Mbah Bono suka masak nasi goreng juga kalo stok bahan sayuran di kulkas habis dan aku belum belanja. Nasi goreng ini adalah menu favorit untuk sarapan pagi keluarga.

Nah, untuk sahur aku minta tolong Mbah Bono memasak Nasi Goreng. Sesuai hasil diskusi dengan Kak Iya, kami meminta dibuatkan Nasi Goreng Kampung ala Mbah Bono. Kak Iya minta Nasi Goreng tanpa kecap, jadi ingin warnanya putih sedikit kuning karena ada campuran menteganya plus ada telur dadarnya juga. Aku siy bisa memasak nasi goreng ala kampung gini juga namun karena ada Mbah Bono ya mari kita serahkan saja kepada yang lebih ahli -hehehehe-

Menu favorit sejuta umat sekaligus menu putus asa

Nah, menurut aku nasi goreng ini adalah menu sejuta umat. Mengapa demikian? Dari hasil pantauan kedua mataku dan beberapa pengalaman yang aku alami, mayoritas anak kost jaman aku kuliah dulu hobinya beli nasi goreng untuk makan malam. Menu sarapan di hotel atau penginapan pasti ada nasi goreng. Orang yang hobi jajan di warung kaki lima di malam hari, biasanya pesan nasi goreng. Hmmm…ini hanya hasil pengamatan sekilas dan sepihak dari aku saja ya.

Nasi goreng juga menjadi menu putus asa. Pernah gak kalian ketika nongkrong dengan kawan-kawan kalian di luar mengalami kehabisan ide dalam memilih menu makanan? Nah, apabila ada kendala begini, rata-rata pilihan terakhir adalah nasi goreng. Bisa juga, ketika kita pergi ke suatu daerah dan asing dengan menu-menu makanan yang ada, akhirnya kita akan memilih menu nasi goreng sebagai pelampiasan terakhir.

Resep Nasi Goreng Kampung ala Mbah Bono

Bahan-bahan yang dipakai Mbah Bono masih sama kok dengan yang lain yaitu dengan bahan utama Nasi Putih dengan bahan pelengkap telur ayam. Bumbu yang digunakan adalah cabe merah besar (untuk memberi warna agak merah tapi tidak menyebabkan rasa pedas), bawang merah dan garam.

Cara membuatnya: Semua bumbu diulek, kemudian ditumis (akan tercium aroma wangi khas nasi goreng), kemudian dimasukan telur dan diorak-arik, terakhir jangan lupa memasukan nasi putih. Udah deh diaduk-aduk saja sampai tercampur rata. Tambahkan garam biar ada asin-asinnya dikit.

Nasi Goreng

Menu nasi goreng kali ini ditambahkan oleh Mbah Bono lauk berupa sothong goreng. Rasa gurih nasi goreng bercampur dengan asinnya sothong. Maka nikmat Tuhan manakah yang akan aku dustakan?

Nah, bagaimana dengan citarasa nasi goreng karya kamu?

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Day5 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: