Bunda Sayang

Need Support System – Level 2, Hari ke-7

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog

Alhamdulillah, today is holiday. Yup, hari ini 1 Mei 2019, di angka di kalender berwarna merah, nah itu artinya adalah libuuuuuuuuurrrr. Ya elaaahh, senang amat padahal libur juga hanya sehari. Lumayan lah buat rebahan dan tak berstres ria menghadapi kemacetan lalin, sehingga hati ini pun tak ikutan macet.

Hari libur, artinya mandi boleh agak siang

Tererejreng…yuppy, kalo hari libur, kami semua dihalalkan mandi agak siangan (aturan internal keluarga yang mengijinkan pemalasan – hehehehe). Kesiangan mandi inilah yang membuat aku pun kesiangan bahkan kesorean mengirimkan tugas praktek hari ini ke tim Bunsay (alasan yang dibuat-buat, padahal faktanya adalah sedang mengerjakan kerjaan yang lain).

Aku: “Adek, mandi yuk”

Adek: “Nanti dulu ibu, mau nonton dulu. Aku mau makan dulu”

Aku: “Okeh, ibu duluan ya yang mandi”

Dibantu oleh Mbah Bono, Adek makan dulu baru mandi. Ada cerita dari Adek ketika aku pulang kerja kemarin sore. Pas aku masuk ke rumah, Adek udah nerocos cerita.

Adek: “Ibu, aku tadi beres-beres mainan bareng Mbah”

Aku: “Wah, anak soleh ibu hebat mau beres-beres mainan”. Trus aku nanya ke Mbah Bono. “Iyo toh Mbah?”

Mbah Bono: “Iyo”

Well, melatih kemandirian kedua sudah mulai Adek lakukan.

Yup, dalam melatih kemandirian ataupun pembiasaan yang lain pastinya aku membutukan bantuan dari keluarga. Posisi aku yang bekerja juga di luar rumah, akhirnya membuatku harus bekerja sama dengan Mbah Bono (asisten rumah tanggaku sejak anak-anak bayi). Aku selalu berpesan agar anak-anak dibiasakan menjalankan apa yang sedang aku ajarkan. Pastinya gak akan luput dari kendala lah.

Mbah Bono, salah satu support system ku

Sebenarnya saat ini aku berusaha mengurangi kebergantungan dengan Mbah Bono. Loh, kenapa? Yup, Mbah Bono dah sepuh, bisa saja setiap saat Mbah Bono akan mengajukan pensiun kerja di rumah aku kan. Jadi memang mempersiapkan duo fajar junior untuk mandiri sudah harus aku lakukan. Kalo selama ini, boleh dibilang, kami sangat bergantung bantuannya. Duo fajar junior sudah saatnya dilatih melakukan hal-hal secara mandiri. Baik kakak maupun adek sudah mulai diajak untuk mandiri.

Nah, mumpung Mbah Bono masih ada di rumahku. Aku melibatkan Mbah Bono untuk meneruskan latihan kemandirian ini ketika aku sedang bekerja di kantor. Walo pastinya duo fajar junior suka ribut juga ama Mbah Bono. Mbah Bono gak sabaran, duo fajar junior gak mau cepat-cepat (selalu ada iklan). Yup, hubungan antara lansia-balita-ABG. Komplet pake telur kan? hehehehe

Yach, sejauh ini semua masih berjalan dengan lancar, Aku aja yang kudu sabar membersamai mereka bertiga.

Dek, yuk mandi

Okeh, lanjut yak. Kemandirian dalam memakai baju sendiri masih berlanjut. Kini Adek memiliki kebiasaan baru yaitu mengambil baju sendiri sebelum mandi. Seperti halnya hari ini.

Aku: “Adek, mandi yuk, Kakak juga mandi. Habis mandi boleh nonton lagi, kan libur sekolah”

Adek: “Aku mau ambil baju sendiri”

Aku: “Okeh, silakan”. Aku persilahkan Adek membuka almari sendiri.

Adek: “Ibu, aku mau mandi sendiri ya”

Aku: “Boleh, nanti ibu bantu pakai sabun untuk bagian belakang”

Akhirnya Adek belajar mandi sendiri ya dengan air mucrat kemana-mana. Nanti mo diajarin pake shower aja biar kayak air terjun hehehe. Selesai mandi, Adek minta handukan sendiri plus tetap pakai baju sendiri. Semangat ya Dek, kita pasti bisa! 🤩

Hikmah dan pembelajaran hari ini

  • SABAR. Tetap ya gaes, ini poin utama
  • NEED SUPPORT SYSTEM. Nah, yang namanya pembelajaran bisa jadi tidak bisa kita jalankan sendiri. Selain ada guru dan murid, pastinya ada lingkungan pendukung yang menyemangatinya juga. Buat aku mamak bekerja kantoran gini, pas ninggal anak di rumah, pastinya harus membangun support system kan. Kalo gak ya bisa tidak konsisten dijalankan.
  • KONSISTEN. Ini pun wajib ya gaes. Pembiasaan tanpa konsisten itu rasanya seperti sayuran tanpa garam, dingin bok.

Pembelajaran pembiasaan, selain ada guru dan murid, pastinya diperlukan Support System sebagai pendukung dalam menjalankannya

novya.id

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

  • #Hari7
  • #GameLevel2
  • #Tantangan10hari
  • #MelatihKemandirian
  • #KuliahBundaSayang
  • @Institut.Ibu.Profesional
Bunda Sayang

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: