Ojo Kalah Karo Wegah
Bunda Sayang

“Ojo Kalah Karo Wegah Project” – de’Fajar Fampro #Day14

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Alhamdulillah tulisan untuk #Day14 tapi baru ditulis pada #Day15 (alamat rapel lagi niy). Kegiatan terkait pelaksanaan proyek masih kami jalankan, hanya mamaknya saja ini yang berkurang semangat menulisnya. Di akhir pelaksanaan proyek ini, kami melaksanakan proyek terkait pengembangan kecerdasan intelektual. Kakak termasuk anak yang pintar, catatan yang ada pada kakak adalah daya juangnya yang lemah. Kakak mudah sekali menyerah dan terserang sindrom jenuh/bosan (loh kok persis mamaknya? Lah yes lah, secara anaknya gitu loh).

Camilan ke-2: Adversity Quotient (AQ)

Nah, pas banget kan. Ketika aku mendampingi Kakak terkait daya juang pas dapat camilan mantap begini. AQ ini adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan hidup untuk bertahan. Di dalam materi yang kudapat disampaikan bahwa AQ ini memegang peran penting dalam kontrol stabilitas kesehatan dan mempengaruhi fungsi imunitas/kekebalan tubuh, pemulihan pasca operasi, kerentanan hidup terhadap ancaman penyakit.

Aspek perkembangan yang harus diperhatikan untuk memupuk AQ Climber adalah sebagai berikut:

  1. Fisik dan kesehatan
  2. Daya tahan mental
  3. Kestabilan emosi
  4. Kemampuan sosial
  5. Keimanan dan ibadah kepada Allah
  6. Keterampilan dan seksualitas yang normal

Di dalam materi yang kudapat juga disampaikan bahwa ada 6 cara untuk meningkatkan AQ, yaitu:

  1. AQ on TV: belajar menarik hikmah dari karakter tayangan di televisi melalui penajaman indera penglihatan
  2. AQ on Radio: belajar menajamkan indera pendengaran dan memperhatikan bagaimana seseorang mendeskripsikan sesuatu hingga tervisualisasi gambaran topik acara yang disampaikan
  3. AQ on Conversation: belajar menyimak diskusi
  4. Reading for AQ: belajar bagaimana karakter penulis
  5. AQ in Art: belajar bagaimana orang berkomunikasi melalui seni
  6. AQ on the net: eksplor iklan dan analisa bahasa yang digunakan orang lain untuk mempromosikan bisnisnya

Lalu, apakah ada dampak AQ apabila tidak berkembang? Tentu saja ada rosalinda. Dampak AQ yang tidak terasah pada anak berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan. Penjelasannya sebagai berikut:

  • PETER PAN SYNDROME: laki-laki yang tak pernah dewasa. Sudah aqil secara biologis, namun belum baligh secara psikologis dan belum siap menanggung beban. Terbiasa hidup nyaman tanpa tanggung jawab, tidak suka bekerja keras, kurang percaya diri, enggan hidup sendiri dan bergantung pada orang lain.
  • CINDERELLA COMPLEX: wanita yang karakternya senantiasa berharap “Prince Charming” karena tidak mampu menghadapi kesulitan hidup akibat sering dilindungi, serta enggan berjuang mengerahkan seluruh kemampuannya.

Belajar memahami pesan dari sebuah film pendek

Kemarin aku mengajak kakak belajar memahami pesan dari sebuah film pendek. Film pendek ini, aku ambil dari youtube, judulnya “Aku Ingin Sekolah” dapat dilihat pada link disini. Sepulang aku dari kantor, kakak menyerahkan tulisan dia tentang film pendek tersebut. Tulisan kakak adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus bersyukur bisa sekolah dan kita harus menyontoh semangat mereka yang ingin sekolah
  2. Haru banyak berdoa, harus semangat sesuai yang kita ingin tuju dan harus berusaha

Film pendek dokumenter tersebut memang tentang kisah perjuangan anak-anak yang masih ingin bisa sekolah namun kondisi perekonomian keluarga tidak mendukung.

Catatan Pembelajaran Hari Keempat

  • Belajarlah dengan bahagia. Lagi..lagi..lagi dan lagi…memang ini penting. Belajar itu harus bahagia, kalo tidak bahagia maka ilmu akan susah diterima

Semangat selalu ya Nduk, insyaAllah mamakmu ini juga selalu semangat

Jangan lelah untuk selalu membersamai anakmu berkembang

novya.id

Alhamdulillah, wassalamu’alaykum.

  • #Hari14
  • #Gamelevel3
  • #Tantangan10hari
  • #MyFamilyMyTeam
  • #Kuliah.Bunda.Sayang
  • @Institut.Ibu.Profesional

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: