Ojo Kalah Karo Wegah
Bunda Sayang

“Ojo Kalah Karo Wegah Project” – de’Fajar FamPro #Day4

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hmmm, memasuki hari keempat tantangan sebenarnya semangatku sudah mulai menurun. Loh kok? Ada apa Esmeralda? Sepertinya kondisi badanku belum stabil masih ngedrop kecapekan. Tapi yang namanya diberi tantangan ya harus dijalankan bukan? hehehehe. Rasa capek di badan ini menurunkan semangat untuk menuliskan laporan, walaupun untuk aktivitas program dari proyek keluarga tetap dijalankan. Wait, tarik nafas trus lanjutkan menulis kembali nyak.

Asmaul Husna Journaling (AHJ)

Alhamdulillah, walaupun aku sedikit ngedrop, Kakak masih mau diajak kerjasama untuk menjalankan proyek keluarga yang masih bertema “Pengembangan Karakter Muslim de’Fajar Family“. Sampai dengan hari kemarin, AHJ yang sudah dikenal dan dipelajari Kakak sebanyak 15 Asmaul Husna. Kakak masih semangat mencari penjelasan dan ayat di Al Qur’an yang berkaitan dengan AHJ.

Ojo Kalah Karo Wegah

Dalam melaksanakan AHJ ini, kami berdiskusi terkait adanya beberapa sumber yang memiliki perbedaan dalam mengartikan Asmaul Husna. Dari sini kami belajar mencari sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan sekaligus mengajarkan kepada Kakak tentang bagaimana cara mencari referensi yang benar.

Sirah Nabawiyah

Pembelajaran tentang mengenal Rasulullah tetap kami mulai dengan membaca Sirah Nabawiyah. Hari ini kami masuk ke bagian “Keluarga Nabi”. Kakak menceritakan tentang keluarga Hasyim. Tujuan kami memasukan kegiatan membaca Sirah Nabawiyah ini adalah untuk mengetahui kisah perjalana hidup Rasulullah. Jangankan anaknya, mamaknya ini saja juga masih kurang dalam mengetahui sejarah perjalanan Rasulullah.

Ojo Kalah Karo Wegah

Ibadah sholat berjamaah

Kegiatan lain yang mulai kami lakukan bersama dengan rutin adalah sholat berjamaah. Ya pastinya ini hanya bisa kami lakukan setelah aku pulang kerja atau di hari libur. Setidaknya untuk sholat subuh, maghrib dan isya, aku bisa mengajak duo fajar junior untuk melaksanakan sholat berjamaah. Sejujurnya selama ini, aku yang belum konsisten mengajak anak-anak untuk menjalankan sholat berjamaah. Melalui proyek keluarga ini, aku berharap kedepan bisa lebih konsisten menjalankannya. Ibu cerdas, anakpun ketularan cerdas, insyaAllah.

Catatan Pembelajaran Hari Keempat

Yup, hari keempat ini merasa kurang optimal dalam menjalankan kegiatan-kegiatan pada program di proyek keluarga kali ini. Namun tema proyek “Ojo Kalah Karo Wegah Project” ini menjadi salah satu pemicu semangat untuk melawan rasa ngedrop yang hadir. Well, gak usah manja deh, lakukan saja dengan perlahan namun pasti.

  • Jangan kasih kendor semangat. Yup, untuk hari ini cukup satu saja pembelajarannya yaitu tidak boleh memanjakan semangat yang sedang turun. Namun maksimalkan usaha untuk tetap bisa meluangkan waktu mendampingi anak dan menyelesaikan tantangan.

Semangat ya duo fajar junior!

Sebuah konsistensi itu tantangannya adalah kendornya semangat, So…Jangan memanjakan semangat yang kendor…Wake up and Go a Head!

novya.id

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

  • #Hari4
  • #GameLevel3
  • #Tantangan10hari
  • #MyFamilyMyTeam
  • #Kuliah.Bunda.Sayang
  • @Institut.Ibu.Profesional

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: