POPBELA.com
Review

Sehat Fisik, InsyaAllah Sehat Jiwa juga

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Hai Maret!…Tak terasa dalam menapak hari perlahan kaki kita sudah masuk ke bulan Maret 2019. Yeah..“gimana kabar? sehat?”…sebuah pertanyaan yang selalu kita sampaikan kepada kawan yang sudah lama tak terjumpa atau sapaan yang kita terima ketika kita lama tak berjumpa dengan kawan/sahabat/saudara. Nah…ada sebuah event kesehatan yang aku ikuti minggu lalu, tentang keterkaitan antara sehat fisik dengan sehat jiwa. Sehat Fisik dan Sehat Jiwa ini adalah paket kualitas bagi kehidupan kita.

Tanggal 03 Maret 2019 lalu, aku mengikuti sebuah event kesehatan yang diadakan oleh POPBELA.com dan didukung oleh Herbilogy, Lemonilo dan Heavenly blush. POPBELA.com adalah perusahaan media digital dengan artikel tentang fashion, kecantikan dan lifestyle yang pas dan cocok untuk wanita millenial dan Gen Z di Indonesia. Mo lebih tahu tentang POPBELA.com dapat dilihat disini.

Event ini mengusung tema “Healthy MIND, Healthy BODY” dengan kegiatan yang dilaksanakan adalah Kelas Pilates dan Diskusi. Nah, dresscode yang harus aku gunakan pastinya sport wear dikarenakan kita yang diundang akan melakukan Pilates dahulu. Event ini dilaksanakan di Svarga E-Motion Sanctuary, PVJ Mall Lantai 12 Bandung. Tempatnya tenang dan asyik.

PopBela.com
Pilates Class & Sharing Session
(sumber gambar: Tim POPBELA.com)

Pukul 08.30 wib, event dimulai dengan Kelas Pilates dengan instruktur cantik dari Svarga yaitu Michelle E. Tjahyadi. Yup, aku belum pernah ikutan Pilates so ini adalah Pilates perdanaku. Gerakannya pelan seperti Yoga namun aku tetap aja kesulitan (maklum perut buncitku sedikit menghalangi gerakan –hehehe–). Apabila kita melakukan gerakan dengan benar, kita dapat langsung merasakan hasilnya yaitu tarikan otot di badan kita membuat tubuh kita menjadi lebih nyaman dan enak.

POPBELA.com
Kelas Pilates
(sumber gambar: Tim POPBELA.com)

Di akhir kelas Pilates, aku sempat bertanya ke Michelle, tentang apa perbedaan Yoga dan Pilates. Michelle menjelaskan perbedaan antara Yoga dan Pilates adalah sebagai berikut:

  • Pilates didasarkan pada Science dengan konsentrasi utama pada perut. Pilates juga digunakan untuk membantu proses penyembuhan cedera seperti cedera pada kaki/lutut, sakit sendi dan perbaikan kelainan terkait postur tubuh.
  • Yoga didasarkan pada Filosofi dengan konsentrasi utama pada tangan dan kaki. Yoga lebih ke arah gerakan dengan meditasi.

Wow…Pilates dan Yoga ini sepertinya jenis olahraga yang cocok buat aku dikarenakan gerakannya yang pelan namun pasti. Jadi? Mo mulai ikutan Yoga atau Pilatesnya kapan?…Yuk ah mulai daftar hehehehe.

POPBELA.com
Foto Bersama setelah Kelas Pilates
(sumber gambar: Tim POPBELA.com)

Kegiatan selanjutnya adalah diskusi tentang kesehatan jiwa bersama Sistrianova, SE. M.Psi, Psikolog, seorang Psikolog di RS Melinda 2. Setelah kita menyehatkan fisiknya dengan Pilates, selanjutnya kita menyehatkan jiwa kita dengan diskusi ringan bersama Eva (panggilan Sistrianova). Eva menjelaskan bahwa kesehatan jiwa itu berkembang maksimal ketika kita masuk di usia 20 – 21 tahun dengan ditandai adanya pemahaman tentang diri sendiri. Salah satu hal yang dapat merusak kesehatan jiwa adalah adanya pengalaman tidak baik yang tersimpan terus menerus di dalam diri kita.

Pengalaman tidak baik yang tidak segera diselesaikan akan selalu muncul setiap kali kondisi jiwa kita sedang turun. Eva menyampaikan bahwa dia adalah psikolog dengan mahzab Kognitif, yaitu keyakinan seseorang yang didapatkan dari proses berpikir. Eva menjelaskan bahwa kesehatan jiwa ini tergantung dari dari cara berpikir seseorang. Sikap pertama apa yang diberikan seseorang ketika menghadapi suatu gangguan pada diri inilah yang merupakan kunci utama kesehatan jiwa. Apakah orang akan cenderung cepat stres atau tetap akan bersikap santai?

Ada salah satu bagian dari otak manusia yang sangat kecil bentuknya yaitu AMIDALA. Amidala ini mengatur emosi manusia. Amidala terletak pada sistem limbix di bagian otak manusia. Otak manusia terbagi menjadi 3 yaitu Batang Otak (berfungsi survival), Sistem Limbix dan Otak Besar (terdapat front fortex yang membedakan manusia dan hewan).

Fisik yang lemah akan membuat emosi menjadi naik dan fungsi dari otak depan inilah yang harus bisa diatur oleh kita, lanjut Eva dalam penjelasannya. Yup…kesehatan fisik ini mempunyai pengaruh yang luar biasa pada kesehatan jiwa kita. Kedua kesehatan ini dihubungkan dengan kemampuan dari otak berpikir kita tentang bagaimana kita bisa mengendalikan emosi kita.

Eva juga menyampaikan bahwa yang utama adalah kita harus mampu mencintai diri kita sendiri. Ketika kita tidak bisa mencintai diri kita sendiri maka apapun yang diucapkan orang lain akan kita sikapi dengan negatif. Salah satu hal yang membuat kita stres adalah peran media sosial. Media sosial ini adalah media stres terbesar yang menyerang generasi milenium seperti kita saat ini.

Di akhir diskusi, Eva menambahkan bahwa dalam mengatur pikiran dan berpikir akan lebih baik apabila kita membuatnya dalam bentuk jurnal. Hal ini dapat membantu kita dalam melakukan monitoring ide-ide yang muncul dan aplikasi pelaksanaannya. Eva juga menyampaikan bahwa usia remaja harusnya sudah mempunyai tujuan hidup yang jelas sehingga dapat melangkah lebih mantap. Usia 20-21 tahun seharusnya sudah matang dalam berpikir sehingga sudah mengetahui tujuan dan arah kedepan mau seperti apa. Misalnya dalam hal karir dan ketrampilan yang harus dikuasai.

Selain itu, dia juga mengulas terkait kepribadian manusia. Kepribadian manusia itu pada dasarnya tidak dapat berubah namun dapat berkembang. Kepribadian manusia dipengaruhi oleh temperamen (10%) dan karakter (90%). Temperamen bisa didapat dari keturunan dan faktor lingkungan, sedangkan karakter diperoleh karena bawaan sejak lahir. Nah, bagaimana dengan kepribadian kita?

“Pesan yang bisa kita ambil dari kegiatan ini adalah bahwa sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan kesehatan jiwa kita. Selain itu penting juga bagi kita untuk dapat menyeimbangkan keduanya dikarenakan keduanya saling mempengaruhi. Kesehatan Fisik berpengaruh pada Kesehatan Jiwa terutama terkait dengan emosi. Kesehatan Jiwa berpengaruh pada semangat kita dalam mewujudkan Kesehatan Fisik.”

POPBELA.com
Foto Bersama setelah Diskusi
(sumber gambar: Tim POPBELA.com)

Di setiap event yang aku ikuti pasti ada goodie bag cantik yang bisa kita bawa pulang. Di event kesehatan ini, aku mendapatkan beberapa produk makanan dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Apa saja kah itu? Yuk mari kita lihat bersama-sama –hehehe–

POPBELA.com
Aneka produk kesehatan dari sponsor kegiatan
(sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Selalu menyenangkan mengikuti event-event seperti ini. Terima kasih POPBELA.com dan SVARGA. Semoga ada rezeki dan kesempatan untuk mengikuti event selanjutnya. Aamiin.

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

#Day12 #Jumat #Maret #SETIP #EstrilookCommunity #POPBELA.com #KLIPMar #MenulisuntukDiriSendiri

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

51 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: