Bunda Sayang

Semangat Konsisten Ibu!- (Level 2, Hari ke-3)

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Yup, today is third day of the challenge. Aku masih ingin melatih Adek untuk mengurangi kemanjaannya dalam memakai baju sendiri. Alhamdulillah kemarin dapat kabar dari Ayah bahwa Adek pulang sekolah sudah mau ganti baju sendiri, pastinya masih dibantu sedikit-sedikit untuk beberapa tahapan yang Adek masih kesulitan. Aku belum mau beranjak ke kemandirian yang lain sampai Adek benar-benar sudah mampu Aku lepas.

Pada tahapan melatih kemandirian ini, sebenarnya bukan Adek saja yang sedang berlatih kebiasaan baik. Aku sebagai mamaknya yang manis ini pun sedang belajar untuk konsisten. Apa yang harus aku pelajari? Banyak lah, ada tentang kesabaran, manajemen waktu dan ketegasan.

Selamat Pagi Sabtu

Pagi ini dikarenakan hari Sabtu dan tidak ada agenda untuk keluar rumah, kami ijinkan duo fajar junior untuk mandi sedikit siang. Agenda keluarga kami hari ini adalah bebenah rumah karena rumah kami sudah terasa penuh oleh barang-barang yang gak jelas dan gak terpakai. Dimulai dari menata rak buku, berlanjut ke kamar kakak dan mbah bono, lanjut ke gudang atas (mumpung Pak Suami masih di rumah). Nanti malam, beliau sudah harus terbang lagi tuk merantau di benua sebrang sana…hiks..LDM lagi deh.

Well, aku lihat Adek dah kumal karena semalam dia gak mau mandi dan gak mau ganti pakaian karena kami sampai rumah baru pukul 10 malam. Aku ajak Adek tuk mandi.

Aku: “Dek, mandi yuk!”

Adek: “Kakak Iya dulu aja, habis itu aku”

Aku: “Kak Iya masih beberes buku di kamar, Adek dulu aja yuk, karena ibu mau bantu Kak Iya”

Adek masih diam sibuk dengan mainannya. Selang menit berikutnya, Aku ajak lagi, tetap saja Adek gak mau. Okeh, mamaknya kudu nyari ide dulu.

Aku: “Coba ah ibu tutup mata trus ibu hitung sampai 10 ya, Adek udah lepas baju belum ya?” (sambil aku menutup mata dan mulai berhitung). “1..2..3..4..5..6..7..8……”(aku merasa dicolek ama Adek)

Adek: “Ibuuuuu..udah” (Adek dah lepas baju semuanya)…Alhamdulillah

Aku masuk kamar mandi dan kusiapkan sikat gigi, agar Adek bisa buang air kecil dan sikat gigi dulu.

Aku: “Oia Dek, nanti Adek belajar ambil baju sendiri ya”

Adek menyambut antusias. Adek mau mengambil dan memilih baju sendiri sebelum masuk ke kamar mandi.

Yeahhh…Sukses Pakai Baju Sendiri dengan sedikit Bantuan

Bunda Sayang

Selesai mandi dan dikeringkan badannya dengan handuk, Aku bantu Adek memakai minyak telon dan lotion. Kemudian Adek memakai sendiri bajunya dari pakaian dalam hingga pakaian luar. Alhamdulillah well done Nak. Yup, untuk sebuah proses dan perubahan memang diperlukan kesabaran. Sebuah keberhasilan tidak ada yang instan seperti mie instan gaes.

Semangat Dek, pekan ini kita belajar memakai baju sendiri dulu dengan baik ya. Ibu belajar mengatur waktu dengan baik agar tidak mudah emosi ketika serangan tidak sabar hadir saat membersamai Adek belajar memakai baju sendiri. Alhamdulillah komunikasi produktif pun tetap dijalankan.

Hikmah dan Pembelajaran hari ini

  • SABAR. Yup, sebuah proses belajar itu harus selalu disertai dengan sabar karena dengan sabar akan membuat ilmu yang kita praktekan akan lebih lama menyertai kita
  • KONSISTEN. Nah, ini juga wajib. Sekali bolos, maka setan pun akan selalu merayu kita untuk bolos dan melakukan pelanggaran. Gak mau rugi kan?
  • TEGAS. Ketegasan diperlukan baik untuk penegakan aturan maupun untuk janji kita sebelum belajar. Godaan untuk lelah pasti hadir, namun kita harus tegas pada diri kita bahwa kita bisa.

Godaan untuk meluruhkan semangat belajar itu pasti akan hadir, disinilah diperlukan ketegasan pada diri sendiri untuk tetap berpijak pada niat awal yang sudah terucap

novya.id

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

  • #Hari3
  • #Gamelevel2
  • #Tantangan10hari
  • #MelatihKemandirian
  • #KuliahBundaSayang
  • @Institut.Ibu.Profesional
Bunda Sayang

#Day35 #SETIP #EstrilookCommunity #KLIPApril #MenulisuntukDiriSendiri

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: