Bunda Sayang

Semangat Pagi Adek! – Level 2, Hari Ke-6

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Today is sixth day of challenge. Menghitung hari menuju ke perubahan yang lebih baik. Yup, Adek hari ini luar biasa soleh.

Tambahan kebiasaan baru dari Adek

Aku dari awal pembiasaan memang memilih memakai pakaian sendiri untuk Adek. Alhamdulillah kami berdua sampai dengan hari ini berhasil melakukannya dengan sedikit bantuan kecil pada saat mengancingkan baju. Aku sedikit menambahkan kebiasaan baru yaitu mengajak Adek memilih dan mengambil bajunya sendiri.

Kemarin sore aku lihat dari kamera CCTV di rumah, ketika aku berkomunikasi dengan duo fajar junior di saat mereka sedang persiapan mo sholat ashar.

Aku: “Assalamu’alaykum, sedang pada ngapain? dah sholat ashar belum?”

Duo fajar junior: “Waalaykumsalam, belum bu, baru mau”

Kakak: “Ibuuuu..ini ada paket baju daanish”

Aku: “Iya, dibuka aja Kak, dicobain ke Adek, muat gak?”

Adek: “Ibuuu, ini buat aku ya…horeeeee…asyik”

Kulihat dari kamera, Kakak sedang membantu Adek mencoba baju. Daaannn…bajunya masih kepanjangan sedikit.

Aku: “Kakak-Adek, habis ini sholat dulu ya”

Adek: “Aku mau mandi dulu”

Ketika akan masuk kamar mandi, Adek meminta ke Mbah Bono mau ambil bajunya sendiri di almari. Kulihat Mbah Bono membantu membukakan almari.

Pagi hari yang mendung dan dingin

Pagi ini mendung, aku bergegas mengajak duo fajar junior untuk segera bangun, sholat subuh, sarapan dan mandi agar bisa berangkat lebih pagi. Harapannya bisa sampai sekolah sebelum hujan turun. Duo fajar junior sangat kooperatif. Keduanya bergegas bangun tanpa rewel dan menjalankan aktivitas berikutnya dengan baik.

Adek memilih makan dulu baru mandi, Kakak memilih mandi dulu baru makan. Tak apalah variasi itu indah gaes. Aku ajak Adek mengambil seragam di almari.

Aku: Dek, yuk ambil baju seragam di almari”

Adek mengikuti aku ke kamar. Setelah menaruh baju seragam, Adek meminta mengambil pakaian dalam. Ketika akan aku bantu membuka drawer, Adek menolak.

Adek: “Ibuuu, aku bisa sendiri..ambil celana dalam ama kaos dalam ya. Kaos dalamnya yang mana?”

Aku menunjuk kaos dalam warna kuning. Adek juga membuka pakaian sendiri dan meminta untuk mematikan air kran yang sudah hampir penuh mengisi ember kamar mandi. Well, with my pleasure my boy 😘

Berbatik hijau hari ini

Adek tetap dibiasakan memakai baju sendiri dan Adek tidak mogok, Alhamdulillah. Hari ini jadwal memakai seragam batik hijau yang cerah. Adek butuh bantuan sedikit pada saat mengancingkan baju.

Adek: “Ibuu…aku gak bisa pake ini” (sambil menunjuk ke kancing)

Aku: “Ok, ibu bantu, insyaAllah bisa”

Adek: “Aku gak bisaaaaa” (sedikit ngotot)

Aku: “Oia..coba sini dibantu”

Aku pegang sisi yang letak lubang kancing, adek pegang sisi yang letak kancing, aku minta Adek masukan kancing ke lubang dengan tangan kanannya, sedangkan tangan kiri dia mengambil kancing dari sisi sebelahnya…yeaaah..berhasil untuk 1 kancing

Adek: “Ibu, nanti aku pegang kancingnya, ibu pegang lubangnya ya”

Aku: “Okeh”

Selanjutnya memakai kaos kaki dan ikat pinggang, setelah Adek sukses memakai celana panjangnya.

Adek: “Aku mau pake kaos kaki sendiri, aku kan sudah bisa”

Aku: “Ok, ibu bantu nanti pasang ikat pinggangnya ya”

Adek: “Iya, aku gak bisa yang di belakangnya, nanti aku yang pasang klipnya ya”

Aku: “Ok, siap”

Alhamdulillah done gaes.

Melatih kemandirian yang baru

Ada rencana mulai hari ini aku akan coba mengajak Adek untuk istiqomah merapikan mainan setelah Adek bermain. Semalam, selesai bermain lego, Adek tidak mau membereskan. Akhirnya aku dan Kakak yang membereskan. Okeh, kita coba ya Dek. Semangat 😚

Hikmah dan Pembelajaran hari ini

  • SABAR. Selalu ini modal utama ketika kita belajar dan mengajarkan. Semoga selalu banyak stok sabarnya dalam membersamai duo fajar junior
  • SUASANA HATI. Jujur, deadline tugas pekan ini luar biasa menguras energi pikiranku, namun aku harus tetap menjaga suasana hati yang paling bagus ketika membersamai duo fajar junior.
  • KONSISTEN. Melatih pembiasaan itu dibutuhkan rasa konsisten yang tinggi. Sekali belok, nanti susah untuk lurusnya.

IBU, Tetaplah selalu semangat belajar dan mengajarkan kepada anak-anakmu. Keceriaan mereka menjadi pelepas penat yang tersemat di pundak mu dan Engkaupun akan merasakan keceriaan bersama mereka

novya.id

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum

  • #Hari6
  • #GameLevel2
  • #Tantangan10hari
  • #MelatihKemandirian
  • #KuliahBundaSayang
  • @Institut.Ibu.Profesional

#KLIPApril #MenulisuntukDiriSendiri

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: